Cara Membuat Saus Telur Asin Sederhana

Selamat datang Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat saus telur asin sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Saus telur asin memang sudah tidak asing lagi di lidah orang Indonesia. Rasanya yang unik dan gurih membuat saus ini menjadi salah satu bahan masakan yang sering digunakan dalam berbagai hidangan.

Apa itu Telur Asin?

Sebelum kita membahas cara membuat saus telur asin, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu apa itu telur asin. Telur asin adalah telur yang diawetkan dengan cara direbus dalam campuran garam, kapur sirih, dan abu yang dicampur dengan air hingga air tersebut mendidih. Setelah itu, telur diangkat dan dikeringkan. Proses pemberian garam pada telur ini bertujuan untuk menghentikan pertumbuhan bakteri sehingga telur bisa lebih awet.

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum kita memulai proses pembuatan saus telur asin, ada baiknya kita menyiapkan terlebih dahulu bahan-bahan yang akan kita gunakan. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Telur asin
2 butir
Bawang merah
3 siung
Bawang putih
2 siung
Cabai merah
5 buah
Cabai rawit
10 buah
Gula merah
50 gram
Air
100 ml
Garam
secukupnya
Aceh cane vinegar
2 sdm
Minyak goreng
3 sdm

Cara Membuat Saus Telur Asin Sederhana

Berikut adalah langkah-langkah dalam membuat saus telur asin sederhana:

Step 1: Mengolah Bumbu Halus

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mengolah bumbu halus terlebih dahulu. Caranya cukup mudah, tinggal haluskan bawang merah, bawang putih, cabai merah, cabai rawit, dan garam dengan menggunakan blender atau cobek.

Step 2: Mengolah Gula Merah

Selanjutnya, kamu perlu mengolah gula merah dengan cara mencairkannya terlebih dahulu. Caranya cukup dengan menambahkan air ke dalam gula merah dan panaskan hingga gula merah benar-benar larut.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kering Tempe Sederhana

Step 3: Menumis Bumbu Halus

Setelah itu, tumis bumbu halus yang sudah dihaluskan tadi dengan menggunakan minyak goreng. Tumis hingga bau harum keluar.

Step 4: Menambahkan Gula Merah Cair

Setelah bumbu halus matang, kamu bisa menambahkan gula merah cair ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata dan tunggu sampai bumbu mengental.

Step 5: Menambahkan Telur Asin

Selanjutnya, tambahkan telur asin yang sudah dipotong kecil-kecil ke dalam tumisan tersebut. Aduk rata dan tunggu sampai telur asin tercampur merata dengan bumbu.

Step 6: Menambahkan Aceh Cane Vinegar

Terakhir, tambahkan Aceh Cane Vinegar ke dalam saus telur asin tersebut. Aduk rata dan matikan api. Saus telur asin siap disajikan.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Bisakah saya menggunakan telur ayam biasa?

Ya, bisa. Namun, rasa saus telur asin akan berbeda jika menggunakan telur ayam biasa. Karena itu, disarankan untuk menggunakan telur bebek agar rasa saus telur asin lebih nikmat.

2. Bisakah saya menambahkan bahan lain seperti tomat atau wortel?

Tentu saja bisa. Namun, pastikan bahan-bahan yang ditambahkan tidak mengganggu rasa telur asin yang sudah menjadi bahan utama dari saus tersebut.

3. Apakah harus menggunakan Aceh Cane Vinegar?

Tidak harus. Kamu bisa menggunakan cuka lainnya seperti cuka apel atau cuka beras. Namun, Aceh Cane Vinegar akan memberikan rasa yang berbeda dan lebih autentik pada saus telur asin.

4. Berapa lama saus telur asin bisa bertahan?

Saus telur asin bisa bertahan selama beberapa hari jika disimpan di dalam kulkas dalam wadah tertutup.

5. Saus telur asin ini bisa digunakan untuk masakan apa saja?

Bisa digunakan untuk berbagai masakan seperti nasi goreng, mie goreng, atau bahkan disajikan sebagai sambal untuk lauk-pauk.

TRENDING 🔥  Cara Membaca Uji Regresi Sederhana di SPSS

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Saus Telur Asin Sederhana