Cara Membuat Puding Ubi Ungu Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasakan sensasi manis dan lembut dari puding ubi ungu? Ya, puding yang terbuat dari ubi ungu ini sangat cocok disajikan di berbagai acara, seperti ulang tahun, arisan, atau sekadar menemani waktu santai dengan keluarga. Nah, kali ini kita akan berbagi resep cara membuat puding ubi ungu sederhana yang bisa kamu praktekkan di rumah. Yuk, simak langkah-langkahnya!

Bahan-bahan yang Diperlukan

Bahan-bahan yang kamu butuhkan untuk membuat puding ubi ungu ini cukup sederhana dan mudah didapatkan di pasar tradisional atau supermarket terdekat. Berikut adalah daftar bahan yang diperlukan:

Bahan
Jumlah
Ubi ungu
300 gram
Gula pasir
100 gram
Santan kental
400 ml
Maizena
2 sendok makan
Garam
sejumput
Air matang
500 ml

Cara Membuat Puding Ubi Ungu Sederhana

1. Menyiapkan Ubi Ungu

Pertama-tama, kamu harus membersihkan ubi ungu dengan air mengalir hingga bersih. Setelah itu, kupas ubi dan potong-potong menjadi bagian kecil.

Setelah ubi dipotong-potong, kamu bisa memasukkannya ke dalam panci dan tambahkan air secukupnya. Kemudian, rebus ubi hingga empuk.

2. Membuat Saus Santan

Untuk membuat saus santan, kamu bisa mencampurkan gula pasir, maizena, dan garam ke dalam wadah yang berbeda. Aduk-aduk hingga merata.

Lalu, tuangkan santan kental ke dalam panci dan tambahkan bahan-bahan yang telah dicampurkan tadi. Aduk sampai tercampur rata.

3. Mengolah Ubi Ungu

Setelah ubi empuk, tiriskan airnya dan masukkan ubi ke dalam blender. Blender ubi hingga halus dan lembut.

Setelah itu, campurkan ubi yang telah di-blender dengan saus santan yang telah dibuat tadi. Aduk hingga tercampur rata.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Klinometer Sederhana dari Busur untuk Sobat Sederhana

4. Memasak Puding Ubi Ungu

Langkah terakhir adalah memasak campuran ubi dan santan kental tadi. Tuangkan campuran tersebut ke dalam panci dan masak di atas api kecil sambil terus diaduk hingga meletup-letup.

Setelah meletup-letup, matikan api dan tuangkan campuran puding ke dalam cetakan yang telah disiapkan. Biarkan dingin hingga puding mengeras.

FAQ

1. Bisa gak ubi ungu diganti dengan ubi jalar?

Bisa. Namun, jangan lupa sesuaikan jumlah bahan dan proses pengolahannya agar hasil akhirnya tetap enak dan lezat.

2. Kenapa puding ubi ungu saya jadi tidak mengeras?

Hal ini bisa terjadi karena kamu tidak menggunakan maizena dengan benar. Pastikan kamu mengikuti takaran dan langkah-langkahnya dengan tepat.

3. Boleh gak ditambahkan buah-buahan atau kismis di dalam puding?

Tentu saja boleh. Kamu bisa menambahkan buah-buahan atau kismis sesuai selera untuk memberikan rasa dan aroma yang lebih segar pada puding ubi ungu.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Puding Ubi Ungu Sederhana