Cara Membuat Pupuk AB Mix Sederhana

Hello Sobat Sederhana! Di artikel kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat pupuk AB mix sederhana yang bisa kamu gunakan untuk memaksimalkan hasil panen tanaman atau sayuran yang kamu tanam di kebun atau pot. Pupuk AB mix sederhana adalah salah satu jenis pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami yang mudah didapat dan aman bagi lingkungan. Tanpa berlama-lama lagi, mari kita simak langkah-langkah pembuatannya.

1. Apa itu Pupuk AB Mix

Pupuk AB mix adalah salah satu jenis pupuk yang terbuat dari bahan-bahan alami seperti pupuk kandang, sekam, abu, dan bahan organik lainnya. Pupuk AB mix ini mengandung unsur nitrogen, fosfor, dan kalium yang sangat dibutuhkan oleh tanaman untuk tumbuh dan berkembang dengan baik. Dengan menggunakan pupuk AB mix sederhana, kamu bisa memaksimalkan hasil panen tanaman atau sayuran yang kamu tanam tanpa perlu khawatir akan adanya bahan kimia berbahaya.

2. Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Nama Bahan
Jumlah
Pupuk kandang
2 kg
Sekam
5 kg
Abu
1 kg
Daun kering atau jerami
5 kg
Em4 (opsional)
50 ml

Persiapkan semua bahan diatas dengan jumlah yang sesuai. Pastikan semua bahan sudah bersih dan bebas dari kotoran atau benda asing lainnya.

3. Langkah-langkah Membuat Pupuk AB Mix Sederhana

a. Campurkan Pupuk Kandang dengan Sekam

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah mencampurkan pupuk kandang dengan sekam. Campurkan dua bahan tersebut dengan perbandingan 1:2. Aduk hingga rata menggunakan tangan atau alat pengaduk.

b. Tambahkan Abu

Setelah bahan pupuk kandang dan sekam tercampur rata, tambahkan abu kedalam campuran tersebut. Tambahkan abu dengan takaran 1 kg dan aduk hingga rata.

TRENDING 🔥  Cara Kerja Regresi Linier Sederhana Animasi

c. Tambahkan Daun Kering atau Jerami

Selanjutnya, tambahkan daun kering atau jerami kedalam campuran tersebut. Tambahkan dengan takaran 5 kg dan aduk hingga rata.

d. Tambahkan EM4 (Opsional)

Bila kamu ingin hasil yang lebih maksimal, kamu bisa menambahkan EM4 kedalam campuran tersebut. Tambahkan sebanyak 50 ml dan aduk hingga rata. EM4 sendiri adalah salah satu jenis mikroorganisme yang sangat berguna bagi tanah dan tanaman.

e. Biarkan Campuran Meresap

Setelah semua bahan dicampur dengan rata, biarkan campuran tersebut meresap selama 1-2 minggu. Campuran yang sudah meresap siap digunakan sebagai pupuk AB mix sederhana.

4. Cara Menggunakan Pupuk AB Mix Sederhana

Cara menggunakan pupuk AB mix sederhana sangatlah mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan pupuk tersebut kedalam tanah atau media tanam yang kamu gunakan. Tambahkan dengan takaran yang sesuai dengan jenis tanaman atau sayuran yang kamu tanam. Sebagai contoh, untuk tanaman cabai atau tomat yang membutuhkan banyak nutrisi, kamu bisa menambahkan pupuk AB mix sebanyak 1,5 kg per tanaman. Untuk tanaman lain, kamu bisa menyesuaikan takaran yang dibutuhkan.

5. FAQ

1. Apa saja bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pupuk AB mix sederhana?

Untuk membuat pupuk AB mix sederhana, kamu membutuhkan pupuk kandang, sekam, abu, daun kering atau jerami, dan EM4 (opsional).

2. Apa keuntungan menggunakan pupuk AB mix sederhana?

Penggunaan pupuk AB mix sederhana memiliki beberapa keuntungan, di antaranya adalah ramah lingkungan, mudah didapat, dan aman untuk tanaman dan manusia.

3. Berapa lama campuran pupuk AB mix perlu meresap?

Campuran pupuk AB mix perlu meresap selama 1-2 minggu sebelum bisa digunakan sebagai pupuk.

4. Apa cara menggunakan pupuk AB mix sederhana?

Cara menggunakan pupuk AB mix sederhana sangat mudah. Kamu hanya perlu mencampurkan pupuk tersebut kedalam tanah atau media tanam yang kamu gunakan dengan takaran yang sesuai.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Levitasi Magnet Sederhana

5. Berapa takaran pupuk AB mix yang dibutuhkan untuk jenis tanaman tertentu?

Takaran pupuk AB mix yang dibutuhkan untuk setiap jenis tanaman atau sayuran berbeda-beda. Kamu bisa menyesuaikan takaran yang dibutuhkan.

6. Kesimpulan

Dengan menggunakan pupuk AB mix sederhana, kamu bisa memaksimalkan hasil panen tanaman atau sayuran yang kamu tanam dengan bahan-bahan alami yang mudah didapat dan aman bagi lingkungan. Selain itu, cara pembuatannya pun sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri di rumah. Semoga artikel ini bermanfaat bagi Sobat Sederhana yang ingin mencoba membuat pupuk AB mix sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pupuk AB Mix Sederhana