Cara Membuat Steak Daging Sapi yang Sederhana

Hello, Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka dengan steak daging sapi yang juicy dan empuk? Bagi kamu yang ingin mencoba membuat steak daging sapi yang sederhana, artikel ini cocok buat kamu. Berikut adalah cara mudah dan praktis membuat steak daging sapi yang lezat dan enak.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum mulai membuat steak daging sapi, pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

150 gram daging sapi has dalam
2 siung bawang putih
Garam secukupnya
Merica bubuk secukupnya
2 sendok makan mentega
Minyak goreng secukupnya
Peterseli secukupnya
1 butir telur ayam
Saus steak secukupnya
Tepung terigu secukupnya
Susu cair secukupnya
Wortel dan brokoli untuk pelengkap

Setelah semua bahan sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah mempersiapkan daging sapi.

Persiapan Daging Sapi

Pertama-tama, bersihkan daging sapi dari semua kotoran dan lemak yang tidak diinginkan. Setelah itu, giling atau taburi daging sapi dengan garam dan merica secukupnya. Giling daging sapi hingga halus, sehingga mudah dicerna oleh tubuh.

Setelah itu, tunggu sebentar agar daging sapi meresap bumbu. Selanjutnya, masukkan daging sapi ke dalam kulkas selama kurang lebih 30 menit agar bumbu meresap ke dalam daging sapi. Selama menunggu, persiapkan adonan tepung dan telur ayam.

Pembuatan Adonan Tepung dan Telur Ayam

Untuk membuat adonan tepung, campurkan tepung terigu dengan garam secukupnya. Setelah itu, kocok telur ayam hingga berwarna putih dan masukkan susu cair secukupnya ke dalam adonan telur. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

Setelah itu, lepaskan daging sapi dari kulkas dan celupkan ke dalam campuran adonan tepung terigu dan telur ayam. Pastikan daging sapi terbalut adonan dengan rata. Setelah itu, panaskan mentega dan minyak goreng di dalam wajan hingga panas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena TV Sederhana

Penggorengan Daging Sapi

Panaskan wajan hingga benar-benar panas dan masukkan daging sapi ke dalam wajan. Masak daging sapi hingga matang dan berubah warna menjadi coklat kekuningan. Setelah itu, angkat daging sapi dari wajan dan tiriskan minyaknya.

Tata daging sapi di atas piring dan tambahkan saus steak secukupnya di atasnya. Berikan pelengkap berupa wortel dan brokoli yang telah dihias cantik. Taburi peterseli secukupnya di atas daging sapi dan hidangkan selagi masih hangat.

FAQ

1. Dapatkah steak daging sapi disimpan di dalam kulkas?

Ya, setelah dimasak steak daging sapi dapat disimpan di dalam kulkas selama maksimal 3 hari.

2. Apakah steak daging sapi bisa diolah dengan cara lain?

Ya, selain digoreng, steak daging sapi bisa diolah dengan cara dipanggang atau dibakar di atas bara api.

3. Apakah penggunaan minyak goreng tersebut wajib?

Tidak wajib, tetapi penggunaan minyak goreng dapat membuat daging sapi lebih empuk dan lezat.

Penutup

Nah, itu dia cara membuat steak daging sapi yang sederhana namun lezat. Kamu juga bisa menambahkan bahan-bahan lain seperti jamur dan paprika untuk membuat steak daging sapi yang lebih kaya rasa. Selamat mencoba membuat steak daging sapi di rumah ya, Sobat Sederhana! Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Steak Daging Sapi yang Sederhana