Cara Membuat Red Velvet Cake Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini saya ingin berbagi resep cara membuat Red Velvet Cake yang sederhana untuk kamu coba di rumah. Red Velvet Cake merupakan salah satu jenis kue yang sedang populer saat ini. Selain memiliki tampilan yang cantik dengan warna merah khasnya, rasa cake ini juga sangat lezat. Yuk, simak resepnya!

Bahan-bahan yang dibutuhkan

Berikut ini adalah bahan-bahan yang harus kamu siapkan untuk membuat Red Velvet Cake sederhana:

200 gram tepung terigu protein rendah
1 sendok makan cokelat bubuk
1 sendok teh baking powder
1/2 sendok teh garam
200 gram gula pasir
2 butir telur ayam
120 ml minyak sayur
1 sendok makan pasta vanilla
1 sendok teh cuka putih
1 botol pewarna makanan merah
120 ml susu cair
1 sendok teh baking soda

Langkah-langkah membuat Red Velvet Cake sederhana

1. Siapkan bahan-bahan yang dibutuhkan

Pertama-tama, siapkan semua bahan yang diperlukan untuk membuat Red Velvet Cake sederhana. Pastikan semua bahan sudah terukur dengan benar. Hal ini penting agar hasilnya bisa maksimal.

2. Campurkan tepung, cokelat bubuk, baking powder, dan garam

Setelah semua bahan terukur dengan benar, campurkan tepung terigu, cokelat bubuk, baking powder, dan garam ke dalam satu wadah. Aduk rata dengan menggunakan whisk atau saringan tepung. Sisihkan.

3. Kocok telur dan gula

Dalam wadah yang berbeda, kocok telur dan gula pasir hingga mengembang dan mengental. Gunakan mixer dengan kecepatan tinggi atau bisa juga menggunakan whisk atau sendok kayu.

4. Tambahkan minyak sayur dan pasta vanilla

Kemudian, tambahkan minyak sayur dan pasta vanilla ke dalam campuran telur dan gula. Aduk rata dengan menggunakan spatula atau sendok kayu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Biodata Sederhana dengan HTML

5. Tambahkan campuran tepung ke dalam campuran telur

Selanjutnya, masukkan campuran tepung yang telah disiapkan ke dalam campuran telur sedikit-sedikit sambil diaduk perlahan dengan spatula atau sendok kayu. Jangan terlalu banyak diaduk agar adonan tidak overmix.

6. Tambahkan cuka putih dan pewarna makanan merah

Tambahkan cuka putih dan pewarna makanan merah ke dalam adonan. Aduk rata hingga warnanya merata dan tercampur dengan sempurna.

7. Tambahkan susu cair dan baking soda

Terakhir, tambahkan susu cair dan baking soda ke dalam adonan. Aduk rata hingga tercampur dengan sempurna.

8. Tuang adonan ke dalam loyang

Siapkan loyang bulat dengan diameter 20 cm. Oles tipis dengan mentega atau margarin dan taburi tepung terigu. Tuangkan adonan ke dalam loyang. Ratakan permukaannya dengan spatula.

9. Panggang adonan di dalam oven

Letakkan loyang ke dalam oven yang telah dipanaskan terlebih dahulu dengan suhu 170 derajat Celsius. Panggang selama 30-35 menit atau hingga matang sempurna. Tes dengan menusukkan tusuk gigi ke dalam adonan. Jika tusuk gigi keluar bersih, berarti cake sudah matang.

10. Hias sesuai selera

Angkat cake dari oven dan biarkan dingin. Hias cake dengan buttercream atau cream cheese frosting sesuai selera. Red Velvet Cake siap disajikan.

FAQ tentang Red Velvet Cake sederhana

1. Apa itu Red Velvet Cake?

Red Velvet Cake merupakan salah satu jenis kue yang terbuat dari adonan kue yang dicampur dengan pewarna makanan merah sehingga menghasilkan warna merah khas. Selain itu, keunikan dari Red Velvet Cake adalah rasa yang lembut, lezat, dan moist.

2. Apakah Red Velvet Cake sulit dibuat?

Tidak. Red Velvet Cake sebenarnya cukup mudah dibuat asalkan kamu mengikuti resep dan langkah-langkah yang tepat.

TRENDING 🔥  Cara Menghilangkan Bulu Ketiak dengan Bahan Sederhana

3. Di mana saya bisa mendapatkan pewarna makanan merah?

Kamu bisa membeli pewarna makanan merah di supermarket atau toko kue terdekat.

4. Apakah saya bisa mengganti pewarna makanan merah dengan pewarna lain?

Tentu saja. Kamu bisa mengganti pewarna makanan merah dengan pewarna makanan lain yang sesuai dengan selera dan keinginanmu.

5. Apakah Red Velvet Cake cocok untuk dijadikan kue ulang tahun?

Tentu saja. Red Velvet Cake cocok untuk dijadikan kue ulang tahun atau kue lainnya karena memiliki tampilan yang cantik dan rasanya yang lezat.

Penutup

Demikianlah resep cara membuat Red Velvet Cake sederhana yang bisa kamu coba di rumah. Jangan lupa untuk mengikuti langkah-langkah dengan benar agar hasilnya maksimal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Red Velvet Cake Sederhana