Cara Membuat Steak Daging Sederhana

Halo Sobat Sederhana, hari ini kita akan berbicara tentang cara membuat steak daging sederhana yang bisa kita buat di rumah. Steak daging adalah hidangan yang sangat populer dan bisa menjadi hidangan yang menyenangkan untuk keluarga dan teman-teman. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah sederhana untuk membuat steak daging yang lezat dan menggugah selera. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai memasak, pastikan kita memiliki semua bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Daging sapi
200 gram
Garam
secukupnya
Lada hitam
secukupnya
Mentega
50 gram
Bawang putih, cincang halus
1 siung
Thyme kering
1 sendok teh
Wortel, iris
1 buah
Kentang, potong dadu
2 buah
Buncis, potong kecil
100 gram

Langkah-langkah Memasak

1. Siapkan Daging

Pertama-tama, mari kita siapkan daging. Pastikan untuk membeli daging sapi yang segar dan berkualitas baik. Bersihkan daging dari lemak dan selaput, kemudian iris daging membentuk steak yang tipis dan seragam.

2. Lumuri Daging dengan Bumbu

Selanjutnya, lumuri daging dengan garam dan lada hitam. Pastikan daging terbaluti bumbu dengan merata.

3. Panggang Daging

Panaskan mentega di atas wajan, kemudian tumis bawang putih hingga harum. Tambahkan thyme kering, lalu masukkan steak daging ke dalam wajan. Panggang selama 3-4 menit di setiap sisi agar steak terlihat kecoklatan sempurna.

4. Masak Sayuran

Sembari menunggu steak matang, mari kita siapkan sayuran. Panaskan sedikit mentega di atas wajan, kemudian masukkan wortel dan kentang. Tumis hingga sayuran terlihat agak empuk. Masukkan buncis potong kecil, tambahkan sedikit air dan masak hingga sayuran matang.

5. Sajikan

Letakkan steak daging di atas piring saji, kemudian tambahkan sayuran di sampingnya. Steak daging sederhana siap untuk dinikmati!

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Android dengan SQLite Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bolehkah menggunakan jenis daging lain?

Tentu saja. Selain daging sapi, kita juga bisa menggunakan daging ayam, ikan, atau bahkan sayuran untuk membuat steak sederhana.

2. Apakah steak daging sederhana sehat?

Semua tergantung pada cara kita memasak dan bahan-bahan yang digunakan. Jika memasak dengan cara dipanggang atau direbus tanpa minyak yang berlebihan, dan menggunakan bahan-bahan segar dan sehat, maka steak daging sederhana dapat menjadi hidangan yang sehat.

3. Berapa lama memasak steak agar matang?

Waktu memasak tergantung pada ketebalan steak dan bagaimana kita ingin memasaknya. Biasanya, steak yang tipis dapat dimasak dalam waktu 3-4 menit di setiap sisinya, sementara steak yang lebih tebal memerlukan waktu yang lebih lama.

4. Bolehkah menggunakan bumbu lain selain garam dan lada hitam?

Tentu saja. Kita bisa mengeksplorasi berbagai bumbu sesuai dengan selera kita, seperti rosemary, paprika, atau bahkan saus steak khas.

5. Apakah harus menggunakan wajan khusus untuk memasak steak?

Tidak harus. Kita bisa menggunakan wajan biasa atau pun grill untuk memasak steak daging sederhana.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu bagaimana cara membuat steak daging sederhana yang lezat dan mudah di rumah. Selamat mencoba resep ini dan semoga sukses!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Steak Daging Sederhana