Cara Membuat Siomay Goreng Sederhana

Halo Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan siomay goreng? Makanan ini begitu populer di Indonesia, dan bisa ditemukan di semua sudut kota. Tidak hanya lezat dan murah, siomay goreng juga sangat mudah dibuat di rumah. Apakah Anda ingin tahu bagaimana cara membuatnya? Yuk, simak artikel ini sampai selesai!

Bahan-bahan

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat siomay goreng sederhana cukup mudah didapatkan. Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Ikan tenggiri fillet
500 gram
Tepung sagu
100 gram
Putih telur
2 butir
Bawang putih, haluskan
3 siung
Garam
1 sendok teh
Lada bubuk
1/2 sendok teh
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Cara Membuat

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat siomay goreng sederhana:

1. Haluskan ikan tenggiri fillet

Pertama, haluskan ikan tenggiri fillet dengan blender atau food processor. Pastikan ikan benar-benar halus dan tidak ada daging ikan yang terlewat.

2. Campurkan bahan-bahan

Setelah itu, campurkan ikan tenggiri fillet yang sudah dihaluskan dengan tepung sagu, putih telur, bawang putih, garam, dan lada bubuk. Aduk rata hingga semua bahan tercampur sempurna.

3. Bentuk adonan menjadi bulatan

Bentuk adonan menjadi bulatan sebesar bola pingpong. Lakukan hingga semua adonan habis.

4. Tepungkan siomay

Tepungkan setiap bulatan siomay dengan sedikit tepung sagu. Hal ini bertujuan agar siomay tidak lengket satu sama lain saat digoreng.

5. Goreng siomay

Siapkan minyak goreng dalam wajan. Goreng siomay dalam minyak yang sudah dipanaskan hingga kecokelatan. Angkat dan tiriskan.

FAQ

1. Apakah siomay goreng sama dengan siomay yang biasa dikukus?

Tidak sama. Siomay goreng dibuat dengan cara digoreng, sedangkan siomay biasa dikukus.

TRENDING 🔥  Cara Menentukan Titik Didih Sederhana

2. Bisa menggunakan ikan apa saja untuk membuat siomay goreng?

Bisa. Namun ikan tenggiri fillet adalah yang paling umum digunakan untuk membuat siomay goreng karena tidak berduri dan rasanya enak.

3. Apa yang bisa ditambahkan ke dalam siomay goreng?

Siomay goreng bisa ditambahkan dengan bahan-bahan seperti wortel, tauge, atau udang cincang. Namun, untuk membuat siomay goreng sederhana, kita hanya menggunakan ikan tenggiri fillet.

Kesimpulan

Nah, bagaimana? Ternyata membuat siomay goreng sederhana sangat mudah bukan? Selain itu, dengan membuat siomay goreng sendiri di rumah, kita bisa mengontrol bahan-bahan yang digunakan dan tentu saja lebih murah daripada membelinya di warung. Semoga artikel ini bermanfaat untuk Sobat Sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Siomay Goreng Sederhana