Cara Membuat Ring Light Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kalian suka membuat konten di media sosial? Jika iya, pasti kalian tahu betapa pentingnya pencahayaan yang bagus dalam membuat konten yang menarik. Salah satu cara yang bisa kalian lakukan adalah dengan menggunakan ring light. Namun, tidak semua orang mampu membeli ring light yang mahal. Oleh karena itu, kali ini kita akan membahas bagaimana cara membuat ring light sederhana sendiri.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat ring light, tentu saja kalian harus mempersiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan terlebih dahulu. Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
Gunting
Lem tembak
Obeng
Kartu plastik bekas
Penjepit kabel
LED strip
Pensil
Lisplang
Penggaris
Kabel USB

2. Persiapan Tempat dan Waktu

Setelah mempersiapkan alat dan bahan, kalian juga harus mempersiapkan tempat dan waktu yang tepat untuk membuat ring light. Pastikan kalian membuat ring light di tempat yang terang dan nyaman agar tidak mengganggu konsentrasi dan hasilnya pun lebih baik. Selain itu, pastikan juga kalian memiliki waktu yang cukup agar tidak terburu-buru dalam membuatnya.

3. Membuat Rangka Ring Light

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat rangka ring light. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Potong Lisplang

Potong lisplang sesuai dengan ukuran diameter ring light yang diinginkan. Ukuran standar untuk ring light adalah 18-20 inch.

b. Gabungkan Lisplang

Gabungkan lisplang dengan cara menempelkan ujungnya menggunakan lem tembak. Pastikan sudut yang dihasilkan membentuk lingkaran.

c. Pasang LED Strip

Pasang LED strip di sekitar rangka ring light dengan menggunakan lem tembak atau penjepit kabel. Pastikan LED strip terpasang dengan rapi dan tidak ada yang terlepas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Slider Sederhana CSS

d. Pasang Kabel USB

Pasang kabel USB pada LED strip dan rangka ring light dengan menggunakan lem tembak atau penjepit kabel. Jangan lupa untuk melakukan pengetesan kabel USB agar ring light dapat menyala dengan baik.

e. Tambahkan Lubang Kabel

Tambahkan lubang untuk kabel pada rangka ring light agar terhubung dengan power bank atau adapter. Lubang tersebut bisa dibuat dengan menggunakan obeng.

4. Finishing

Setelah rangka ring light dan LED strip sudah terpasang dengan baik, kalian bisa melanjutkan dengan melakukan finishing. Caranya adalah sebagai berikut:

a. Lem Kartu Plastik

Lem kartu plastik pada rangka ring light dengan jarak yang sama untuk menjaga jarak yang sama antara cahaya LED strip.

b. Siap Digunakan

Setelah semua bagian sudah terpasang dengan baik, ring light sederhana pun siap digunakan. Pasang ring light di tripod atau holder yang sudah disediakan dan kalian bisa mulai membuat konten dengan hasil yang lebih baik.

FAQ

Berikut adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan tentang cara membuat ring light sederhana:

1. Berapa harga untuk membuat ring light sederhana?

Harga untuk membuat ring light sederhana sangat terjangkau, yaitu kurang dari Rp100.000. Bahan-bahan yang dibutuhkan pun mudah didapatkan di toko-toko peralatan listrik dan bangunan.

2. Apakah ring light sederhana ini bisa digunakan untuk membuat konten outdoor?

Tentu saja bisa. Ring light sederhana ini bisa digunakan di mana saja asalkan ada sumber listrik yang bisa digunakan untuk menghubungkannya.

3. Apakah hasilnya sama dengan ring light yang mahal?

Tentu saja tidak sama. Ring light sederhana ini hanya dapat menghasilkan cahaya yang cukup terang dan tidak sebaik ring light yang mahal. Namun, hasilnya sudah cukup bagus untuk membuat konten yang menarik di media sosial.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membagi Saham Perusahaan kepada Calon Investor

4. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat ring light sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat ring light sederhana sekitar 2-3 jam tergantung pada pengalaman yang dimiliki.

5. Apakah ring light sederhana ini bisa disimpan dengan mudah?

Tentu saja. Ring light sederhana ini bisa dibongkar dan dirakit kembali saat ingin digunakan. Selain itu, karena bahan-bahan yang digunakan mudah didapatkan, kalian juga bisa membuatnya kembali jika ada yang rusak atau hilang.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Ring Light Sederhana