Cara Membuat Spinner Sederhana

Cara Membuat Spinner Sederhana – Journal Article

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat spinner sederhana. Apakah kamu sering melihat spinner yang sedang trend saat ini? Spinner bisa menjadi mainan yang menyenangkan dan juga bisa membantu mengurangi rasa stres. Tapi, di mana sih kita bisa mendapatkan spinner tersebut? Tenang saja, dengan mengikuti tutorial ini kamu bisa membuat spinner sendiri tanpa harus membeli yang baru. Yuk, simak ulasan lengkapnya di bawah ini.

Mengenal Spinner dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat spinner, kita harus tahu terlebih dahulu apa itu spinner. Spinner adalah mainan yang biasanya terbuat dari bahan logam ringan atau plastik. Mainan ini memiliki bentuk yang bulat dan memiliki bantalan di tengahnya yang bisa diputar-putar.

Untuk membuat spinner sederhana, kamu memerlukan beberapa alat dan bahan yaitu:

Alat
Bahan
Gunting
Kertas karton
Pensil
Bearing bola (ukuran 608)
Spidol
Mika transparan
Penggaris
Lem tembak

Memiliki semua alat dan bahan yang diperlukan? Langsung saja kita mulai membuatnya!

Langkah-Langkah Membuat Spinner

Berikut adalah langkah-langkah membuat spinner sederhana:

Langkah 1 – Membuat Pola Lingkaran

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah membuat pola lingkaran pada kertas karton. Pola ini akan digunakan sebagai dasar dari spinner. Kamu bisa menggunakan pensil dan penggaris untuk membuat pola dengan ukuran yang sama. Ukuran yang direkomendasikan adalah 7-8 cm.

Setelah itu, gunting lingkaran tersebut dan jangan lupa untuk menghapus garis-garis pensil yang terlihat pada lingkaran tersebut.

Langkah 2 – Menempelkan Mika Transparan

Setelah memiliki lingkaran dasar, langkah selanjutnya adalah menempelkan mika transparan di atas lingkaran tersebut. Kamu bisa menggunakan lem tembak untuk menempelkan kedua bahan tersebut.

TRENDING 🔥  Sobat Sederhana, Yuk Membuat Pionering Menara Pandang Sederhana

Langkah 3 – Menempelkan Bearing Bola

Selanjutnya adalah menempelkan bearing bola di tengah-tengah lingkaran. Letakkan bearing bola di atas mika transparan dan gunakan lem tembak untuk menempelkannya.

Langkah 4 – Menghias Spinner

Saatnya menghias spinner. Kamu bisa menggunakan spidol untuk menggambar di atas mika transparan. Kamu bisa menggambar apa saja yang kamu suka, misalnya gambar love, smile, atau karakter kartun kesukaanmu.

Setelah selesai, gunakan gunting untuk memotong bagian yang tidak ingin kamu tampilkan pada spinner.

Langkah 5 – Memutar Spinner

Spinner sederhanamu sudah jadi! Untuk memutar spinner, letakkan jari di atas bearing bola dan putar dengan cara memutar jari kita. Spinner akan berputar dengan sendirinya dan kamu bisa menikmati sensasi putaran yang membuat kita rileks.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah spinner sederhana bisa digunakan untuk mengurangi stres?

Iya, spinner sederhana bisa digunakan untuk mengurangi stres. Saat kita memutar spinner, otak kita menjadi lebih fokus pada gerakan tangan dan membuat kita merasa lebih rileks.

2. Apakah kita bisa menghias spinner sendiri?

Tentu saja! Kamu bisa menghias spinner sendiri dengan spidol atau menggunakan gambar yang kamu suka. Kamu juga bisa membuatnya sesuai dengan tema tertentu seperti tema musim atau tema liburan.

3. Berapa lama spinner bisa berputar?

Waktu putar spinner tergantung pada kekuatan putaran kita. Namun, rata-rata spinner sederhana bisa berputar selama 1-3 menit.

4. Apakah semua jenis bearing bola bisa digunakan pada spinner?

Tidak semua jenis bearing bola bisa digunakan pada spinner. Pastikan kamu menggunakan bearing bola dengan ukuran 608, karena ukuran ini yang paling umum digunakan pada spinner sederhana.

Kesimpulan

Nah, itu tadi cara membuat spinner sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Dengan membuat spinner sendiri, kamu bisa menghemat uang dan juga merasakan kepuasan tersendiri saat bisa membuat mainan sendiri. Ingat, tutorial ini hanya bersifat referensi dan kamu bisa mengembangkan sendiri cara membuat spinner sederhana sesuai dengan kreativitasmu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Mudah Membuat CRUD Web dengan PHP yang Sederhana

Cara Membuat Spinner Sederhana