Cara Membuat Robot Sederhana dengan Sensor

Halo Sobat Sederhana! Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat robot sederhana dengan sensor. Robot yang dibuat ini nantinya dapat digunakan untuk berbagai keperluan, seperti untuk belajar atau bahkan untuk membantu pekerjaan rumah tangga. Tidak perlu khawatir, pembuatan robot ini tidak akan terlalu sulit dan dapat dilakukan oleh siapa saja yang ingin mencoba. Yuk, simak langkah-langkahnya di bawah ini!

Pengenalan tentang Robot Sederhana dengan Sensor

Sebelum memulai langkah-langkah pembuatan, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu tentang robot sederhana dengan sensor. Seperti namanya, robot ini merupakan robot yang memiliki kemampuan sensor pada dirinya. Sensor yang digunakan pada robot ini dapat berbeda-beda, seperti sensor suara, sensor cahaya, sensor jarak, dan sebagainya. Fungsi dari sensor ini adalah untuk memberikan informasi kepada robot mengenai lingkungannya. Sehingga, robot dapat bergerak dan berinteraksi dengan lingkungannya dengan lebih cerdas.

Apa saja Bahan yang Diperlukan untuk Membuat Robot Sederhana dengan Sensor?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat robot sederhana dengan sensor cukup mudah didapatkan dan terjangkau. Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

No
Bahan
Jumlah
1
Arduino Uno R3
1 buah
2
Breadboard
1 buah
3
Motor DC
2 buah
4
Driver Motor L293D
1 buah
5
Sensor Jarak HC-SR04
1 buah
6
Baterai 9V
1 buah
7
Charger baterai 9V
1 buah
8
Kabel jumper
Sesuai kebutuhan

Bagaimana Cara Membuat Robot Sederhana dengan Sensor?

Setelah mengetahui bahan-bahan yang diperlukan, berikut adalah langkah-langkah untuk membuat robot sederhana dengan sensor:

Langkah 1: Persiapan

Sebelum memulai pembuatan robot, pastikan semua bahan dan peralatan sudah tersedia dan siap digunakan. Selanjutnya, pasang motor DC pada driver L293D sesuai dengan diagram yang tertera pada driver tersebut. Kemudian, hubungkan driver L293D dengan Arduino Uno R3 menggunakan kabel jumper.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Siomay Sederhana Tanpa Tepung Kanji

FAQ:

Q: Apakah motor yang digunakan dapat diganti dengan jenis motor lainnya?

A: Ya, motor yang digunakan dapat diganti dengan jenis motor yang lain, asalkan masih sesuai dengan kapasitas driver motor L293D.

Q: Apakah breadboard harus digunakan?

A: Tidak harus, namun penggunaan breadboard dapat mempermudah dalam menyambungkan kabel-kabel yang digunakan.

Langkah 2: Pemasangan Sensor Jarak

Setelah persiapan selesai, selanjutnya adalah memasang sensor jarak HC-SR04. Pasang sensor tersebut pada breadboard seperti pada gambar. Kemudian, hubungkan sensor tersebut pada Arduino Uno R3 menggunakan kabel jumper.

FAQ:

Q: Apakah sensor jarak HC-SR04 yang digunakan harus yang asli?

A: Tidak harus, namun pastikan sensor yang digunakan masih memiliki fungsi yang sama dan kualitas yang baik.

Q: Apakah pemasangan sensor jarak harus pada breadboard?

A: Tidak harus, namun penggunaan breadboard dapat mempermudah dalam menyambungkan kabel-kabel yang digunakan.

Langkah 3: Pemrograman

Setelah memasang semua komponen, selanjutnya adalah membuat program untuk robot tersebut. Program yang digunakan dapat dilihat pada gambar di bawah ini:

int trigPin = 12;int echoPin = 11;int enA = 9;int in1 = 6;int in2 = 5;int enB = 3;int in3 = 7;int in4 = 4;int speed = 150;void setup() {pinMode(trigPin, OUTPUT);pinMode(echoPin, INPUT);pinMode(enA, OUTPUT);pinMode(in1, OUTPUT);pinMode(in2, OUTPUT);pinMode(enB, OUTPUT);pinMode(in3, OUTPUT);pinMode(in4, OUTPUT);digitalWrite(enA, HIGH);digitalWrite(enB, HIGH);}void maju() {digitalWrite(in1, HIGH);digitalWrite(in2, LOW);digitalWrite(in3, HIGH);digitalWrite(in4, LOW);analogWrite(enA, speed);analogWrite(enB, speed);}void mundur() {digitalWrite(in1, LOW);digitalWrite(in2, HIGH);digitalWrite(in3, LOW);digitalWrite(in4, HIGH);analogWrite(enA, speed);analogWrite(enB, speed);}void kanan() {digitalWrite(in1, HIGH);digitalWrite(in2, LOW);digitalWrite(in3, LOW);digitalWrite(in4, HIGH);analogWrite(enA, speed);analogWrite(enB, speed);}void kiri() {digitalWrite(in1, LOW);digitalWrite(in2, HIGH);digitalWrite(in3, HIGH);digitalWrite(in4, LOW);analogWrite(enA, speed);analogWrite(enB, speed);}void stop() {digitalWrite(in1, HIGH);digitalWrite(in2, HIGH);digitalWrite(in3, HIGH);digitalWrite(in4, HIGH);analogWrite(enA, 0);analogWrite(enB, 0);}void loop() {long duration, cm;digitalWrite(trigPin, LOW);delayMicroseconds(2);digitalWrite(trigPin, HIGH);delayMicroseconds(10);digitalWrite(trigPin, LOW);duration = pulseIn(echoPin, HIGH);cm = duration / 58;if (cm > 30) {maju();} else if (cm > 20) {kanan();} else if (cm > 10) {mundur();} else if (cm >= 0) {kiri();}delay(100);}

FAQ:

Q: Apa fungsi dari setiap variabel dan fungsi pada program?

TRENDING 🔥  Cara Membuat Tempat Tidur Kucing Sederhana

A: Variabel dan fungsi pada program digunakan untuk mengontrol pergerakan robot berdasarkan informasi yang diterima dari sensor jarak HC-SR04.

Q: Apakah program yang digunakan harus sama persis dengan yang tertera?

A: Tidak harus, namun pastikan program yang digunakan masih memiliki fungsi yang sama untuk mengontrol pergerakan robot.

Langkah 4: Uji Coba

Setelah program berhasil dibuat, selanjutnya adalah melakukan uji coba pada robot. Sambungkan baterai 9V pada driver motor L293D dan nyalakan Arduino Uno R3. Kemudian, letakkan robot pada permukaan datar dan lihat pergerakan robot saat mendeteksi halangan menggunakan sensor jarak HC-SR04.

FAQ:

Q: Apakah uji coba harus dilakukan pada permukaan datar?

A: Tidak harus, namun pastikan lingkungan sekitar sudah aman untuk dilakukan uji coba.

Q: Apakah baterai yang digunakan harus 9V?

A: Tidak harus, namun pastikan baterai yang digunakan masih sesuai dengan kapasitas driver motor L293D.

Langkah 5: Perbaikan dan Pengembangan

Setelah melakukan uji coba, pastikan catat hasilnya dan perbaiki jika ditemukan masalah. Jika sudah berhasil, kamu juga dapat mengembangkan robot ini dengan menambahkan fitur-fitur baru yang lebih canggih.

FAQ:

Q: Apakah robot ini dapat diubah menjadi lebih canggih?

A: Ya, robot ini dapat dikembangkan dengan menambahkan fitur-fitur baru, seperti kamera, pengaturan kecepatan motor, dan sebagainya.

Q: Apakah perbaikan dan pengembangan dapat dilakukan sendiri?

A: Ya, kamu dapat memperbaiki dan mengembangkan robot ini sendiri dengan bantuan sumber belajar di internet.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Robot Sederhana dengan Sensor