Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim Yang Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat rumah dari stik es krim yang sederhana. Siapa sih yang tidak suka dengan mainan rumah-rumahan? Namun, kadangkala membeli mainan tersebut bisa menguras kocek. Nah, dengan membuat rumah dari stik es krim, Sobat Sederhana bisa memanfaatkan barang-barang bekas dan membuat mainan sendiri yang lebih terjangkau. Yuk kita simak cara membuatnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat rumah dari stik es krim, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Stik Es Krim
30-50 buah
Lem Kayu
1 tube
Cat Air
1-2 warna
Kertas Karton
1 lembar
Alat Tulis
Pensil, Penggaris, Gunting

Setelah semua bahan terkumpul, mari kita mulai membuat rumah dari stik es krim!

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim

Ada beberapa tahap yang perlu dilakukan agar rumah dari stik es krim yang Sobat Sederhana buat menjadi lebih rapi dan kokoh. Tahap-tahap tersebut adalah:

Tahap 1 – Membuat Dasar Rumah

Pertama, buatlah dasar rumah dengan menempelkan 4 stik es krim secara vertikal dan 4 stik es krim secara horizontal. Pastikan kedua sudutnya membentuk sudut 90 derajat. Setelah itu, tambahkan 2 stik es krim secara diagonal pada masing-masing sudut rumah, seperti gambar di bawah ini:

Ulangi langkah ini sehingga ada 2 lapisan dasar rumah. Setelah itu, gunakan potongan karton tipis sebagai alas dan tempatkan pada bagian bawah rumah. Tempelkan dengan lem kayu agar lebih kokoh.

Tahap 2 – Membuat Tembok Rumah

Langkah selanjutnya adalah membuat tembok rumah. Gunakan 2 stik es krim sebagai paku untuk menempelkan stik es krim secara vertikal. Letakkan paku pada kedua sudut bawah dan pastikan jaraknya sejajar dengan dasar rumah. Tempelkan lem kayu pada ujung stik es krim dan tempelkan pada paku. Ulangi langkah ini hingga semua tembok rumah terbentuk dan terlihat seperti gambar di bawah ini:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Lampu Lalu Lintas Sederhana

Setelah semua tembok jadi, tambahkan atap rumah dengan menempelkan stik es krim secara horizontal dengan bentuk segitiga. Tempelkan pada ujung tembok rumah. Balut dengan karton tipis dan potong sesuai bentuk atap. Tempelkan dengan lem kayu dan biarkan kering.

Tahap 3 – Membuat Pintu dan Jendela Rumah

Untuk membuat pintu dan jendela rumah, gunakan stik es krim kecil dan potong sesuai ukuran yang diinginkan. Tempelkan pada tembok rumah dengan lem kayu. Pastikan posisi pintu dan jendela simetris. Setelah itu, gambar dan warnai dengan cat air agar lebih menarik.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa banyak stik es krim yang diperlukan untuk membuat rumah?

Jumlah stik es krim yang dibutuhkan tergantung pada ukuran rumah yang ingin dibuat. Untuk ukuran rumah yang sederhana, biasanya diperlukan sekitar 30-50 buah stik es krim.

2. Apa yang bisa digunakan selain lem kayu untuk menempelkan stik es krim?

Selain lem kayu, bisa juga menggunakan lem tembak atau lem akrilik. Namun, pastikan lem yang digunakan cukup kuat untuk menempelkan stik es krim.

3. Apakah bisa membuat mainan lain selain rumah dari stik es krim?

Tentu saja bisa. Stik es krim bisa digunakan untuk membuat berbagai macam mainan seperti kapal, mobil, atau pesawat terbang. Cukup kreatif dan gunakan imajinasi Sobat Sederhana untuk menciptakan mainan yang unik!

Kesimpulan

Itulah cara membuat rumah dari stik es krim yang sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana bisa membuat mainan rumah-rumahan sendiri tanpa harus membeli yang mahal. Selain itu, membuat mainan sendiri juga bisa melatih kreativitas dan kecermatan. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

TRENDING 🔥  Cara Menghitung Biaya Pembangunan Rumah Sederhana

Cara Membuat Rumah dari Stik Es Krim Yang Sederhana