Cara Membuat Steak Ayam Crispy Sederhana

Hai Sobat Sederhana, apakah kamu suka memasak atau mencoba resep baru di dapur? Jika iya, kamu harus mencoba membuat steak ayam crispy yang sederhana tapi tetap menggugah selera. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah dan tips untuk membuat steak ayam crispy yang sempurna. Yuk, langsung saja kita mulai!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai proses memasak, tentu saja kita harus menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa bahan yang kamu butuhkan untuk membuat steak ayam crispy:

Bahan
Jumlah
Ayam fillet
2 potong
Tepung terigu
100 gram
Tepung beras
50 gram
Tepung maizena
50 gram
Baking powder
1 sendok teh
Garam
1 sendok teh
Lada hitam
1 sendok teh
Telur
1 butir
Susu cair
100 ml
Minyak sayur
secukupnya

Setelah semua bahan tersedia, kita dapat segera memulai proses memasak steak ayam crispy sederhana ini.

Langkah-langkah Memasak

1. Persiapkan Ayam Fillet

Langkah pertama untuk membuat steak ayam crispy adalah mempersiapkan ayam fillet. Pertama-tama, bersihkan ayam fillet dengan air mengalir dan keringkan dengan menggunakan tissue dapur.

2. Lumuri Ayam dengan Bumbu

Setelah itu, lumuri ayam fillet dengan campuran garam dan lada hitam. Pastikan bumbu tercampur rata pada permukaan ayam. Diamkan selama 15-20 menit.

3. Campurkan Tepung dan Bahan Lainnya

Campurkan tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan baking powder dalam sebuah wadah. Aduk rata hingga semua bahan tercampur merata.

4. Siapkan Adonan untuk Coating

Kocok telur dan susu cair dalam wadah terpisah. Setelah itu, tambahkan campuran tepung tadi dan aduk rata. Pastikan adonan tidak terlalu encer atau terlalu kental.

TRENDING 🔥  Cara Buat Filter Air Sederhana

5. Goreng Ayam Fillet

Panaskan minyak sayur dalam wajan dengan api sedang. Ambil ayam fillet dan celupkan dalam adonan coating hingga seluruh permukaan ayam terlapisi oleh adonan. Setelah itu, goreng ayam fillet dalam minyak panas hingga kecokelatan dan matang.

6. Tiriskan Steak Ayam

Setelah ayam fillet matang, angkat dan tiriskan steak ayam di atas tisu dapur atau kertas minyak untuk menghilangkan minyak berlebih.

Tips untuk Membuat Steak Ayam Crispy Sederhana

Berikut adalah beberapa tips dan trik yang dapat membantu kamu membuat steak ayam crispy yang sempurna:

1. Jangan Gunakan Ayam yang Terlalu Tipis

Pilih ayam fillet yang tidak terlalu tipis agar steak ayam crispy kamu tidak gampang gosong atau terlalu kering.

2. Gunakan Campuran Tepung yang Tepat

Gunakan campuran tepung terigu, tepung beras, tepung maizena, dan baking powder dalam proporsi yang tepat untuk mendapatkan hasil yang crispy dan empuk.

3. Goreng dengan Minyak yang Cukup

Goreng steak ayam dalam minyak yang cukup banyak agar ayam tetap empuk dan tidak terlalu kering. Namun, jangan terlalu banyak minyak yang digunakan agar steak ayam tidak terlalu berminyak.

4. Celup dengan Adonan Coating yang Merata

Pastikan seluruh permukaan ayam terlapisi oleh adonan coating agar steak ayam crispy kamu tetap sempurna meski sudah dingin.

FAQ tentang Steak Ayam Crispy Sederhana

1. Apa Saja Penyebab Steak Ayam Crispy Saya Tidak Crispy?

Terlalu tipisnya ayam fillet, terlalu panas atau terlalu sedikit minyak saat menggoreng, serta campuran tepung yang tidak tepat dapat menyebabkan steak ayam crispy tidak berhasil.

2. Bolehkah Menggoreng Steak Ayam dengan Minyak Zaitun?

Ya, kamu dapat menggoreng steak ayam dengan minyak zaitun. Namun, minyak zaitun memiliki rasa dan aroma yang kuat, sehingga steak ayam kamu mungkin akan berbeda dari yang biasanya.

TRENDING 🔥  Cara Mengelas Kembali Compresor Kulkas Dengan Alat Sederhana

3. Bisakah Saya Menggunakan Ayam Tanpa Tulang untuk Membuat Steak Ayam Crispy?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan untuk memasak ayam secara lebih lama agar daging ayam yang tebal dapat matang sempurna dan tidak menjadi empuk.

4. Apa Sajakah Bahan yang Dapat Digunakan untuk Membuat Coating?

Selain tepung terigu, tepung beras, dan tepung maizena, kamu juga dapat mencampurkannya dengan tepung roti, tepung jagung, atau tepung kelapa untuk menghasilkan hasil yang lebih kaya rasa. Namun, pastikan tetap menggunakan proporsi yang tepat agar tidak mempengaruhi tekstur ayam crispy kamu.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Steak Ayam Crispy Sederhana