Cara Membuat Saung Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat saung sederhana. Saung adalah sebuah bangunan kecil yang biasanya digunakan sebagai tempat berlindung atau bersantai di tengah kebun atau kebun buah. Saung sederhana bisa dibuat dengan menggunakan bahan-bahan yang mudah ditemukan dan dengan biaya yang terjangkau. Yuk, simak langkah-langkahnya!

1. Menentukan Lokasi Saung

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah menentukan lokasi saung. Pilihlah tempat yang strategis dan tidak terlalu jauh dari rumah. Pastikan juga tempat tersebut memiliki pemandangan yang indah dan dapat memberikan kenyamanan pada saat bersantai di dalam saung. Setelah menentukan lokasi, ukur lah luas area yang akan digunakan untuk membuat saung.

1.1 Memilih Bahan Bangunan

Beberapa bahan bangunan yang umum digunakan untuk membuat saung antara lain kayu, bambu, dan anyaman daun kelapa. Untuk pembuatan saung yang sederhana, kayu biasa atau bambu dapat menjadi pilihan yang tepat. Pastikan memilih kayu dan bambu yang berkualitas dan tidak mudah lapuk.

1.2 Perencanaan Desain Saung

Setelah menentukan bahan bangunan yang digunakan, lakukan perencanaan desain saung. Desain saung sederhana dapat dibuat dengan menyesuaikan dengan selera anda. Pastikan desain saung yang akan dibuat mudah dibangun dan sesuai dengan luasan area yang telah diukur.

1.3 Izin Pembangunan

Selanjutnya, lakukan proses pengurusan izin pembangunan saung. Biasanya, izin pembangunan saung dapat dilakukan di kantor kelurahan atau kecamatan setempat. Pastikan mengurus izin pembangunan saung sebelum memulai pembangunan.

1.4 Perkiraan Biaya

Lakukan perkiraan biaya untuk membuat saung sederhana tersebut. Biaya yang harus dikeluarkan meliputi biaya bahan bangunan, biaya izin, dan biaya tenaga kerja jika anda menggunakan jasa tukang.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kincir Air Sederhana

1.5 Persiapan Alat dan Bahan

Setelah menentukan lokasi, bahan bangunan, desain saung, izin, dan biaya, saatnya mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan untuk pembangunan saung. Beberapa alat dan bahan yang diperlukan antara lain gergaji, palu, paku, meteran, kayu, bambu, dan kain terpal.

2. Pembuatan Fondasi Saung

Langkah kedua adalah membuat fondasi saung. Fondasi berfungsi sebagai penyangga dan dasar dari pembangunan saung. Pastikan fondasi yang dibuat kuat dan kokoh agar saung tidak mudah roboh ketika terjadi guncangan.

2.1 Menyiapkan Batu Bata

Persiapkan batu bata yang cukup untuk membuat fondasi saung. Bata harus disusun dengan rapi dan berbentuk segi empat. Pastikan tinggi fondasi saung sesuai dengan keinginan anda.

2.2 Membuat Campuran Semen

Selanjutnya, campurkan semen dan pasir dalam wadah yang cukup besar. Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk hingga adonan semen menjadi kental dan mudah digunakan.

2.3 Memasang Batu Bata

Letakkan batu bata dengan rapi pada tempat yang telah disiapkan. Pastikan posisi batu bata tepat dan tidak bergerak. Setelah itu, mulailah memasukkan campuran semen ke dalam celah-celah batu bata secara merata.

2.4 Menunggu Kering

Tunggu hingga campuran semen mengering dan fondasi saung benar-benar kokoh. Langkah ini memerlukan waktu hingga beberapa hari, tergantung cuaca dan kondisi lingkungan sekitar.

3. Pembuatan Kerangka Saung

Setelah fondasi saung selesai dibuat, saatnya membuat kerangka saung. Kerangka saung berfungsi sebagai penyangga atap dan dinding saung. Pastikan kerangka yang dibuat kuat dan kokoh agar saung tidak mudah roboh ketika terjadi guncangan.

3.1 Menentukan Ukuran Kayu

Tentukan ukuran kayu yang akan digunakan sebagai kerangka saung. Ukuran kayu sebaiknya disesuaikan dengan luas saung yang telah diukur sebelumnya.

TRENDING 🔥  Cara Memasak Kepiting Sederhana Enak

3.2 Memotong Kayu

Potong kayu dengan menggunakan gergaji. Pastikan potongan kayu rapi dan tidak berantakan. Jangan lupa untuk memberikan tanda pada kayu agar tidak salah ukuran.

3.3 Menyusun Kerangka Saung

Susun kayu dengan rapi dan pasanglah satu persatu hingga membentuk kerangka saung. Pastikan kerangka saung berdiri dengan kokoh dan tidak mudah bergoyang.

3.4 Menambahkan Tiang Penyangga

Tambahkan tiang penyangga pada kerangka saung agar lebih kokoh dan stabil. Pastikan penambahan tiang penyangga tidak mengurangi ruang gerak di dalam saung.

4. Pembuatan Atap dan Dinding Saung

Setelah kerangka saung selesai dibuat, saatnya membuat atap dan dinding saung. Atap dan dinding saung berfungsi sebagai pelindung di dalam saung dari sinar matahari dan hujan.

4.1 Memasang Bambu atau Kayu ke Atap Saung

Masanglah bambu atau kayu di atas kerangka saung sebagai bahan atap. Pastikan bahan atap terpasang dengan rapi dan kokoh.

4.2 Menambahkan Daun Kelapa pada Atap Saung

Tambahkan daun kelapa di atas bahan atap sebagai pelindung dari sinar matahari dan hujan. Pastikan daun kelapa terpasang rapat dan tidak mudah lepas.

4.3 Memasang Kayu atau Bambu pada Dinding Saung

Masanglah kayu atau bambu sebagai bahan dinding. Pastikan bahan dinding terpasang dengan rapi dan kokoh.

4.4 Menambahkan Anyaman Daun Kelapa pada Dinding Saung

Tambahkan anyaman daun kelapa di atas bahan dinding sebagai pelindung dari sinar matahari dan hujan. Pastikan anyaman daun kelapa terpasang rapat dan tidak mudah lepas.

5. Penambahan Fasilitas di dalam Saung Sederhana

Setelah seluruh bagian saung selesai dibangun, dapat ditambahkan beberapa fasilitas yang membuat saung terasa lebih nyaman dan asri.

5.1 Menambahkan Kursi dan Meja

Menambahkan kursi dan meja di dalam saung agar lebih nyaman saat bersantai atau minum teh di dalam saung.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Mesin Vacuum Sederhana

5.2 Menambahkan Tanaman Hias

Menambahkan tanaman hias di dalam saung agar terasa lebih asri dan harmonis dengan alam sekitar.

No. Peralatan Keterangan
1 Gergaji Menggunakan gergaji untuk memotong kayu
2 Palu Menggunakan palu untuk memaku kayu atau bambu
3 Paku Menggunakan paku untuk memasangkan kayu atau bambu
4 Meteran Menggunakan meteran untuk mengukur luas area dan panjang kayu atau bambu

FAQ

1. Berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk membuat saung sederhana?

Biaya yang dikeluarkan untuk membuat saung sederhana tergantung dari bahan bangunan yang digunakan. Secara umum, biaya yang harus dikeluarkan mencapai 2-3 juta rupiah.

2. Apakah sulit membuat saung sederhana?

Tidak sulit membuat saung sederhana asalkan anda memiliki perencanaan dan persiapan yang matang serta memahami langkah-langkah pembuatannya.

3. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat saung sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat saung sederhana tergantung dari ketersediaan bahan dan kecepatan pembangunan. Secara umum, waktu yang dibutuhkan berkisar antara 1-2 minggu.

4. Apa saja bahan bangunan yang umum digunakan untuk membuat saung sederhana?

Beberapa bahan bangunan yang umum digunakan untuk membuat saung antara lain kayu, bambu, dan anyaman daun kelapa.

5. Apa fungsi dari fondasi saung?

Fondasi saung berfungsi sebagai penyangga dan dasar dari pembangunan saung. Fondasi yang kuat dan kokoh sangat penting untuk menjaga kestabilan dan keamanan saung.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Saung Sederhana