Cara Membuat Robot Pembantu Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasa kesulitan melakukan pekerjaan rumah tangga? Misalnya membersihkan ruangan, mencuci piring, atau mencuci baju? Tenang, sekarang kamu bisa membuat robot pembantu sederhana sendiri dengan mengikuti tutorial ini!

Apa yang Dibutuhkan?

Sebelum kita mulai membuat robot, pastikan kamu sudah menyiapkan beberapa komponen berikut:

Komponen
Jumlah
Arduino Uno
1 buah
Motor DC
2 buah
Wheel
2 buah
Battery 9V
1 buah
Chassis
1 buah
Breadboard
1 buah
Jumper Wire
Sesuai kebutuhan

Pastikan kamu juga memiliki peralatan dasar seperti solder, soldering iron, dan obeng.

Langkah Pertama: Sambungkan Motor ke Arduino

Langkah pertama adalah menyambungkan motor ke Arduino. Pertama-tama kamu harus mengetahui koneksi motor dan menghubungkannya ke breadboard. Kamu bisa mengikuti gambar di bawah ini sebagai referensi:

Setelah itu, hubungkan breadboard ke Arduino seperti gambar di bawah ini:

Pastikan koneksi sudah benar dan tidak ada kabel yang terputus.

Langkah Kedua: Sambungkan Battery ke Breadboard

Selanjutnya adalah menyambungkan battery ke breadboard. Kamu bisa mengikuti gambar di bawah ini:

Pastikan koneksi sudah benar dan tidak ada kabel yang terputus.

Langkah Ketiga: Sambungkan Wheel ke Motor

Langkah ketiga adalah menyambungkan wheel ke motor. Kamu bisa mengikuti gambar di bawah ini:

Pastikan koneksi sudah benar dan wheel bisa berputar dengan lancar.

Langkah Keempat: Program Robot

Sekarang saatnya membuat program untuk robot kamu. Kamu bisa menggunakan bahasa pemrograman Arduino dan mengikuti contoh program di bawah ini:

void setup() {pinMode(2,OUTPUT);pinMode(3,OUTPUT);pinMode(4,OUTPUT);pinMode(5,OUTPUT);}void maju() {digitalWrite(2,HIGH);digitalWrite(3,LOW);digitalWrite(4,HIGH);digitalWrite(5,LOW);}void mundur() {digitalWrite(2,LOW);digitalWrite(3,HIGH);digitalWrite(4,LOW);digitalWrite(5,HIGH);}void berhenti() {digitalWrite(2,LOW);digitalWrite(3,LOW);digitalWrite(4,LOW);digitalWrite(5,LOW);}void loop() {maju();delay(2000);berhenti();delay(1000);mundur();delay(2000);berhenti();delay(1000);}

Program di atas akan membuat robot kamu maju selama 2 detik, berhenti selama 1 detik, mundur selama 2 detik, dan berhenti selama 1 detik. Kamu bisa mengubah program sesuai kebutuhan.

TRENDING 🔥  Cara Power Supply Switching Sederhana

Langkah Kelima: Uji Coba Robot

Terakhir, uji coba robot kamu. Pastikan semua komponen sudah terpasang dengan baik dan program sudah diupload ke Arduino. Kamu bisa menghidupkan robot dengan menekan tombol on/off di breadboard.

FAQ

Apa itu Arduino?

Arduino adalah platform open-source yang digunakan untuk membuat berbagai macam proyek elektronik. Arduino memiliki board utama dan bahasa pemrograman yang mudah dipelajari oleh pemula.

Apa itu motor DC?

Motor DC adalah motor yang menggunakan arus searah untuk menghasilkan putaran. Motor DC banyak digunakan pada berbagai macam perangkat elektronik, mulai dari robot hingga mobil mainan.

Apa itu breadboard?

Breadboard adalah alat yang digunakan untuk membuat rangkaian elektronik sementara. Dengan breadboard, kamu bisa menghubungkan komponen elektronik secara cepat dan mudah tanpa perlu menggunakan solder.

Apa itu jumper wire?

Jumper wire adalah kabel pendek yang digunakan untuk menghubungkan komponen elektronik. Jumper wire umumnya digunakan pada breadboard.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Robot Pembantu Sederhana