Cara Membuat Shampo Mobil Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas cara membuat shampo mobil sederhana sendiri di rumah. Tentunya, dengan membuat shampo mobil sendiri, kamu bisa menghemat budget dan tentu saja produk tersebut bebas dari bahan-bahan kimia berbahaya yang sering ada di shampo mobil yang dijual di pasaran.

1. Apa itu Shampo Mobil?

Shampo mobil adalah produk pembersih khusus untuk membersihkan mobil. Shampo mobil berfungsi untuk menghilangkan kotoran dan noda yang menempel pada mobil, baik itu noda air hujan, debu, maupun kotoran yang lebih keras seperti bekas tumpahan minyak.

Meskipun ada banyak produk shampo mobil yang dijual di pasaran, tapi kamu bisa membuat shampo mobil sederhana sendiri di rumah. Selain lebih murah, kamu juga bisa kontrol bahan-bahan apa saja yang digunakan untuk membuat shampo mobil tersebut.

2. Bahan-bahan yang dibutuhkan

Untuk membuat shampo mobil sederhana, kamu membutuhkan beberapa bahan yang umumnya bisa kamu temukan di rumah atau mudah didapatkan di toko-toko terdekat. Berikut adalah bahan-bahan yang kamu butuhkan:

Bahan
Jumlah
Sabun cuci piring
1 sendok makan
Perasan jeruk lemon
2 sendok makan
Air hangat
2 liter

3. Cara Membuat Shampo Mobil Sederhana

Setelah semua bahan terpenuhi, kamu bisa langsung membuat shampo mobil sederhana dengan cara berikut:

  1. Campurkan sabun cuci piring dengan perasan jeruk lemon.
  2. Tuang air hangat sedikit-sedikit ke dalam campuran sabun cuci piring dan perasan jeruk lemon. Aduk hingga rata.
  3. Jangan lupa untuk mengaduk campuran tersebut terus menerus sebelum digunakan untuk membersihkan mobil.

4. Cara Penggunaan Shampo Mobil Sederhana

Setelah shampo mobil sederhana selesai dibuat, kamu bisa langsung menggunakannya untuk membersihkan mobil. Berikut adalah cara penggunaannya:

  1. Basahi mobil dengan air hingga seluruh bagian mobil basah.
  2. Tuang shampo mobil sederhana yang sudah dibuat tadi ke seluruh permukaan mobil secara merata.
  3. Bersihkan mobil dengan kain lap atau spons yang sudah dibasahi dengan air bersih hingga semua kotoran terangkat. Pastikan kamu membersihkan seluruh bagian mobil, termasuk bagian bawah dan roda mobil.
  4. Setelah seluruh bagian mobil dibersihkan, bilas mobil dengan air bersih hingga tidak ada sisa shampo mobil sederhana yang tertinggal.
  5. Keringkan mobil dengan kain lap atau lap khusus mobil. Pastikan mobil sudah kering sebelum digunakan kembali.
TRENDING 🔥  Cara Jahit Patchwork Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar shampo mobil sederhana:

a. Apa saja bahan-bahan yang bisa digunakan untuk membuat shampo mobil sederhana?

Selain sabun cuci piring dan perasan jeruk lemon, kamu juga bisa menggunakan baking soda, cuka putih, atau bahkan air soda untuk membuat shampo mobil sederhana.

b. Apakah shampo mobil sederhana aman untuk mobil?

Shampo mobil sederhana yang terbuat dari bahan-bahan alami, seperti sabun cuci piring dan perasan jeruk lemon, aman untuk digunakan pada mobil. Namun, pastikan untuk menghindari penggunaan bahan kimia berbahaya, seperti cairan pembersih yang mengandung asam, karena dapat merusak cat mobil.

c. Berapa lama daya tahan shampo mobil sederhana?

Daya tahan shampo mobil sederhana tergantung dari cara pembuatan dan bahan-bahan yang digunakan. Namun, umumnya shampo mobil sederhana bisa bertahan selama beberapa minggu jika disimpan di tempat yang sesuai.

d. Apakah ada cara membuat shampo mobil sederhana tanpa sabun cuci piring?

Tentu saja. Kamu bisa membuat shampo mobil sederhana dengan menggunakan bahan-bahan alternatif, seperti cuka putih, baking soda, atau air soda. Namun, pastikan untuk mengikuti instruksi penggunaannya dengan benar.

6. Kesimpulan

Itulah tadi cara membuat shampo mobil sederhana yang bisa kamu praktikkan di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi kamu, Sobat Sederhana, yang ingin membersihkan mobil dengan cara yang lebih ramah lingkungan dan hemat budget. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Shampo Mobil Sederhana