Cara Membuat Reel Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Bagaimana kabarmu? Pada artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat reel sederhana yang bisa kamu buat sendiri di rumah. Meskipun terlihat sederhana, reel bisa menjadi salah satu alat penting dalam memancing. Yuk simak cara membuatnya!

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat reel, kamu membutuhkan beberapa alat dan bahan yang diperlukan. Berikut ini adalah daftar alat dan bahan yang harus kamu persiapkan:

Alat
Bahan
Obeng
Dawai besi
Pisau cutter
Roda gigi kecil
Gunting kawat
Bolt dan mur
Pengebor
Plat kuningan

Dengan persiapan alat dan bahan yang cukup, kamu sudah bisa memulai membuat reel sederhana ini. Selanjutnya, mari kita mulai membuat reel!

2. Membuat Body Reel

Langkah pertama dalam membuat reel adalah membuat body reel-nya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

2.1 Potong Plat Kuningan

Pertama-tama, potong plat kuningan dengan menggunakan pisau cutter sesuai ukuran yang diinginkan. Kemudian, gunakan pengebor untuk membuat lubang di tengah plat kuningan. Lubang ini akan digunakan sebagai tempat meletakkan dawai besi.

2.2 Pasang Dawai Besi

Selanjutnya, pasang dawai besi di dalam lubang yang sudah dibuat. Pastikan dawai besi terpasang dengan kuat sehingga nantinya bisa digunakan untuk memutar reel.

2.3 Pasang Roda Gigi Kecil

Pasang roda gigi kecil di sebelah dawai besi. Gunakan bolt dan mur untuk memastikan roda gigi kecil terpasang dengan kuat.

2.4 Pasang Handle

Pasang handle di sebelah roda gigi kecil. Gunakan bolt dan mur untuk memastikan handle terpasang dengan kuat.

Dengan langkah-langkah di atas, body reel sudah berhasil dibuat. Selanjutnya, kita akan melanjutkan ke tahap selanjutnya.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Rakit PC Sederhana Beserta Gambar

3. Membuat Spool Reel

Setelah membuat body reel, selanjutnya kamu bisa membuat spool reel-nya. Berikut ini adalah langkah-langkahnya:

3.1 Potong Plat Kuningan

Potong plat kuningan dengan ukuran yang lebih kecil dari body reel. Ukuran plat kuningan ini akan menjadi spool reel.

3.2 Buat Lubang Tengah

Buat lubang di tengah spool reel dengan menggunakan pengebor. Lubang ini akan digunakan untuk memasang spool reel ke body reel.

3.3 Pasang Bolt dan Mur

Pasang bolt dan mur di sebelah spool reel. Tempatkan bolt dan mur di sisi yang berlawanan dari handle pada body reel.

Dengan langkah-langkah di atas, spool reel sudah berhasil dibuat. Selanjutnya, mari kita membuat bagian terakhir dari reel ini.

4. Membuat Drag Reel

Drag reel adalah bagian yang berguna untuk mengatur ketegangan pada pancingan. Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat drag reel:

4.1 Potong Plat Kuningan

Potong plat kuningan dengan ukuran yang lebih kecil dari spool reel. Potongan ini akan menjadi bagian atas dari drag reel.

4.2 Pasang Bolt dan Mur

Pasang bolt dan mur di bagian atas drag reel. Tempatkan bolt dan mur di sisi yang berlawanan dari bolt dan mur pada spool reel.

4.3 Pasang Bantalan

Pasang bantalan di atas bolt dan mur pada bagian atas drag reel.

4.4 Pasang Karet

Pasang karet pada bagian atas bantalan. Karet ini berfungsi untuk mengatur ketegangan pada pancingan.

Sekarang, reel sederhana yang kamu buat sudah siap digunakan. Tidak sulit, bukan? Semoga artikel ini bermanfaat untuk kamu, Sobat Sederhana!

FAQ

1. Apa saja keuntungan membuat reel sederhana?

Membuat reel sederhana bisa menjadi pengalaman yang menyenangkan dan menghemat biaya. Selain itu, kamu juga bisa menyesuaikan reel dengan kebutuhanmu.

TRENDING 🔥  Cara Menghias Kamar yang Sederhana

2. Apakah reel sederhana bisa dipakai untuk memancing?

Ya, reel sederhana juga bisa dipakai untuk memancing. Meskipun terlihat sederhana, reel ini bisa membantu kamu dalam menangkap ikan.

3. Berapa biaya untuk membuat reel sederhana?

Biaya untuk membuat reel sederhana tergantung dari bahan dan alat yang kamu beli. Namun, secara keseluruhan biaya untuk membuat reel sederhana jauh lebih murah dibandingkan dengan membeli reel yang sudah jadi di toko.

4. Apakah reel sederhana bisa digunakan untuk memancing di laut?

Reel sederhana cocok digunakan untuk memancing di perairan yang tidak terlalu dalam, seperti danau atau sungai. Namun, untuk memancing di laut sebaiknya menggunakan reel yang lebih kuat dan tahan air laut.

5. Bagaimana cara merawat reel sederhana?

Untuk merawat reel sederhana, kamu harus membersihkan reel setelah digunakan. Jangan biarkan reel terkena air atau asam karena bisa merusak reel. Selain itu, jangan lupa untuk melumasi bagian-bagian yang bergerak agar tetap berfungsi dengan baik.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Reel Sederhana