Cara Membuat Sarabba Jahe Sederhana

Selamat datang, Sobat Sederhana! Apakah kamu suka minuman jahe? Kalau iya, kamu harus mencoba membuat sarabba jahe sederhana di rumah. Sarabba jahe ini sangat cocok untuk dinikmati saat cuaca dingin atau bahkan ketika badan sedang tidak enak. Yuk, simak cara membuatnya di bawah ini.

Bahan-bahan

Sebelum memulai, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Jahe
100 gram
Gula Merah
100 gram
Air
1 liter
Daun pandan
2 lembar
Santan kental
200 ml

Dari bahan-bahan di atas, kamu bisa membuat 4 – 6 gelas sarabba jahe.

Cara Membuat

1. Siapkan Jahe

Cuci jahe hingga bersih dan kupas kulitnya. Kemudian, iris-iris jahe menjadi kecil-kecil.

2. Siapkan Gula Merah

Parut gula merah atau potong-potong hingga menjadi kecil-kecil. Jika kamu tidak suka terlalu manis, kamu bisa mengurangi jumlah gula merah yang digunakan.

3. Masak Jahe dan Gula Merah

Didihkan air dalam panci besar. Setelah air mendidih, masukkan jahe iris dan gula merah ke dalam panci. Aduk perlahan hingga gula merah larut sempurna.

4. Penambahan Daun Pandan

Tambahkan daun pandan yang sudah dipotong ke dalam panci. Masak semua bahan hingga air menjadi berkurang dan berubah warna menjadi coklat kemerahan.

5. Penambahan Santan Kental

Saat air sudah berubah warna menjadi coklat kemerahan, tambahkan santan kental kedalam panci. Aduk rata dan masak hingga mendidih kembali.

6. Sajikan

Tiriskan sarabba jahe ke dalam gelas. Kamu bisa menambahkan es batu agar lebih segar jika ingin dinikmati dalam keadaan dingin.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya sarabba jahe dengan minuman jahe biasa?

Sarabba jahe memiliki tambahan santan kental yang membuat rasanya lebih creamy dan gurih. Selain itu, penggunaan gula merah juga memberikan kekhasan rasa tersendiri pada sarabba jahe.

TRENDING 🔥  Cara Buat Aplikasi Input Data Sederhana dengan PHP

2. Bisakah menggunakan santan instan?

Tentu saja bisa. Namun, santan kental instan tidak memberikan rasa yang sama dengan santan kental asli. Jadi, sebaiknya menggunakan santan kental asli untuk mendapatkan rasa yang lebih optimal.

3. Bagaimana jika tidak suka dengan rasa jahe yang kuat?

Kamu bisa mengurangi jumlah jahe atau memilih jahe yang kurang kuat aroma dan rasanya. Selain itu, kamu juga bisa menambahkan gula merah atau santan lebih banyak untuk menetralisir rasa jahe yang kuat.

4. Apakah sarabba jahe bisa disimpan lama?

Ya, sarabba jahe bisa disimpan dalam botol atau wadah kedap udara di lemari es selama beberapa hari. Namun, sebaiknya jangan terlalu lama karena kualitas rasa sarabba jahe bisa berkurang.

5. Bisakah membuat sarabba jahe tanpa santan?

Tentu saja bisa. Kamu bisa membuat sarabba jahe tanpa menggunakan santan dan hanya menggunakan jahe, gula merah, dan air saja. Namun, rasanya akan berbeda dengan sarabba jahe yang menggunakan santan.

Kesimpulan

Itulah beberapa cara membuat sarabba jahe sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Selain mudah, bahan-bahannya juga mudah didapatkan di pasar atau supermarket terdekat. Jangan lupa untuk menyesuaikan jumlah bahan sesuai selera dan jangan terlalu lama menyimpan sarabba jahe. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Sarabba Jahe Sederhana