Cara Membuat Proyektor Sederhana Tanpa Kaca Pembesar

Halo Sobat Sederhana! Pernahkah kamu merasakan kesulitan menggunakan proyektor karena kaca pembesarnya rusak atau hilang? Jangan khawatir, kali ini kita akan belajar cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar. Dengan tutorial ini, kamu dapat membuat proyektor yang mudah digunakan dan tentunya tidak membutuhkan biaya yang besar. Jadi, langsung saja kita simak cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar berikut ini.

Materi yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar, pastikan kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang diperlukan. Berikut ini daftar bahan yang dibutuhkan:

Bahan
Jumlah
Kardus bekas
1 buah
Lensa kamera
1 buah
Peralatan elektronik (laptop atau smartphone)
1 buah
Kertas kalkir
2 lembar
Lem tembak
1 buah

Langkah-Langkah Membuat Proyektor Sederhana Tanpa Kaca Pembesar

1. Membuat kotak proyektor

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah membuat kotak proyektor. Kamu dapat menggunakan kardus bekas sebagai bahan dasarnya. Berikut ini cara membuat kotak proyektor:

a. Potong kardus menjadi dua bagian, satu bagian untuk bagian depan dan satu bagian untuk bagian belakang.

b. Tempelkan lensa kamera pada salah satu bagian kardus yang sudah dipotong tadi.

c. Buat lubang kecil pada bagian belakang kardus untuk menempatkan smartphone atau laptop.

d. Sambungkan kedua bagian kardus dengan lem tembak.

2. Membuat proyektor

Setelah membuat kotak proyektor, langkah selanjutnya adalah membuat proyektor. Berikut ini cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar:

a. Siapkan kertas kalkir dan letakkan di depan lensa kamera.

b. Nyalakan smartphone atau laptop dan buka halaman yang ingin kamu proyeksikan.

c. Tempatkan smartphone atau laptop di dalam kotak proyektor dan atur posisinya hingga muncul gambar yang jelas di dinding atau layar putih yang sudah disiapkan.

TRENDING 🔥  Jurnal Isolasi DNA Buah dengan Cara Sederhana PDF

3. Menambahkan suara

Untuk menambahkan suara, kamu dapat menggunakan speaker mini atau headphone yang dihubungkan dengan perangkat elektronik yang digunakan.

FAQ

1. Apakah cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar ini dapat digunakan untuk presentasi di kantor atau sekolah?

Ya, cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar ini dapat digunakan untuk presentasi di kantor atau sekolah. Namun, pastikan ruangan yang digunakan cukup gelap agar proyeksi terlihat jelas.

2. Apakah lensa kamera yang digunakan harus lensa kamera DSLR?

Tidak, lensa kamera yang digunakan dapat menggunakan lensa kamera apa saja, baik lensa kamera DSLR maupun lensa kamera ponsel.

3. Apakah proyektor sederhana ini dapat digunakan untuk menonton film?

Ya, kamu dapat menggunakan proyektor sederhana ini untuk menonton film. Namun, pastikan ruangan yang digunakan cukup gelap agar proyeksi terlihat jelas dan tajam.

Kesimpulan

Itulah cara membuat proyektor sederhana tanpa kaca pembesar. Dengan bahan yang mudah didapat dan harga yang terjangkau, kamu dapat membuat proyektor sendiri di rumah. Semoga tutorial ini bermanfaat bagi kamu yang ingin mencoba membuat proyektor sederhana. Jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada teman-temanmu yang membutuhkan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Proyektor Sederhana Tanpa Kaca Pembesar