Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Basah Sederhana

Halo sobat sederhana, kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat sambal goreng tempe basah yang sederhana dan enak untuk dinikmati. Sambal goreng tempe basah merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang menjadi favorit banyak orang. Biasanya, sambal goreng tempe basah disajikan sebagai lauk atau pelengkap nasi.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai cara membuat sambal goreng tempe basah, ada beberapa bahan yang harus disiapkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah bahan-bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Tempe
250 gram
Bawang putih
4 siung
Bawang merah
4 siung
Cabe merah
5 buah
Cabe rawit
5 buah
Tomat
1 buah
Garam
secukupnya
Gula
secukupnya
Air
secukupnya
Minyak goreng
secukupnya

Setelah semua bahan disiapkan, kini saatnya memulai cara membuat sambal goreng tempe basah.

Cara Membuat

Berikut ini adalah cara membuat sambal goreng tempe basah yang sederhana:

1. Potong Tempe

Pertama-tama, potong tempe menjadi ukuran kecil-kecil sesuai selera. Kemudian, goreng tempe hingga matang dan berwarna kecoklatan. Tiriskan tempe yang sudah digoreng dan sisihkan sejenak.

2. Tumis Bumbu

Selanjutnya, tumis bawang putih dan bawang merah yang sudah diiris halus hingga harum. Setelah itu, tambahkan cabe merah dan cabe rawit yang sudah diiris halus. Tumis bumbu hingga layu dan harum.

3. Masukkan Tomat

Selanjutnya, masukkan tomat yang sudah dipotong kecil-kecil. Tumis tomat hingga lembut dan matang.

4. Tambahkan Garam dan Gula

Setelah itu, tambahkan garam dan gula secukupnya. Aduk rata dan cicipi rasanya. Jangan terlalu banyak mengambil garam dan gula agar tidak membuat sambal terlalu asin atau manis.

5. Masukkan Tempe

Terakhir, masukkan tempe yang sudah digoreng ke dalam tumisan bumbu. Aduk rata dan tambahkan air secukupnya. Masak sambal goreng tempe basah hingga air menyusut dan bumbu meresap ke dalam tempe.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Perekam Suara Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apa bedanya sambal goreng tempe basah dan kering?

Sambal goreng tempe basah memiliki kandungan air yang cukup banyak sehingga memiliki tekstur yang lembut dan basah. Sedangkan sambal goreng tempe kering memiliki kandungan air yang sedikit sehingga memiliki tekstur yang kering dan renyah.

2. Apakah sambal goreng tempe basah bisa disimpan dalam waktu lama?

Ya, sambal goreng tempe basah bisa disimpan dalam kulkas selama 2-3 hari. Namun, pastikan sambal sudah benar-benar dingin sebelum disimpan di kulkas.

3. Apa makanan yang cocok disajikan dengan sambal goreng tempe basah?

Sambal goreng tempe basah cocok disajikan sebagai lauk atau pelengkap nasi. Selain itu, sambal goreng tempe basah juga cocok disajikan dengan lontong, nasi uduk, atau nasi kuning.

4. Apakah sambal goreng tempe basah pedas?

Ya, sambal goreng tempe basah cukup pedas karena menggunakan cabe merah dan cabe rawit sebagai bahan utamanya. Namun, tingkat kepedasannya bisa disesuaikan dengan jumlah cabe yang digunakan.

5. Apakah sambal goreng tempe basah sulit dibuat?

Tidak, sambal goreng tempe basah sangat mudah dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah disebutkan di atas, sobat sederhana dapat dengan mudah membuat sambal goreng tempe basah yang enak dan lezat.

Itulah tadi cara membuat sambal goreng tempe basah yang sederhana dan enak. Selamat mencoba dan semoga bisa menjadi hidangan yang selalu disukai keluarga. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya, sobat sederhana!

Cara Membuat Sambal Goreng Tempe Basah Sederhana