Cara Membuat Sop Singkong Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Sop singkong adalah salah satu makanan favorit yang sering dihidangkan di rumah. Makanan yang mudah dibuat ini cocok untuk disajikan sebagai menu sarapan atau makan siang. Apalagi jika disajikan dengan nasi dan lauk pauk favorit, pasti akan membuat perut kenyang dan puas. Berikut adalah cara membuat sop singkong sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba dirumah.

Bahan-Bahan Sop Singkong Sederhana

Sebelum memasak, pastikan bahan-bahan yang dibutuhkan sudah siap. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat sop singkong sederhana:

Bahan
Jumlah
Air
1,5 liter
Ubi kayu/singkong
500 gram, potong-potong
Bawang putih
3 siung, cincang halus
Bawang merah
3 siung, cincang halus
Daun bawang
2 batang, iris halus
Santan kental
200 ml
Garam
1 sendok teh
Kaldu ayam
1 sendok teh
Minyak
Secukupnya

Langkah-Langkah Membuat Sop Singkong Sederhana

1. Memasak Singkong

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memasak singkong. Caranya, rebus singkong dalam air mendidih hingga empuk. Setelah empuk, angkat dan tiriskan.

2. Membuat Bumbu

Siapkan wajan, kemudian panaskan minyak. Tumis bawang merah dan bawang putih hingga harum. Setelah itu, masukkan daun bawang dan aduk rata.

3. Membuat Kuah

Setelah bumbu tercampur rata, masukkan singkong kedalam wajan. Aduk hingga semua bumbu tercampur rata. Setelah itu, tuangkan santan kedalam wajan. Tambahkan garam dan kaldu ayam. Aduk rata.

4. Masak Hingga Matang

Setelah kuah tercampur rata, biarkan kuah mendidih dan masak hingga matang. Setelah matang, angkat dan siap disajikan.

Tips Membuat Sop Singkong Sederhana

Meskipun terlihat mudah, ada beberapa tips yang harus dilakukan agar hasil sop singkong yang dihasilkan nikmat dan enak. Berikut adalah tips membuat sop singkong sederhana:

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengurangi Populasi Banci dari Rumah

1. Memilih Singkong yang Baik

Pilih singkong yang masih segar dan belum terlalu keras. Singkong segar akan menghasilkan sop yang lebih lezat.

2. Potong Singkong dengan Ukuran yang Sama

Potong singkong dengan ukuran yang sama agar matangnya merata. Hal ini akan menghasilkan sop yang lezat dan enak.

3. Gunakan Kaldu Ayam

Untuk mendapatkan rasa yang gurih, gunakan kaldu ayam sebagai bumbu. Kaldu ayam akan memberikan cita rasa yang enak pada sop singkong.

FAQ Tentang Sop Singkong

1. Apa Saja Variasi Sop Singkong?

Terdapat banyak variasi sop singkong yang bisa ditemukan di Indonesia, seperti sop singkong ayam, sop singkong jagung, dan sop singkong sayuran.

2. Apakah Kita Harus Memakai Santan Untuk Membuat Sop Singkong?

Santan digunakan untuk memberikan kekayaan rasa dan aroma pada sop singkong. Namun, jika tidak suka dengan santan, bisa diganti dengan kaldu sayuran atau kaldu ayam.

3. Bagaimana Menyimpan Sop Singkong yang Sisa?

Setelah memasak, sisakan sop yang masih tersisa pada suhu ruangan hingga dingin. Setelah itu, masukkan ke dalam wadah plastik dan simpan dalam kulkas. Sop singkong sederhana dapat bertahan selama 3 hari jika disimpan dengan benar.

Kesimpulan

Itulah cara membuat sop singkong sederhana yang dapat Sobat Sederhana coba dirumah. Dengan bahan dan langkah-langkah yang mudah, Sobat Sederhana dapat memasak sop singkong sendiri di rumah. Selain itu, dengan tips dan varian yang berbeda, Sobat Sederhana dapat mengembangkan variasi sop singkong yang lebih enak dan lezat. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sop Singkong Sederhana