Cara Membuat Roti Tawar Sederhana di Rumah

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat roti tawar sederhana di rumah. Roti tawar adalah roti yang paling banyak digunakan untuk membuat sandwich, tapiroti tawar juga bisa dinikmati dengan mentega atau selai di pagi hari. Selain itu, roti tawar juga sangat mudah dibuat dan lebih murah daripada membeli roti di toko. Yuk, kita mulai!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat roti tawar sederhana, pastikan kamu sudah menyiapkan semua bahan-bahan yang dibutuhkan. Berikut ini adalah bahan-bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Tepung Terigu
500 gram
Ragi
1 sendok makan
Gula Pasir
2 sendok makan
Garam
1/2 sendok teh
Susu Bubuk
2 sendok makan
Air
300 ml
Minyak Sayur
2 sendok makan

Cara Membuat Roti Tawar Sederhana di Rumah

1. Campurkan Bahan-Bahan Kering

Pertama-tama, campurkan tepung terigu, ragi, gula pasir, garam, dan susu bubuk dalam wadah besar. Aduk semua bahan hingga tercampur merata.

2. Tambahkan Air dan Minyak Sayur

Tambahkan air dan minyak sayur ke dalam adonan kering. Aduk adonan dengan menggunakan pengaduk hingga adonan tercampur merata dan tidak bergerindil.

3. Uleni Adonan

Setelah adonan tercampur merata, uleni adonan selama kurang lebih 10 menit hingga adonan kalis dan elastis.

4. Istirahatkan Adonan

Istirahatkan adonan selama kurang lebih 30 menit hingga mengembang dua kali lipat.

5. Bentuk Adonan Menjadi Roti Tawar

Setelah adonan mengembang, uleni adonan dan pembagi adonan menjadi 12-16 bagian yang sama. Bentuk adonan menjadi bulat sehingga menyerupai roti tawar.

6. Panggang Roti Tawar

Panaskan oven terlebih dahulu pada suhu 200°C. Panggang roti tawar di atas loyang selama 25-30 menit hingga matang dan berwarna kecoklatan.

TRENDING 🔥  Cara Merakit SWR Sederhana

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Kenapa roti tawar yang saya buat tidak mengembang?

Jawaban: Roti tawar tidak mengembang biasanya disebabkan oleh ragi yang tidak aktif atau adonan yang terlalu padat. Pastikan ragi yang digunakan masih aktif dan adonan cukup lembut sehingga bisa mengembang.

2. Bolehkah menggunakan tepung terigu protein rendah?

Jawaban: Boleh, tapi roti tawar yang dihasilkan mungkin tidak sekenyal roti tawar yang dibuat dengan tepung terigu protein tinggi. Tepung terigu protein tinggi lebih cocok untuk membuat roti tawar yang kenyal.

3. Apa yang harus dilakukan jika roti tawar terlalu keras?

Jawaban: Jika roti tawar terlalu keras, bisa dicelupkan ke dalam air panas atau dihangatkan di oven.

Kesimpulan

Sekarang kamu sudah tahu cara membuat roti tawar sederhana di rumah. Dengan bahan-bahan yang mudah didapat dan cara yang mudah diikuti, kamu bisa menyajikan roti tawar yang lezat untuk sarapan atau membuat sandwich. Selamat mencoba!

Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Roti Tawar Sederhana di Rumah