Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair Sederhana

Halo sobat sederhana! Selamat datang di artikel kali ini yang akan membahas tentang cara membuat sabun cuci piring cair sederhana. Sabun cuci piring merupakan salah satu kebutuhan dapur yang penting, namun terkadang harga sabun cuci piring di pasaran cukup mahal. Oleh karena itu, membuat sabun cuci piring sendiri menjadi solusi yang tepat untuk menghemat pengeluaran. Nah, tanpa berlama-lama lagi, yuk simak cara membuat sabun cuci piring cair sederhana di bawah ini.

Bahan-bahan yang Diperlukan:

Sebelum membuat sabun cuci piring cair, pertama-tama sobat sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

Bahan
Jumlah
Soda ash
100 gram
Borax
50 gram
Sabun batang
2 buah
Air panas
1 liter
Air dingin
2 liter
Minyak esensial
beberapa tetes (opsional)

Langkah-langkah Pembuatan:

1. Siapkan Bahan-bahan

Pertama-tama, sobat sederhana perlu menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan seperti yang telah disebutkan sebelumnya. Pastikan semua bahan tersedia dan dalam jumlah yang cukup.

2. Parut Sabun Batang

Selanjutnya, sobat sederhana perlu mengambil dua batang sabun dan memarutnya dengan parutan keju atau blender. Pastikan sabun yang digunakan memiliki pH netral agar tidak merusak perabotan dapur.

3. Campurkan Air Panas dan Bahan

Setelah sabun batang diparut, sobat sederhana bisa mencampurkan air panas dengan soda ash dan boraks. Aduk rata hingga tercampur sempurna.

4. Tambahkan Sabun yang Sudah Diparut

Tambahkan sabun yang sudah diparut ke dalam campuran air panas tadi. Aduk rata hingga tercampur dengan baik. Pastikan sabun sudah terlarut sepenuhnya.

5. Tambahkan Air Dingin dan Minyak Esensial

Setelah sabun tercampur dengan baik, sobat sederhana bisa menambahkan air dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga mencapai konsistensi yang diinginkan. Jangan lupa juga untuk menambahkan beberapa tetes minyak esensial untuk memberikan aroma yang harum.

TRENDING 🔥  Cara Buat Tumpeng Sederhana

FAQ Membuat Sabun Cuci Piring Cair Sederhana:

1. Apa itu soda ash?

Soda ash adalah bahan kimia yang digunakan sebagai pengatur pH dalam pembuatan sabun cuci piring cair. Bahan ini biasanya tersedia di toko-toko bahan kimia atau online shop.

2. Apakah boraks berbahaya bagi kesehatan?

Boraks dapat berbahaya jika digunakan dalam jumlah berlebihan atau tidak tepat. Oleh karena itu, pastikan untuk menggunakan boraks dengan benar dan sesuai dosis yang dianjurkan.

3. Bisakah menggunakan sabun batang yang sudah beraroma untuk membuat sabun cuci piring cair?

Sebaiknya hindari menggunakan sabun batang yang sudah beraroma karena bisa merusak perabotan dapur. Gunakan sabun batang pH netral agar lebih aman dan ramah lingkungan.

4. Apakah minyak esensial wajib ditambahkan?

Tidak, penggunaan minyak esensial bersifat opsional tergantung selera dan kebutuhan. Namun, minyak esensial dapat memberikan aroma yang harum pada sabun cuci piring cair yang dibuat.

Kesimpulan:

Demikianlah cara membuat sabun cuci piring cair sederhana yang bisa sobat sederhana praktikkan di rumah. Selain lebih murah, membuat sabun cuci piring sendiri juga lebih aman dan ramah lingkungan. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan penggunaan bahan kimia dan tata cara penggunaan yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Sabun Cuci Piring Cair Sederhana