Cara Membuat Ramen Jepang Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Bagi penggemar kuliner Jepang, mungkin tidak asing dengan salah satu menu andalan dari negeri Sakura ini, yaitu Ramen. Ramen sendiri merupakan masakan mie Jepang yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih serta diberi tambahan berbagai topping seperti ayam suwir, jamur, nori, dan sebagainya. Bagi kalian yang ingin mencoba membuat Ramen Jepang sendiri di rumah, berikut ini adalah cara mudah dan sederhana untuk membuat Ramen Jepang yang lezat.

Bahan-Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai proses pembuatan Ramen Jepang, tentunya kalian harus menyiapkan berbagai bahan terlebih dahulu. Berikut adalah bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ramen Jepang yang sederhana:

Daftar Bahan
Jumlah
Mie Ramen
2 bungkus
Air
2 liter
Bawang putih
5 siung, cincang halus
Jahe
2 ruas jari, geprek
Bawang bombay
1 buah, iris tipis
Kaldu ayam
2 sendok teh
Kecap asin
2 sendok makan
Merica bubuk
secukupnya
Garam
secukupnya
Ayam suwir
secukupnya
Wortel
1 buah, iris tipis
Jamur shitake
secukupnya
Kol
secukupnya
Nori
secukupnya
Toge
secukupnya
Minyak wijen
2 sendok teh

Cara Membuat Ramen Jepang

1. Membuat Kuah Kaldu

Langkah pertama dalam membuat Ramen Jepang adalah membuat kuah kaldu yang gurih. Berikut adalah cara membuat kuah kaldu yang enak dan lezat:

A. Menyiapkan Bahan-bahan

Siapkan bawang putih, jahe, dan bawang bombay. Cincang halus bawang putih dan iris tipis bawang bombay. Sementara itu, geprek jahe agar aromanya lebih terasa.

B. Merebus Air

Masukkan air ke dalam panci dan biarkan mendidih. Setelah air mendidih, masukkan bawang putih, jahe, dan bawang bombay ke dalam panci. Masak sebentar hingga bumbu tercampur rata.

C. Menambahkan Kaldu Ayam

Tambahkan kaldu ayam ke dalam panci dan aduk rata. Kemudian, tambahkan kecap asin dan merica bubuk. Aduk kembali hingga bumbu tercampur rata. Biarkan kuah kaldu mendidih selama 15-20 menit.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kandang Sederhana

D. Memasak Mie Ramen

Sementara itu, rebus mie ramen dalam panci yang berbeda hingga matang. Tiriskan mie ramen dan sisihkan.

E. Menyiapkan Toping

Iris tipis wortel, jamur shitake, dan kol. Siapkan juga nori dan toge sebagai toping.

F. Menyajikan Ramen Jepang

Sajikan kuah kaldu dalam mangkuk. Masukkan mie ramen ke dalam mangkuk yang sama dengan kuah kaldu. Tambahkan ayam suwir, wortel, jamur shitake, kol, nori, dan toge sebagai toping. Taburkan minyak wijen di atas ramen Jepang yang sudah jadi.

2. Tips Membuat Ramen Jepang yang Lezat

Membuat Ramen Jepang yang lezat memang tidak mudah. Ada beberapa tips yang dapat kalian lakukan untuk membuat Ramen Jepang yang enak dan lezat:

A. Gunakan Bahan yang Berkualitas

Pilihlah bahan-bahan yang berkualitas untuk membuat Ramen Jepang. Sebaiknya gunakan mie ramen dan kaldu ayam yang tidak mengandung bahan pengawet dan pewarna buatan.

B. Kuah Kaldu yang Gurih

Kunci dari rasa lezat dari Ramen Jepang terletak pada kuah kaldu yang gurih. Oleh karena itu, usahakan membuat kuah kaldu yang enak dan lezat agar Ramen Jepangmu semakin nikmat.

C. Tambahkan Berbagai Toping

Berbagai toping seperti ayam suwir, jamur, toge, dan nori dapat menambah cita rasa dari Ramen Jepangmu. Gunakanlah toping yang sesuai dengan selera kalian.

D. Taburkan Minyak Wijen

Taburkan sedikit minyak wijen di atas Ramen Jepang yang sudah jadi agar semakin nikmat.

FAQ

1. Apa itu Ramen Jepang?

Ramen adalah masakan mie Jepang yang disajikan dengan kuah kaldu yang gurih serta diberi tambahan berbagai topping seperti ayam suwir, jamur, nori, dan sebagainya.

2. Apa bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ramen Jepang?

Bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat Ramen Jepang adalah mie ramen, air, bawang putih, jahe, bawang bombay, kaldu ayam, kecap asin, merica bubuk, garam, ayam suwir, wortel, jamur shitake, kol, nori, dan toge.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Memingsankan Ikan Nila

3. Apa tips untuk membuat Ramen Jepang yang lezat?

Beberapa tips untuk membuat Ramen Jepang yang lezat adalah menggunakan bahan yang berkualitas, membuat kuah kaldu yang gurih, menambahkan berbagai toping, dan menaburkan minyak wijen di atas Ramen Jepang yang sudah jadi.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Ramen Jepang Sederhana