Cara Membuat Selai Kacang Tanah Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Siapa yang tidak suka selai kacang tanah? Selain rasanya yang nikmat, selai kacang tanah juga mudah dibuat di rumah. Di artikel kali ini, kita akan membahas cara membuat selai kacang tanah sederhana yang dapat kamu praktikkan di rumah dengan mudah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat selai kacang tanah, pastikan kamu memiliki bahan-bahan berikut:

200 gram kacang tanah mentah yang sudah disangrai 100 gram gula pasir
100 ml air matang ½ sendok teh garam
2 sendok makan minyak goreng

Langkah-langkah Pembuatan Selai Kacang Tanah

Setelah kamu menyiapkan semua bahan-bahan yang diperlukan, berikut adalah cara membuat selai kacang tanah sederhana:

1. Haluskan Kacang Tanah

Haluskan kacang tanah yang telah disangrai dengan menggunakan blender atau food processor. Haluskan kacang tanah hingga menjadi seperti tepung. Kamu juga bisa menghaluskan kacang tanah secara manual dengan menggunakan ulekan atau cobek, namun hal ini akan memakan waktu yang lebih lama.

2. Tumis Kacang Tanah Halus

Panaskan minyak goreng pada wajan dan tumis kacang tanah halus hingga harum. Tambahkan gula pasir dan aduk rata hingga gula larut. Tambahkan air matang dan aduk rata kembali. Masak kacang tanah hingga kering dan tidak lengket pada wajan.

3. Tambahkan Garam

Tambahkan garam pada kacang tanah dan aduk rata. Rasakan rasa selai kacang tanah dan atur kadar garam sesuai selera.

4. Dinginkan Selai Kacang Tanah

Setelah selai kacang tanah matang, angkat selai kacang tanah dari wajan dan dinginkan pada suhu ruang. Setelah itu, simpan selai kacang tanah di dalam wadah tertutup dan simpan di dalam lemari es hingga siap disajikan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aplikasi Android Resep Masakan Sederhana Android SQLite

Sering Ditanyakan

Apa saja jenis kacang yang bisa digunakan untuk membuat selai kacang tanah?

Selain kacang tanah, kamu juga bisa menggunakan kacang almond, kacang mete, atau kacang hazelnut untuk membuat selai kacang. Namun, cara pembuatan selai kacang akan sedikit berbeda tergantung pada jenis kacang yang digunakan.

Apa saja jenis makanan yang cocok dicampurkan dengan selai kacang?

Selai kacang bisa dicampurkan pada roti, pancake, wafel, atau bahkan digunakan sebagai bahan topping pada es krim. Kamu juga bisa menggunakan selai kacang sebagai bahan tambahan pada smoothie atau milkshake.

Apakah selai kacang tanah ini bisa disimpan dalam waktu yang lama?

Ya, selai kacang tanah dapat disimpan dalam waktu yang lama asalkan disimpan pada wadah yang tertutup rapat di dalam lemari es. Selai kacang tanah dapat bertahan hingga 2 minggu.

Kesimpulan

Nah, itulah cara membuat selai kacang tanah sederhana yang dapat kamu praktikkan di rumah dengan mudah. Selai kacang tanah bisa kamu gunakan sebagai bahan tambahan pada berbagai jenis makanan atau sebagai camilan yang lezat. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Selai Kacang Tanah Sederhana