Cara Membuat Selai Mangga Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kalian pasti sudah tidak sabar untuk mencoba membuat selai mangga sederhana yang enak dan sehat ini, bukan?

Mangga merupakan buah yang banyak ditemukan di Indonesia. Selain enak, mangga juga kaya akan vitamin dan mineral yang baik untuk tubuh. Salah satu cara agar dapat mengonsumsi mangga secara berbeda adalah dengan membuat selai mangga sederhana yang bisa dinikmati bersama keluarga atau teman.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Berikut adalah bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat selai mangga sederhana:

Bahan
Jumlah
Mangga
1 kg
Gula pasir
500 gram
Air
200 ml
Jeruk nipis
1 buah

Pastikan semua bahan yang digunakan sudah dicuci bersih dan dipotong-potong untuk memudahkan proses pembuatan selai mangga sederhana ini.

Langkah-langkah Membuat Selai Mangga Sederhana

Ikuti langkah-langkah berikut untuk membuat selai mangga sederhana yang enak:

Langkah 1: Memasak Mangga

Pertama-tama, potong mangga menjadi kecil-kecil dan masukkan dalam panci. Tambahkan air dan masak mangga di atas kompor dengan api kecil. Aduk-aduk hingga mangga empuk.

Langkah 2: Menambahkan Gula

Kemudian, tambahkan gula ke dalam panci yang berisi mangga yang sudah dimasak. Aduk-aduk dan biarkan gula larut sampai tekstur selai terbentuk. Proses ini memakan waktu kira-kira 30-45 menit.

Langkah 3: Menambahkan Jeruk Nipis

Setelah gula larut, tambahkan perasan jeruk nipis ke dalam panci. Jeruk nipis berfungsi untuk memberikan aroma segar pada selai mangga sederhana ini.

Langkah 4: Mengaduk Selai Mangga Sederhana

Aduk selai mangga sederhana yang sudah matang hingga merata. Selai mangga sekarang siap disimpan dalam wadah kaca yang bersih. Selai dapat disimpan di dalam lemari es hingga dua minggu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mainan Anak Sederhana

FAQ

1. Kenapa Harus Menambahkan Jeruk Nipis?

Jeruk nipis memiliki aroma yang segar dan memberikan rasa yang sedikit asam pada selai mangga. Selain itu, jeruk nipis juga dapat membantu mengawetkan selai mangga ini.

2. Bolehkah Mengganti Gula Dengan Gula Alternatif?

Tentu saja, Sobat Sederhana dapat mengganti gula pasir dengan gula alternatif seperti gula kelapa atau stevia. Namun, pastikan takaran penggunaannya sesuai dengan selera.

3. Bagaimana Cara Mengetahui Kapan Selai Sudah Matang?

Saat mengaduk selai mangga sederhana, pastikan sudah terlihat tekstur yang kental dan melekat di spatula. Selain itu, selai yang matang biasanya sudah memiliki warna lebih pekat daripada mangga yang belum dimasak.

Penutup

Itulah cara mudah untuk membuat selai mangga sederhana yang enak dan sehat. Selai mangga sederhana ini bisa dinikmati bersama roti tawar atau sebagai topping untuk es krim kesukaanmu. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Selai Mangga Sederhana