Cara Membuat Squishy Sederhana yang Bisa Kamu Coba di Rumah

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar kamu hari ini? Kali ini kita akan bahas tentang cara membuat squishy sederhana yang bisa kamu buat di rumah. Squishy atau mainan yang bisa diperas-persakan ini sangat populer dikalangan anak-anak dan remaja. Kalau kamu ingin mencoba membuatnya sendiri, yuk simak pembahasannya!

Apa itu Squishy?

Sebelum kita membahas cara membuat squishy sederhana, kita harus tahu dulu apa itu squishy. Squishy adalah mainan yang terbuat dari bahan yang empuk dan bisa diperas-persakan. Squishy biasanya berbentuk karakter atau benda-benda lucu seperti donat, es krim, dan lain sebagainya.

Ada juga squishy yang berperan sebagai penghilang stres. Kamu bisa memeras squishy ketika merasa stres atau gelisah.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat squishy, pertama-tama kita harus menyiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Foam
1 lembar
Lem Fox
1 tube
Pewarna makanan
Sesuai selera
Tepung maizena
Secukupnya

Cara Membuat Squishy Sederhana

Setelah menyiapkan bahan-bahan, kamu bisa mengikuti langkah-langkah berikut untuk membuat squishy sederhana:

Langkah 1: Menggambar pola squishy

Pertama-tama, kamu perlu menentukan bentuk squishy yang ingin kamu buat. Kemudian, gambar pola squishy tersebut pada selembar foam menggunakan pensil.

Langkah 2: Memotong foam

Selanjutnya, potong foam sesuai dengan pola yang sudah kamu gambar tadi. Pastikan potongan foam yang kamu buat benar-benar simetris.

Langkah 3: Melubangi foam

Dengan menggunakan jarum, lubangi foam pada bagian yang akan diisi dengan pewarna makanan. Pastikan lubang yang kamu buat cukup besar.

Langkah 4: Mencampurkan tepung maizena dengan air

Campurkan tepung maizena dengan air hingga adonan memiliki konsistensi yang kental. Adonan ini akan digunakan sebagai isian squishy.

TRENDING 🔥  Cara Buat Nasi Uduk Sederhana Tanpa Santan

Langkah 5: Menambahkan pewarna makanan

Tambahkan pewarna makanan pada adonan tepung maizena. Kamu bisa menambahkan pewarna yang sesuai dengan warna yang kamu inginkan.

Langkah 6: Mengisi foam dengan adonan tepung maizena

Gunakan sendok atau alat pengisi adonan squishy lainnya untuk mengisi foam dengan adonan tepung maizena yang sudah diberi pewarna makanan tadi. Pastikan foam yang kamu gunakan sudah terlubangi sebelum diisi dengan adonan tersebut.

Langkah 7: Menutup lubang foam

Setelah foam terisi dengan adonan tepung maizena, tutuplah lubang foam dengan menggunakan lem Fox. Pastikan lem Fox menutup erat lubang foam tersebut.

Langkah 8: Mengeringkan squishy

Biarkan squishy yang sudah kamu buat tersebut mengering selama beberapa jam. Squishy akan mengembang dan menjadi empuk setelah mengering.

Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah foam yang digunakan harus berwarna putih?

Tidak harus. Kamu dapat menggunakan foam dengan warna apapun yang kamu inginkan. Namun, pastikan warna foam tidak akan mempengaruhi hasil akhir squishy.

2. Apakah ada alternatif bahan selain tepung maizena?

Tentu saja. Kamu bisa menggunakan bahan seperti tepung jagung atau tepung beras sebagai pengganti tepung maizena.

3. Bagaimana cara membersihkan squishy yang sudah kotor?

Kamu bisa membersihkan squishy dengan menggunakan air dan sabun. Setelah itu, keringkan squishy dengan handuk atau tisu.

Kesimpulan

Itulah cara membuat squishy sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan, kamu bisa membuat squishy dengan mudah dan simpel. Jangan lupa untuk memperhatikan keamanan saat membuat squishy ya, Sobat Sederhana. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Squishy Sederhana yang Bisa Kamu Coba di Rumah