Cara Membuat Ramen Korea Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Bagi pecinta kuliner, pasti sudah tidak asing lagi dengan ramen Korea yang lezat dan menggugah selera. Namun, tahukah Anda bahwa Anda bisa membuat ramen Korea sendiri di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat? Di artikel ini, kami akan mengajarkan cara membuat ramen Korea sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Yuk, simak!

1. Mengenal Ramen Korea

Sebelum kita memulai resep, mari kita kenali terlebih dahulu apa itu ramen Korea. Ramen Korea adalah masakan mie instan dengan kuah khas Korea yang gurih dan pedas. Ramen ini biasanya disajikan dengan irisan daging sapi, telur, sayuran, dan bumbu-bumbu Korea yang khas.

Terdapat berbagai varian ramen Korea yang bisa Anda temukan di pasaran, seperti Samyang, Nongshim, dan masih banyak lagi. Namun, pada artikel ini kita akan membuat ramen Korea sendiri dengan bahan-bahan yang sederhana dan mudah didapat. Yuk, lanjut ke resepnya!

2. Bahan-Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat ramen Korea, pastikan Anda sudah menyiapkan bahan-bahan berikut:

Bahan
Jumlah
Mie ramen instan
1 bungkus
Daun bawang
1 batang, iris halus
Kacang polong
100 gram
Daging sapi
100 gram, iris tipis
Bawang putih
3 siung, cincang halus
Bawang bombay
1/2 buah, iris tipis
Lada hitam
1/2 sendok teh
Cabe merah
3 buah, iris halus
Jahe
1/2 sendok teh, cincang halus
Kecap asin
1 sendok makan
Garam
secukupnya
Air
500 ml

3. Cara Membuat Ramen Korea

Berikut adalah langkah-langkah cara membuat ramen Korea yang sederhana:

Langkah 1: Rebus mie ramen instan hingga setengah matang

Pertama-tama, rebus mie ramen instan hingga setengah matang. Tiriskan dan sisihkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kincir Layangan Sederhana

Langkah 2: Tumis bawang putih, bawang bombay, cabe merah, dan jahe

Panaskan minyak di wajan, lalu tumis bawang putih, bawang bombay, cabe merah, dan jahe hingga harum. Tambahkan daging sapi, kacang polong, dan lada hitam. Masak hingga daging sapi matang.

Langkah 3: Tambahkan air dan kecap asin, masak hingga mendidih

Tambahkan air dan kecap asin ke dalam wajan. Aduk rata dan masak hingga mendidih.

Langkah 4: Masukkan mie ramen instan dan daun bawang

Tambahkan mie ramen instan yang sudah direbus ke dalam wajan dan aduk rata. Masak hingga mie matang. Tambahkan daun bawang dan aduk rata. Angkat dari api.

Langkah 5: Sajikan

Ramen Korea sederhana siap dihidangkan. Sajikan dalam mangkuk dan nikmati dengan irisan telur atau sayuran sesuai selera.

4. FAQ

1. Apa bedanya ramen Korea dengan ramen Jepang?

Ramen Korea memiliki kuah yang gurih dan pedas, sedangkan ramen Jepang memiliki kuah yang lebih ringan dan tidak terlalu pedas. Bahan-bahan kuah juga berbeda, dengan ramen Jepang lebih menggunakan bawang putih dan miso, sedangkan ramen Korea lebih menggunakan bawang bombay dan gochujang.

2. Bisakah bahan-bahan yang digunakan di resep ini diubah?

Tentu saja. Anda bisa menyesuaikan bahan-bahan yang digunakan di resep ini sesuai selera. Misalnya, Anda bisa mengganti daging sapi dengan ayam atau seafood, atau menambahkan sayuran lainnya seperti wortel atau jamur.

3. Apakah ramen Korea sulit dibuat?

Tidak. Resep ramen Korea sederhana ini sangat mudah dan bisa dilakukan di rumah dengan bahan-bahan yang mudah didapat di supermarket atau pasar tradisional.

5. Kesimpulan

Itulah resep cara membuat ramen Korea sederhana yang bisa Anda coba di rumah. Dengan resep ini, Anda bisa menikmati masakan mie instan yang lezat dan pedas tanpa harus keluar rumah. Selamat mencoba dan semoga berhasil!

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Mengecilkan Perut

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Ramen Korea Sederhana