Cara Membuat Rawon Sapi Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, apa kabar? Kali ini kita akan membahas resep cara membuat rawon sapi sederhana yang enak dan mudah untuk dibuat di rumah. Rawon sapi adalah salah satu masakan khas Indonesia yang terkenal dengan bumbu kacangnya yang kaya akan rempah-rempah. Yuk, kita langsung saja mulai membuatnya!

Bahan-bahan

Sebelum memulai membuat rawon sapi, pastikan Sobat Sederhana sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut adalah bahan-bahan yang harus disiapkan:

Nama Bahan
Jumlah
Daging sapi
500 gram
Bawang putih
10 siung
Bawang merah
10 siung
Cabe merah keriting
10 buah
Terasi
1 sendok teh
Jahe
2 ruas jari
Kelapa parut
1 buah
Gula merah
1 potong
Kecap manis
2 sendok makan
Garam
secukupnya
Air
secukupnya

Pastikan semua bahan sudah siap dan terukur dengan baik agar proses pengolahan lebih mudah.

Langkah Pertama: Membuat Bumbu Halus

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat bumbu halus. Caranya cukup mudah, Sobat Sederhana hanya perlu menghaluskan bawang putih, bawang merah, cabe merah keriting, jahe, dan terasi dengan blender atau ulekan. Setelah itu, tumis bumbu halus tersebut dengan sedikit minyak goreng hingga harum.

Tips:

Agar bumbu halus lebih mudah dihaluskan, Sobat Sederhana dapat memotong semua bahan menjadi ukuran yang sama sebelum dihaluskan. Selain itu, jangan lupa untuk menambahkan sedikit air agar bumbu tidak gosong saat ditumis.

Langkah Kedua: Merebus Daging Sapi

Setelah bumbu halus sudah dibuat, saatnya merebus daging sapi. Caranya sangat mudah, Sobat Sederhana hanya perlu merebus daging sapi dalam air mendidih hingga empuk. Setelah itu, tiriskan daging sapi dan potong-potong sesuai selera.

Tips:

Untuk membuat daging sapi lebih cepat empuk, Sobat Sederhana bisa menambahkan sedikit air jeruk nipis atau menggunakan panci presto dalam proses merebus daging sapi.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Coklat yang Berasal dari Buahnya

Langkah Ketiga: Membuat Kuah Rawon

Setelah daging sapi sudah empuk, saatnya membuat kuah rawon. Pertama, sobat sederhana dapat menumis bumbu halus yang sudah dibuat tadi hingga harum. Setelah itu, tambahkan kelapa parut ke dalam tumisan bumbu halus tersebut. Aduk rata dan masak hingga kelapa parut berubah warna menjadi kuning kecoklatan.

Setelah kelapa parut matang, tambahkan gula merah, garam, dan kecap manis ke dalam tumisan bumbu halus dan kelapa parut tersebut. Aduk rata dan masak hingga bumbu meresap ke dalam kelapa parut.

Setelah bumbu sudah agak kering dan berminyak, tambahkan potongan daging sapi yang sudah direbus ke dalam tumisan bumbu halus tersebut. Aduk rata dan masak hingga daging sapi terlihat berwarna hitam kecoklatan dan bumbu meresap sempurna ke dalam daging sapi.

Setelah itu, tambahkan air secukupnya ke dalam tumisan bumbu halus dan daging sapi tersebut. Aduk rata dan masak hingga kuah rawon menjadi mendidih dan rasanya meresap sempurna.

Tips:

Untuk membuat kuah rawon lebih gurih, Sobat Sederhana bisa menambahkan sedikit kaldu sapi atau ayam ke dalam kuah rawon.

Langkah Terakhir: Menyajikan Rawon Sapi

Setelah kuah rawon sudah matang, saatnya menyajikan rawon sapi. Caranya cukup mudah, sobat sederhana hanya perlu menyiapkan mangkuk dan nasi. Letakkan nasi di dalam mangkuk, lalu siram nasi dengan kuah rawon yang sudah matang. Setelah itu, tambahkan potongan daging sapi ke atas kuah rawon dan nasi yang telah disiapkan.

Rawon sapi sederhana yang enak dan gurih siap disajikan! Sobat Sederhana bisa menambahkan sedikit serundeng atau emping sebagai pelengkap agar rasanya lebih lezat.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Apakah rawon sapi sulit dibuat?

Tidak, rawon sapi sebenarnya cukup mudah dibuat asalkan Sobat Sederhana sudah menyiapkan semua bahan dan mengikuti langkah-langkahnya dengan baik. Kesabaran dalam membuat rawon sapi juga dibutuhkan karena memasak daging sapi hingga empuk memerlukan waktu yang cukup lama.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Bubur Enak Sederhana

2. Apakah rawon sapi bisa disimpan dalam lemari es?

Ya, rawon sapi bisa disimpan dalam lemari es selama maksimal 2-3 hari. Sobat Sederhana bisa memanaskan kembali rawon sapi tersebut sebelum disajikan agar rasanya tetap enak.

3. Apa yang bisa dijadikan pelengkap untuk rawon sapi?

Selain nasi, pelengkap yang biasa digunakan untuk rawon sapi adalah emping, serundeng, irisan bawang goreng, dan sambal.

4. Apakah rawon sapi pedas?

Rawon sapi sebenarnya tidak terlalu pedas, namun tingkat kepedasannya dapat disesuaikan dengan selera masing-masing. Jika Sobat Sederhana tidak suka makanan yang terlalu pedas, cukup kurangi jumlah cabe merah keriting yang digunakan.

5. Apa yang membuat rawon sapi berwarna hitam?

Rawon sapi berwarna hitam karena penggunaan kluwek dalam bumbunya. Kluwek adalah buah yang tumbuh di pohon kluwih dan memiliki kulit luar berwarna hitam. Kluwek ini digunakan sebagai pewarna alami dan bumbu masakan khas Indonesia yang membuat rawon sapi menjadi berwarna hitam.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya!

Cara Membuat Rawon Sapi Sederhana untuk Sobat Sederhana