Cara Membuat Roti Oven Sederhana

Halo sobat sederhana! Siapa yang tidak suka dengan aroma roti yang sedap dan lezat? Roti merupakan salah satu makanan yang disukai banyak orang. Tapi terkadang, membeli roti di toko lebih mahal dibandingkan dengan membuatnya sendiri di rumah. Oleh sebab itu, pada artikel kali ini kita akan membahas cara membuat roti oven sederhana. Selamat membaca!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat roti, pastikan kamu sudah menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut adalah daftar alat dan bahannya:

Alat
Bahan
Mixer
Tepung terigu
Oven
Ragi
Mangkok
Gula pasir
Sendok
Garam
Loyang
Air
Kain bersih
Minyak sayur

Pastikan semua alat dan bahan sudah tersedia sebelum memulai membuat roti. Selanjutnya, kita bisa memulai dengan langkah berikutnya.

2. Membuat Adonan Roti

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat adonan roti. Berikut adalah langkah-langkahnya:

a. Campurkan bahan kering

Campurkan tepung terigu, gula pasir, ragi, dan garam ke dalam mangkok. Aduk rata menggunakan mixer dengan kecepatan rendah.

b. Tambahkan air dan minyak sayur

Tambahkan air sedikit-sedikit sambil diaduk menggunakan mixer dengan kecepatan rendah sampai adonan menjadi kalis dan elastis. Selanjutnya, tambahkan minyak sayur dan aduk lagi sampai merata.

c. Uleni adonan

Keluarkan adonan dari mixer dan uleni adonan dengan tangan selama beberapa menit sampai adonan halus dan elastis. Taruh adonan dalam mangkok dan tutupi dengan kain bersih. Diamkan adonan selama kurang lebih 1 jam sampai adonan mengembang menjadi dua kali lipat.

3. Membentuk dan Memanggang Roti

Setelah adonan roti mengembang, langkah selanjutnya adalah membentuk dan memanggangnya. Berikut adalah langkah-langkahnya:

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bumbu Kacang Sederhana

a. Bagi adonan sesuai kebutuhan

Potong-potong adonan roti sesuai dengan ukuran yang diinginkan. Satu potong adonan roti bisa digunakan untuk membuat 1 roti.

b. Bentuk adonan

Bentuk adonan roti sesuai dengan selera. Ada beberapa bentuk roti yang umum, seperti bulat, lonjong, atau seperti croissant.

c. Panggang adonan

Panaskan oven terlebih dahulu dengan suhu 180 derajat celcius selama 15 menit. Setelah itu, panggang adonan roti selama kurang lebih 20-25 menit sampai matang dan berwarna kecoklatan.

4. FAQ (Frequently Asked Questions)

a. Apa itu ragi?

Ragi adalah sejenis jamur yang digunakan sebagai bahan pembuat roti. Fungsinya adalah untuk membuat roti mengembang dan beraroma sedap.

b. Mengapa adonan roti perlu diuleni?

Adonan roti perlu diuleni supaya adonan menjadi lebih elastis dan halus. Selain itu, dengan diuleni, adonan juga lebih mudah untuk diproses dan dicetak.

c. Mengapa oven perlu dipanaskan terlebih dahulu?

Oven perlu dipanaskan terlebih dahulu supaya suhu dalam oven menjadi optimal untuk memanggang roti. Jika roti dimasukkan ke dalam oven yang belum panas, maka roti akan sulit matang dan kurang sempurna.

5. Kesimpulan

Sekarang, sobat sederhana sudah tahu cara membuat roti oven sederhana. Dengan resep yang mudah dan bahan yang murah, kita sudah bisa membuat roti sendiri di rumah. Selamat mencoba!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Roti Oven Sederhana