Cara Membuat Seblak Sederhana Tanpa Kencur

Hello Sobat Sederhana, siapa yang tidak suka dengan makanan pedas yang satu ini? Ya, seblak memang menjadi salah satu hidangan favorit yang digemari banyak orang. Tapi, bagaimana cara membuat seblak yang sederhana dan enak tanpa harus menggunakan kencur? Simak artikel ini sampai selesai ya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum mulai membuat seblak, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah bahan-bahan yang perlu disiapkan:

Bahan
Jumlah
Mie instan
1 bungkus
Kol
100 gram
Wortel
50 gram
Tahu
1 buah
Daun bawang
secukupnya
Bawang goreng
secukupnya
Cabe rawit
3-5 buah
Bumbu seblak
secukupnya
Air
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah tersedia dan terukur dengan benar agar hasilnya lebih maksimal.

Langkah-langkah Pembuatan

1. Potong-potong Bahan

Pertama-tama, Sobat Sederhana bisa memotong-motong semua bahan yang sudah disiapkan sebelumnya. Potong kol menjadi dadu kecil, wortel dan tahu juga bisa dipotong dadu atau sesuai dengan selera. Iris daun bawang dan cabe rawit juga perlu disiapkan.

2. Rebus Mie Instan

Setelah semua bahan sudah dipotong, sobat bisa merebus mie instan seperti biasa. Setelah matang, tiriskan dan sisihkan.

3. Tumis Bumbu Seblak

Panaskan minyak di wajan, tumis bumbu seblak hingga harum. Masukkan kol, wortel, tahu, daun bawang, dan cabe rawit. Tumis hingga bahan-bahan terlihat layu dan matang.

4. Masukkan Mie Instan

Setelah bahan-bahan sudah matang, masukkan mie instan yang telah direbus tadi. Tambahkan sedikit air agar tekstur seblak tidak terlalu kering. Aduk rata hingga semua bahan tercampur dengan baik.

5. Sajikan dan Taburi Bawang Goreng

Seblak sudah siap disajikan. Taburi bawang goreng di atasnya untuk memberikan tambahan rasa dan aroma yang harum.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Kue Bapel Sederhana

FAQ Seputar Seblak

1. Apakah harus menggunakan kencur untuk membuat seblak?

Tidak harus. Kencur memang sering digunakan untuk membuat seblak agar terasa lebih segar dan pedas. Tapi jika Sobat Sederhana tidak suka dengan aroma kencur, masih bisa membuat seblak tanpa menggunakan bahan tersebut.

2. Apakah bisa menggunakan bahan lain selain yang tertera di atas?

Tentu saja. Sobat Sederhana bisa menambahkan atau mengganti bahan-bahan yang tersedia di rumah sesuai dengan selera. Misalnya, bisa menambahkan bakso atau sosis untuk memberikan variasi rasa.

3. Apakah seblak bisa disimpan?

Seblak sebaiknya dimakan saat masih segar dan hangat. Jika ingin menyimpan sisa seblak, bisa disimpan di dalam kulkas dan dihangatkan kembali sebelum disajikan.

Cara Membuat Seblak Sederhana Tanpa Kencur Selesai

Sekarang, Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat seblak yang sederhana dan enak tanpa harus menggunakan kencur. Mari segera mencoba membuatnya di rumah dan nikmati sensasi pedasnya. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Seblak Sederhana Tanpa Kencur