Cara Membuat Speaker Aktif Bluetooth Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Bagi kamu yang suka mendengarkan musik, membuat speaker aktif Bluetooth sederhana bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain hemat biaya, kamu juga bisa memilih desain speaker yang sesuai dengan keinginanmu.

Persiapan

Sebelum memulai pembuatan speaker aktif Bluetooth, ada beberapa hal yang perlu dipersiapkan terlebih dahulu seperti:

  • Modul Bluetooth
  • Amplifier
  • Speaker
  • Kabel jumper
  • Lem tembak
  • Plat PCB
  • Obeng

Modul Bluetooth

Modul Bluetooth digunakan untuk menghubungkan speaker dengan perangkat ponsel atau laptop melalui jaringan wireless. Modul Bluetooth yang umum digunakan adalah HC-05 atau HC-06.

HC-05 memiliki lebih banyak fitur daripada HC-06, tetapi harganya juga lebih mahal. Sedangkan HC-06 sangat murah, tetapi hanya memiliki sedikit fitur.

Untuk pembuatan speaker aktif Bluetooth sederhana, kamu bisa menggunakan HC-06 karena harganya yang lebih terjangkau dan memiliki fitur dasar yang sudah cukup.

Amplifier

Amplifier digunakan untuk memperkuat sinyal suara dari modul Bluetooth sebelum dihasilkan oleh speaker. Kamu bisa menggunakan amplifier mini TPA3116 atau PAM8403 yang ringkas dan mudah dioperasikan.

Speaker

Speaker merupakan bagian terpenting dalam pembuatan speaker aktif Bluetooth sederhana. Kamu bisa menggunakan speaker dengan impedansi 4 ohm dan daya output 12 watt.

Kabel Jumper

Kabel jumper digunakan untuk menghubungkan komponen satu dengan yang lainnya. Kamu bisa membeli kabel jumper yang sudah jadi atau membuatnya sendiri dengan membeli kabel yang panjang.

Lem Tembak

Lem tembak digunakan untuk menyambungkan komponen satu dengan yang lainnya. Kamu bisa menggunakan lem tembak yang umum dijual di toko komputer atau toko elektronik.

Plat PCB

Plat PCB digunakan sebagai tempat untuk meletakkan dan menyolder komponen-komponen elektronik. Kamu bisa membeli plat PCB yang sudah jadi atau membuatnya sendiri dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan di toko bahan bangunan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Power Inverter Sederhana

Obeng

Obeng digunakan untuk membuka dan memasang baut pada komponen elektronik seperti modul Bluetooth atau amplifier. Kamu bisa menggunakan obeng dengan ukuran yang sesuai dengan baut pada komponen elektronik.

Pembuatan

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat speaker aktif Bluetooth sederhana:

1. Solder Komponen Elektronik

Solder komponen elektronik pada plat PCB sesuai dengan skema rangkaian. Pastikan tidak ada jalur yang terputus atau terjadi korsleting antar komponen elektronik.

2. Pasang Komponen Elektronik pada Casing

Setelah semua komponen elektronik terpasang pada plat PCB, pasang plat PCB pada casing. Pastikan semua komponen elektronik terpasang dengan rapi dan tidak bergerak.

3. Pasang Speaker pada Casing

Pasang speaker pada casing dengan lem tembak. Pastikan speaker terpasang dengan rapi dan tidak bergerak.

4. Pasang Modul Bluetooth pada Casing

Pasang modul Bluetooth pada casing dengan lem tembak. Pastikan modul Bluetooth terpasang dengan rapi dan tidak bergerak.

5. Pasang Amplifier pada Casing

Pasang amplifier pada casing dengan lem tembak. Pastikan amplifier terpasang dengan rapi dan tidak bergerak.

6. Hubungkan Komponen Elektronik

Hubungkan komponen elektronik satu dengan yang lainnya menggunakan kabel jumper. Pastikan kabel jumper terpasang dengan rapi dan tidak terjadi korsleting antar komponen elektronik.

7. Uji Coba

Setelah semua komponen terhubung dengan baik, uji coba speaker aktif Bluetooth sederhana yang telah kamu buat. Hubungkan speaker dengan perangkat ponsel atau laptop melalui jaringan Bluetooth dan putar lagu favoritmu.

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering diajukan oleh pemula dalam pembuatan speaker aktif Bluetooth sederhana:

Apa kelebihan membuat speaker aktif Bluetooth sederhana?

Membuat speaker aktif Bluetooth sederhana memiliki beberapa kelebihan seperti harga yang lebih terjangkau dan desain yang bisa disesuaikan dengan keinginanmu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Racikan Sederhana untuk Sobat Sederhana

Bagaimana memilih speaker yang tepat untuk pembuatan speaker aktif Bluetooth sederhana?

Pilihlah speaker dengan impedansi 4 ohm dan daya output 12 watt untuk pembuatan speaker aktif Bluetooth sederhana.

Apa yang harus dilakukan jika terjadi korsleting saat pembuatan speaker aktif Bluetooth sederhana?

Jika terjadi korsleting saat pembuatan speaker aktif Bluetooth sederhana, matikan listrik terlebih dahulu dan periksa kembali rangkaian elektronik. Pastikan tidak ada jalur yang terputus atau terjadi korsleting antar komponen elektronik kemudian coba hidupkan kembali.

Bagaimana cara menghubungkan speaker aktif Bluetooth sederhana dengan perangkat ponsel atau laptop?

Hubungkan speaker aktif Bluetooth sederhana dengan perangkat ponsel atau laptop melalui jaringan Bluetooth. Nyalakan Bluetooth pada perangkat ponsel atau laptop kemudian cari perangkat Bluetooth yang ada dan hubungkan dengan speaker aktif Bluetooth sederhana.

Bagaimana cara membersihkan speaker aktif Bluetooth sederhana?

Gunakan kain lembut yang telah dibasahi dengan air untuk membersihkan speaker aktif Bluetooth sederhana. Hindari penggunaan bahan kimia yang keras karena dapat merusak permukaan speaker.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Speaker Aktif Bluetooth Sederhana