Cara Membuat Senjata Rakitan Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat senjata rakitan sederhana. Senjata rakitan sederhana bisa dijadikan sebagai alternatif untuk melindungi diri atau untuk keperluan airsoft gun. Simak langkah-langkahnya di bawah ini.

1. Persiapan Bahan dan Alat

Sebelum memulai membuat senjata rakitan sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan dan alatnya terlebih dahulu. Berikut ini bahan dan alat yang dibutuhkan:

Bahan
Alat
PVC diameter 2 inch sepanjang 20 cm
Gergaji
PVC diameter 1 inch sepanjang 20 cm
Bor
Baut dan mur ukuran 1/4 inch
Obeng dan kunci pas
Spring bed ukuran kecil
Tang dan gunting besi
Pasir besi

Nah, setelah semua bahan dan alat sudah disiapkan, Sobat Sederhana dapat memulai langkah-langkah selanjutnya.

2. Potong PVC

Langkah pertama adalah memotong PVC diameter 2 inch dan 1 inch menjadi masing-masing panjang 20 cm dengan menggunakan gergaji. Pastikan potongan PVC rata dan tidak terlalu kasar.

3. Bor Lubang pada PVC Diameter 1 Inch

Setelah PVC dipotong, langkah selanjutnya adalah membuat lubang pada PVC diameter 1 inch menggunakan bor dengan ukuran yang sama dengan baut dan mur. Lubang ini nantinya digunakan sebagai tempat baut dan mur dipasangkan.

4. Pasang Baut dan Mur

Setelah lubang pada PVC diameter 1 inch sudah dibuat, pasang baut dan mur pada lubang tersebut dengan menggunakan obeng dan kunci pas. Pastikan baut dan mur pas dan tidak terlalu longgar atau terlalu ketat.

5. Masukkan Spring Bed

Langkah selanjutnya adalah memasukkan spring bed ukuran kecil ke dalam bagian PVC diameter 2 inch. Gunakan tang dan gunting besi untuk memotong bagian spring bed yang terlalu panjang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Solder Sederhana dengan Korek Api

6. Isi Pasir Besi

Setelah spring bed dimasukkan ke dalam PVC diameter 2 inch, bubuhi dengan pasir besi hingga mencapai setengah dari tinggi PVC. Tujuannya agar senjata rakitan sederhana ini memiliki bobot yang cukup saat digunakan dan aman untuk ditembakkan.

7. Selesai

Nah, senjata rakitan sederhana sudah jadi. Sobat Sederhana tinggal mencoba dan melihat seberapa jauh jangkauannya. Jangan lupa untuk menggunakan dengan bijak dan tidak untuk melakukan hal yang merugikan orang lain.

FAQ

1. Apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat senjata rakitan sederhana?

Untuk membuat senjata rakitan sederhana, Sobat Sederhana membutuhkan PVC diameter 2 inch sepanjang 20 cm, PVC diameter 1 inch sepanjang 20 cm, baut dan mur ukuran 1/4 inch, spring bed ukuran kecil, dan pasir besi. Alat yang dibutuhkan adalah gergaji, bor, obeng, kunci pas, tang, dan gunting besi.

2. Apa kegunaan dari pasir besi pada senjata rakitan sederhana?

Pasir besi digunakan untuk memberikan bobot pada senjata rakitan sederhana sehingga aman untuk ditembakkan dan memiliki jangkauan yang lebih jauh.

3. Apa saja hal yang perlu diperhatikan saat menggunakan senjata rakitan sederhana?

Saat menggunakan senjata rakitan sederhana, Sobat Sederhana perlu menggunakannya dengan bijak dan tidak melukai atau merugikan orang lain. Selain itu, pastikan untuk menggunakan pelindung mata dan telinga serta memperhatikan jarak saat menembakkan senjata ini.

4. Bisakah senjata rakitan sederhana digunakan sebagai airsoft gun?

Senjata rakitan sederhana dapat digunakan sebagai alternatif untuk airsoft gun, namun Sobat Sederhana perlu memperhatikan aturan dan peraturan yang berlaku terkait penggunaan dan kepemilikan senjata airsoft gun.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Senjata Rakitan Sederhana