Cara Membuat Setrum Aki Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah Anda seorang penggemar dunia elektronika? Jika iya, pasti Anda sudah tidak asing lagi dengan yang namanya setrum aki.

Setrum aki atau biasa juga disebut dengan nama tester aki merupakan alat yang sangat berguna untuk mengecek keadaan kesehatan aki atau baterai. Alat ini dapat menunjukkan apakah aki masih dalam kondisi baik atau sudah layak untuk diganti dengan yang baru. Namun, membeli setrum aki yang sudah jadi di pasaran dapat menguras kocek Anda. Oleh karena itu, pada artikel kali ini saya akan membahas cara membuat setrum aki sederhana yang dapat Anda buat sendiri di rumah dengan biaya yang jauh lebih murah. Yuk simak baik-baik!

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan setrum aki, pastikan Anda telah menyiapkan semua alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang harus Anda siapkan:

Alat
Bahan
1. Solder dan soldering iron
1. PCB board
2. Tang potong dan obeng
2. Konektor baterai
3. Kabel listrik dan isolasi
3. Resistor 1 kohm
4. LED
4. Potensiometer 10 kohm
5. Kabel jumper

Setelah semua alat dan bahan telah disiapkan, maka Anda sudah siap untuk memulai proses pembuatan setrum aki.

2. Cara Membuat Setrum Aki Sederhana

Berikut langkah-langkah untuk membuat setrum aki sederhana:

2.1. Merakit PCB Board

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah merakit PCB board. Caranya adalah sebagai berikut:

2.1.1. Buatlah Rangkaian PCB pada Software

Pertama-tama, buatlah rangkaian PCB pada software seperti Eagle, Proteus, atau software sejenisnya. Buatlah rangkaiannya sesuai dengan gambar di bawah ini:

TRENDING 🔥  Sebutkan Contoh Sederhana Cara Menjaga Keutuhan Indonesia

2.1.2. Cetak PCB Board

Setelah selesai membuat rangkaian PCB pada software, selanjutnya cetak PCB board dengan menggunakan printer laser jet. Pastikan bahwa cetakan tersebut dicetak pada kertas presisi dengan resolusi yang tinggi.

2.1.3. Lakukan Etching PCB

Setelah cetakan PCB selesai, lakukan proses etching dengan menggunakan bahan kimia yang berisi zat besi sulfat untuk membentuk jalur tembaga pada PCB board.

2.1.4. Bor dan Soldering Komponen Elektronik pada PCB Board

Selanjutnya, bor dan soldering komponen elektronik pada PCB board sesuai dengan rangkaian yang telah dibuat pada software. Pastikan semua komponen sudah terpasang dengan baik dan benar.

2.2. Merakit Bagian Luar Setrum Aki

Setelah PCB board telah dirakit, selanjutnya Anda harus merakit bagian luar setrum aki. Caranya adalah sebagai berikut:

2.2.1. Lubangi Casing Setrum Aki

Pertama-tama, lubangi casing setrum aki dengan menggunakan bor. Lubang tersebut digunakan untuk meletakkan potensiometer dan LED.

2.2.2. Masukkan Konektor Baterai dan Kabel Jumper

Selanjutnya, masukkan konektor baterai pada casing setrum aki. Pastikan konektor terpasang dengan benar dan kencang. Setelah itu, pasang juga kabel jumper pada konektor baterai.

2.2.3. Masukkan PCB Board dan Pasang Potensiometer serta LED

Selanjutnya, masukkan PCB board pada casing setrum aki dan pastikan dapat terpasang dengan baik. Setelah itu, pasang potensiometer dan LED pada casing setrum aki dan beri isolasi pada masing-masing kabel yang terhubung ke potensiometer dan LED.

2.3. Uji Coba Setrum Aki

Setelah seluruh komponen telah dirakit, maka setrum aki sudah siap untuk diuji. Caranya adalah sebagai berikut:

2.3.1. Hubungkan Setrum Aki dengan Baterai

Hubungkan setrum aki dengan baterai yang ingin diuji. Pastikan kabel jumper terhubung dengan benar.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bento Sederhana Tanpa Alat

2.3.2. Atur Potensiometer

Atur potensiometer pada posisi terendah. Pastikan LED tidak menyala.

2.3.3. Atur Potensiometer pada Posisi Tertinggi

Atur potensiometer pada posisi tertinggi. Pastikan LED menyala.

2.3.4. Ulangi Proses Uji Coba

Ulangi proses uji coba dengan menggunakan baterai yang berbeda. Jika hasilnya berubah, maka setrum aki yang Anda buat sudah sesuai dengan harapan.

3. FAQ Mengenai Cara Membuat Setrum Aki Sederhana

3.1. Berapa Biaya yang Dibutuhkan untuk Membuat Setrum Aki?

Biaya yang dibutuhkan untuk membuat setrum aki sederhana berkisar antara Rp 50.000 hingga Rp 100.000. Harga dapat berbeda-beda tergantung dari kualitas komponen elektronik yang Anda gunakan.

3.2. Bagaimana Jika Saya Tidak Mempunyai Solder dan Soldering Iron?

Jika Anda tidak mempunyai solder dan soldering iron, maka Anda dapat membelinya di toko komponen elektronik atau toko bangunan terdekat dengan harga yang terjangkau.

3.3. Apakah Setrum Aki yang Saya Buat Sudah Aman?

Ya, selama Anda mengikuti langkah-langkah dengan benar dan hati-hati, maka setrum aki yang Anda buat sudah aman untuk digunakan.

4. Kesimpulan

Sekarang Anda sudah tahu bagaimana cara membuat setrum aki sederhana! Ini adalah alat yang sangat berguna dan dapat membantu Anda mengecek keadaan aki atau baterai dengan mudah. Dengan membuat sendiri setrum aki, selain menghemat biaya, Anda juga dapat menambah pengetahuan Anda di dunia elektronika. Jangan lupa untuk selalu hati-hati saat melakukan pembuatan dan penggunaan setrum aki. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Setrum Aki Sederhana