Cara Membuat Remote Control Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apakah kamu pernah berpikir untuk membuat remote control sendiri? Memang terdengar sedikit sulit, namun jika kamu menggunakan komponen yang tepat, maka remote control sederhana bisa kamu buat dengan mudah. Berikut adalah cara membuat remote control sederhana yang bisa kamu coba di rumah.

1. Menyiapkan Bahan dan Alat yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan remote control, kamu perlu menyiapkan beberapa bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang kamu butuhkan:

Bahan
Alat
Resistor 220 ohm
Solder
Transistor NPN 2N2222
Tang potong
LED inframerah
Kawat jumper
Remote control bekas
Papan sirkuit

Setelah semua bahan dan alat sudah siap, kamu bisa mulai memulai pembuatan remote control sederhana.

2. Memasang Komponen pada Papan Sirkuit

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah memasang semua komponen pada papan sirkuit. Komponen yang perlu dipasang adalah transistor, resistor, dan LED inframerah. Berikut adalah cara memasangnya:

  1. Pertama-tama, tempatkan transistor di papan sirkuit dan solder kaki transistor.
  2. Setelah itu, tempatkan resistor di papan sirkuit dan solder kaki resistor.
  3. Terakhir, tempatkan LED inframerah di papan sirkuit dan solder kaki LED inframerah.

Setelah semua komponen sudah terpasang dengan baik, kamu bisa melanjutkan ke langkah berikutnya.

3. Membuat Remote Control

Setelah komponen sudah terpasang dengan baik pada papan sirkuit, kamu bisa membuat remote control dengan menggunakan remote control bekas. Berikut adalah cara membuat remote control:

  1. Langkah pertama, buka remote control bekas dan cari tempat di mana LED inframerah pada remote control bekas terletak.
  2. Setelah menemukan tempat LED inframerah, lepaskan LED inframerah dari remote control bekas dan potong kabel yang terhubung dengan LED inframerah.
  3. Jika sudah dipotong, kamu bisa menyolder kabel LED inframerah dengan kabel yang terdapat pada papan sirkuit yang sudah dibuat tadi.
  4. Setelah semua kabel sudah tersolder dengan baik, kamu bisa menutup kembali remote control bekas.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Teknologi Sederhana untuk Sekolah Dasar

Setelah remote control selesai dibuat, kamu bisa mencobanya dengan menggunakan televisi atau perangkat lain yang dapat dikendalikan melalui remote control.

4. FAQ

1. Apakah remote control sederhana ini dapat digunakan untuk semua perangkat?

Tidak, remote control sederhana ini hanya dapat digunakan untuk perangkat yang dapat dikendalikan melalui remote control inframerah seperti televisi, AC, dan lain sebagainya.

2. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat remote control sederhana ini?

Biaya yang diperlukan untuk membuat remote control sederhana ini relatif murah, sekitar 20 ribu rupiah saja.

3. Apakah remote control sederhana ini sulit dibuat?

Tidak, jika kamu memiliki pengetahuan dasar tentang elektronika dan memahami cara kerja remote control, maka remote control sederhana ini mudah untuk dibuat.

4. Apakah remote control sederhana ini dapat digunakan untuk remote control televisi merek apa saja?

Ya, remote control sederhana ini dapat digunakan untuk remote control televisi merek apa saja selama remote control tersebut menggunakan inframerah untuk pengendalian.

5. Kesimpulan

Dengan menggunakan komponen yang tepat dan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, kamu bisa membuat remote control sederhana sendiri di rumah. Selain dapat membantu mengurangi biaya untuk membeli remote control baru, membuat remote control sederhana juga dapat menjadi kegiatan yang menarik untuk dilakukan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Remote Control Sederhana