Cara Membuat Radio Sederhana dari Barang Bekas

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kalian ingin membuat radio sederhana sendiri dari barang bekas? Tidak perlu khawatir, karena dalam artikel kali ini kita akan membahas cara membuat radio sederhana dari barang bekas dengan langkah-langkah yang mudah diikuti.

1. Menyiapkan Bahan dan Alat yang Diperlukan

Sebelum memulai membuat radio sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan bahan dan alat yang diperlukan terlebih dahulu. Berikut adalah daftar bahan dan alat yang Sobat Sederhana perlu siapkan:

Bahan
Alat
Antena
Pisau cutter
Tuner radio FM
Gunting
Speaker mini
Solder
Baterai 9V
Soldering iron
Kabel listrik
Multitester
PCB board

Setelah semua bahan dan alat sudah disiapkan, langkah selanjutnya adalah memulai membuat radio sederhana.

2. Membuat PCB Board

Langkah pertama adalah membuat PCB board yang akan digunakan sebagai rangkaian pada radio sederhana. Berikut adalah langkah-langkah cara membuat PCB board:

2.1. Menandai PCB Board

Pertama, Sobat Sederhana perlu menandai PCB board dengan ukuran 10 x 7 cm menggunakan pisau cutter. Kemudian, potong PCB board sesuai dengan ukuran yang sudah ditandai tadi menggunakan gunting.

2.2. Membuat Lubang pada PCB Board

Langkah selanjutnya adalah membuat lubang pada PCB board yang sudah dipotong. Sobat Sederhana bisa menggunakan pisau cutter atau kawat untuk membuat lubang pada PCB board.

2.3. Merangkai Rangkaian pada PCB Board

Setelah semua lubang pada PCB board sudah dibuat, Sobat Sederhana dapat mulai merangkai rangkaian yang akan digunakan pada radio sederhana. Langkah membuat rangkaian akan dijelaskan pada sub judul berikutnya.

3. Merakit Rangkaian pada PCB Board

Selanjutnya adalah merakit rangkaian pada PCB board yang sudah dibuat. Berikut adalah langkah-langkah cara merakit rangkaian pada PCB board:

TRENDING 🔥  Cara Make Up Sederhana ke Sekolah

3.1. Merakit Tuner Radio FM

Pertama-tama, Sobat Sederhana perlu menyolder tuner radio FM pada PCB board. Tuner radio FM ini berfungsi untuk menangkap sinyal radio FM.

3.2. Merakit Speaker Mini

Langkah selanjutnya adalah merakit speaker mini pada PCB board. Speaker mini ini berfungsi sebagai pengeras suara pada radio sederhana.

3.3. Merakit Antena

Sobat Sederhana juga perlu menyolder antena yang sudah disiapkan pada PCB board. Antena ini berfungsi sebagai penerima sinyal radio FM.

4. Pemasangan Kabel pada Rangkaian

Setelah semua komponen dipasang pada PCB board, Sobat Sederhana perlu melakukan pemasangan kabel pada rangkaian. Berikut adalah cara melakukan pemasangan kabel pada rangkaian:

4.1. Memasang Kabel pada Tuner Radio FM

Pertama-tama, pasang kabel pada tuner radio FM yang sudah dirakit pada PCB board. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan tuner radio FM dengan speaker mini dan antena.

4.2. Memasang Kabel pada Speaker Mini

Selanjutnya, pasang kabel pada speaker mini yang sudah dirakit pada PCB board. Kabel ini berfungsi untuk menghubungkan speaker mini dengan tuner radio FM dan baterai 9V.

4.3. Memasang Kabel pada Baterai 9V

Terakhir, pasang kabel pada baterai 9V pada PCB board. Kabel ini berfungsi sebagai sumber listrik pada radio sederhana.

5. Finishing dan Uji Coba Radio Sederhana

Setelah semua kabel terpasang dengan benar, langkah terakhir adalah melakukan finishing pada radio sederhana yang sudah dibuat dan melakukan uji coba. Berikut adalah cara melakukan finishing pada radio sederhana:

5.1. Memasang Semua Komponen pada Casing

Pertama-tama, pasang semua komponen yang sudah dipasang pada PCB board ke dalam casing yang sudah disiapkan. Pastikan semua komponen terpasang dengan baik dan rapi.

TRENDING 🔥  Cara Buat Program Sederhana Data Karyawan dengan Access

5.2. Menutup Casing

Setelah semua komponen terpasang dengan baik, tutup casing radio sederhana dengan menggunakan sekrup. Pastikan casing tertutup dengan rapat agar radio sederhana dapat berfungsi dengan baik.

5.3. Uji Coba Radio Sederhana

Terakhir, lakukan uji coba pada radio sederhana yang sudah dibuat dengan cara menyalakan baterai 9V yang sudah terpasang pada PCB board. Setelah itu, pasangkan antena dan atur tuner radio FM ke frekuensi yang diinginkan. Jika semua langkah berhasil dilakukan dengan benar, maka radio sederhana yang sudah dibuat bisa berfungsi dengan baik.

FAQ

1. Apa saja bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat radio sederhana?

Bahan dan alat yang diperlukan untuk membuat radio sederhana antara lain: Antena, Tuner radio FM, Speaker mini, Baterai 9V, Kabel listrik, dan PCB board.

2. Apa kegunaan tuner radio FM pada radio sederhana?

Tuner radio FM pada radio sederhana berfungsi untuk menangkap sinyal radio FM.

3. Bagaimana cara merakit speaker mini pada rangkaian radio sederhana?

Untuk merakit speaker mini pada rangkaian radio sederhana, Sobat Sederhana perlu menyolder speaker mini pada PCB board dan memasang kabel pada speaker mini.

4. Apa yang perlu dilakukan jika radio sederhana tidak berfungsi dengan baik setelah dirakit?

Jika radio sederhana tidak berfungsi dengan baik setelah dirakit, Sobat Sederhana perlu memeriksa kembali pemasangan komponen dan kabel pada rangkaian. Pastikan semua komponen terpasang dengan baik dan benar.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Radio Sederhana dari Barang Bekas