Cara Membuat Route Sederhana PHP Tanpa Framework

Hello Sobat Sederhana! Apakah kamu sedang mencari cara untuk membuat route sederhana dalam pengembangan website dengan bahasa pemrograman PHP? Jangan khawatir, karena pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat route sederhana PHP tanpa framework. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkahnya secara detail dan mudah dipahami. Jadi, ikuti terus artikel ini ya!

Pendahuluan

Sebelum kita mulai, mari kita bahas terlebih dahulu tentang apa itu route dan framework. Route adalah suatu metode untuk mengarahkan user ke halaman yang diinginkan dengan menggunakan URL. Sedangkan framework adalah suatu kerangka kerja yang digunakan untuk mempermudah proses pembuatan program dan website.

Pada artikel kali ini, kita akan mencoba membuat route sederhana tanpa menggunakan framework. Hal ini tentu saja lebih mempermudah pengembangan website tanpa harus menggunakan framework yang relatif rumit.

Langkah-langkah Membuat Route Sederhana PHP Tanpa Framework

Langkah 1: Membuat File .htaccess

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat file .htaccess. File ini akan digunakan untuk mengatur URL rewrite. Buatlah file .htaccess pada root folder dengan kode berikut:

Kode
Penjelasan
Options -MultiViews
Menghindari konflik dengan file lain
RewriteEngine On
Mengaktifkan URL rewrite
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-d
Jika folder tidak ditemukan
RewriteCond %{REQUEST_FILENAME} !-f
Jika file tidak ditemukan
RewriteRule ^(.*)$ index.php?url=$1 [QSA,L]
Menangani URL

Dengan menggunakan kode di atas, kita dapat mengatur URL rewrite untuk mengarahkan user ke halaman yang diinginkan.

Langkah 2: Buat File index.php

Langkah selanjutnya adalah membuat file index.php. File ini akan berfungsi sebagai pusat kontrol pada website kita. Buatlah file index.php pada root folder dengan kode berikut:

<?php$url = isset($_GET['url']) ? $_GET['url'] : '/';switch ($url) {case '/':require_once 'views/home.php';break;case 'about':require_once 'views/about.php';break;case 'contact':require_once 'views/contact.php';break;default:require_once 'views/404.php';break;}?>

Dalam kode di atas, kita menggunakan switch case untuk menentukan halaman yang akan ditampilkan berdasarkan URL yang diminta oleh user. Jika URL tidak ditemukan, maka kita akan menampilkan halaman 404.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Canai Sederhana

Langkah 3: Membuat Folder views

Langkah selanjutnya adalah membuat folder views untuk menyimpan halaman-halaman website. Buatlah folder views pada root folder dan buatlah berbagai halaman website di dalamnya. Contohnya, kamu bisa membuat file home.php, about.php, dan contact.php.

Isi file home.php berisi tentang halaman utama website, about.php berisi tentang informasi mengenai website, dan contact.php berisi formulir kontak untuk menghubungi pemilik website.

FAQ

1. Apakah harus menggunakan file .htaccess untuk membuat route sederhana?

Ya, file .htaccess diperlukan untuk mengatur URL rewrite agar bisa mengarahkan user ke halaman yang diinginkan.

2. Apa saja langkah-langkah untuk membuat route sederhana PHP tanpa framework?

Langkah-langkahnya adalah membuat file .htaccess, membuat file index.php, dan membuat folder views untuk menyimpan halaman-halaman website.

3. Apa kelebihan dari membuat route sederhana tanpa framework?

Kelebihannya adalah kita tidak perlu menginstall dan mengkonfigurasi framework yang relatif rumit. Selain itu, kita juga dapat lebih bebas dalam mengatur struktur dan logika website kita sendiri.

Kesimpulan

Sekarang Sobat Sederhana sudah tahu cara membuat route sederhana PHP tanpa framework. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, kamu dapat membuat website dengan route yang lebih mudah dan terstruktur. Jangan lupa untuk membuat file .htaccess, file index.php, dan folder views untuk menyimpan halaman-halaman website. Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu dalam pengembangan website. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Route Sederhana PHP Tanpa Framework