Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Daun Kering untuk Sobat Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Apakah Anda memiliki kebun atau tanaman di rumah yang butuh nutrisi lebih? Salah satu cara untuk memberikan nutrisi ekstra pada tanaman adalah dengan menggunakan pupuk kompos. Namun, membeli pupuk kompos di toko pertanian bisa menjadi cukup mahal. Oleh karena itu, dalam artikel ini, kami akan membahas bagaimana cara membuat pupuk kompos sederhana dari daun kering sendiri di rumah.

Apa itu Pupuk Kompos dan Mengapa Anda Harus Membuatnya Sendiri?

Sebelum membahas lebih jauh tentang cara membuat pupuk kompos, mari kita bahas apa itu pupuk kompos dan mengapa Anda harus membuatnya sendiri. Pupuk kompos adalah campuran bahan organik seperti daun kering, rumput, sisa makanan, dan lain-lain yang terurai menjadi bahan pupuk yang kaya akan nutrisi bagi tanaman.

Membuat pupuk kompos sendiri memiliki banyak manfaat, antara lain:

  1. Mengurangi limbah organik di rumah Anda
  2. Menghemat biaya dalam membeli pupuk
  3. Menambahkan nutrisi organik pada tanah yang dapat meningkatkan kualitas tanaman dan hasil panen

Bahan yang Dibutuhkan

Untuk membuat pupuk kompos sederhana dari daun kering, Anda memerlukan beberapa bahan sebagai berikut:

Bahan
Jumlah
Daun kering
20 kg
Rumput segar
5 kg
Jerami
5 kg
Sisa makanan hijau
5 kg
Bakteri pengurai
1 kg

Anda dapat mendapatkan semua bahan di atas dengan mudah. Daun kering dapat Anda dapatkan dari dedaunan di sekitar rumah, rumput segar dapat dicari di lapangan atau taman, jerami biasanya tersedia di toko pertanian, dan sisa makanan hijau seperti kulit buah dan sayuran dapat Anda simpan dari sisa makanan di dapur.

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Daun Kering

1. Siapkan Wadah Kompos

Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyiapkan wadah kompos. Wadah kompos dapat berupa drum, kotak kayu, atau bahkan ember besar yang memiliki lubang-lubang kecil di dindingnya untuk sirkulasi udara.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Mok Yang Jong Sederhana

2. Persiapkan Bahan-bahan

Setelah menyiapkan wadah kompos, Anda dapat mempersiapkan semua bahan yang dibutuhkan seperti yang telah disebutkan di atas.

3. Potong Bahan

Potong semua bahan menjadi ukuran kecil agar lebih mudah terurai. Potong jerami menjadi panjang sekitar 5-10 cm, rumput segar menjadi panjang sekitar 2-5 cm, dan sisa makanan hijau menjadi potongan kecil agar lebih mudah terurai.

4. Tumpuk Bahan

Tumpuk semua bahan secara bergantian di wadah kompos. Mulailah dengan menumpuk daun kering di bagian bawah, kemudian potongan rumput segar, jerami, dan sisa makanan hijau. Ulangi proses ini hingga semua bahan habis dan bentuk tumpukan setinggi sekitar 1 meter.

5. Tambahkan Bakteri Pengurai

Tambahkan bakteri pengurai yang telah Anda beli atau dapatkan dari toko pertanian. Bakteri pengurai membantu mempercepat proses pengomposan dan memastikan campuran bahan organik hancur dan terurai menjadi pupuk kompos yang berkualitas.

6. Biarkan Campuran Beristirahat

Biarkan campuran bahan organik dan bakteri pengurai beristirahat dan terurai selama 4-6 minggu. Proses ini dapat berlangsung lebih cepat atau lebih lambat tergantung pada suhu dan kelembaban di sekitar wadah kompos. Pastikan untuk mengecek kelembaban dan suhu secara teratur dan tambahkan air jika diperlukan.

7. Aduk Campuran

Aduk campuran bahan organik secara teratur untuk memastikan semua bahan terurai dengan baik dan memastikan sirkulasi udara yang baik di dalam wadah kompos. Aduk campuran setiap 1-2 minggu sekali.

FAQ (Pertanyaan yang Sering Diajukan)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat pupuk kompos?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat pupuk kompos tergantung pada banyak faktor, seperti ukuran dan jenis bahan organik, suhu dan kelembaban di sekitar wadah kompos, dan bakteri pengurai. Namun, secara umum, waktu yang dibutuhkan untuk membuat pupuk kompos adalah sekitar 4-6 minggu.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Alat Tetas Telur Ayam Sederhana

2. Apa yang harus saya lakukan jika bau dari wadah kompos terlalu menyengat?

Apabila bau dari wadah kompos terlalu menyengat, hal ini bisa dipengaruhi oleh kelembaban yang terlalu tinggi atau paparan sinar matahari yang berlebihan. Coba tambahkan lebih banyak bahan yang terurai ke dalam wadah kompos dan pastikan wadah kompos Anda terlindung dari sinar matahari langsung.

3. Bisakah saya membuat pupuk kompos dari bahan selain daun kering?

Tentu saja! Anda dapat membuat pupuk kompos dari berbagai bahan organik seperti rumput segar, jerami, sisa makanan, dan lain-lain. Namun, pastikan untuk memperhatikan proporsi dan tidak menambahkan bahan yang dapat menimbulkan bau tidak sedap seperti daging atau tulang sapi.

4. Dapatkah saya menambahkan pupuk kimia ke dalam pupuk kompos?

Tidak disarankan. Pupuk kompos seharusnya sudah cukup mengandung nutrisi yang dibutuhkan oleh tanaman. Menambahkan pupuk kimia hanya akan merusak keseimbangan bahan organik dalam pupuk kompos dan bahkan dapat merusak tanaman.

Kesimpulan

Membuat pupuk kompos sederhana dari daun kering bisa menjadi solusi yang baik untuk memberikan nutrisi ekstra pada tanaman di rumah Anda. Dengan beberapa bahan yang mudah didapatkan dan beberapa langkah sederhana, Anda dapat membuat sendiri pupuk kompos yang berkualitas. Selain itu, membuat pupuk kompos dari daun kering juga dapat mengurangi limbah organik di rumah Anda dan menghemat biaya membeli pupuk. Semoga artikel ini bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pupuk Kompos Sederhana dari Daun Kering untuk Sobat Sederhana