Cara Membuat Selai Coklat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membuat selai coklat sederhana yang bisa kalian buat di rumah dengan mudah dan hasilnya enak banget. Selai coklat ini bisa digunakan sebagai tambahan topping pada roti atau sebagai selai untuk kue-kue yang kalian buat sendiri. Yuk, simak cara membuat selai coklat sederhana berikut ini.

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat selai coklat, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Coklat blok
150 gram
Susu kental manis
1 kaleng
Mentega tawar
50 gram
Garam
1/4 sendok teh

Pastikan semua bahan yang diperlukan sudah siap dan terukur dengan benar sebelum memulai membuat selai coklat. Selain itu, jangan lupa untuk menyiapkan wadah yang bersih dan kering untuk menaruh selai coklat nantinya.

Langkah-Langkah Membuat Selai Coklat Sederhana

Langkah 1: Lelehkan Coklat

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah melelehkan coklat blok dengan cara di tim. Sobat Sederhana bisa menaruh coklat blok dalam sebuah mangkuk atau wadah yang tahan panas, dan meletakkannya di atas panci yang berisi air mendidih. Setelah coklat meleleh, matikan api dan biarkan dingin sejenak.

Langkah 2: Campurkan Susu Kental Manis

Selanjutnya, campurkan susu kental manis ke dalam coklat yang sudah dilelehkan tadi. Aduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu hingga tercampur dengan sempurna.

Langkah 3: Tambahkan Mentega Tawar dan Garam

Setelah tercampur rata, tambahkan mentega tawar dan garam ke dalam adonan selai coklat. Aduk kembali hingga bahan-bahan tercampur dengan baik.

Langkah 4: Masak Selai Coklat

Panaskan adonan selai coklat di atas kompor dengan api sedang. Aduk terus menerus selama kurang lebih 15 menit hingga selai coklat mengental dan berubah menjadi warna coklat tua.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Saus Tiram Sederhana Untuk Sobat Sederhana

Langkah 5: Dinginkan dan Taruh dalam Wadah

Setelah matang, matikan api dan biarkan selai coklat dingin di dalam wadah yang telah disiapkan tadi. Selai coklat siap digunakan sebagai topping atau selai untuk kue-kue yang kalian buat sendiri.

FAQ

1. Apakah selai coklat ini bisa disimpan dalam lemari es?

Ya, selai coklat ini bisa disimpan dalam lemari es selama kurang lebih satu minggu. Pastikan untuk menyimpan selai coklat dalam wadah yang rapat dan bersih.

2. Apakah selai coklat bisa dibuat dengan coklat bubuk?

Tentu saja bisa. Sobat Sederhana bisa mengganti coklat blok dengan coklat bubuk dalam pembuatan selai coklat ini.

3. Apakah selai coklat ini memiliki rasa yang terlalu manis?

Tidak, selai coklat ini memiliki rasa yang pas dan tidak terlalu manis. Namun, jika Sobat Sederhana ingin menambahkan gula pasir, bisa ditambahkan pada saat langkah ke-3.

Kesimpulan

Selai coklat sederhana adalah salah satu selai yang mudah dibuat dan enak di lidah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat selai coklat sendiri di rumah tanpa perlu membeli yang sudah jadi. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Selai Coklat Sederhana