Cara Membuat Program Sederhana dengan Visual Basic

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu pernah berfikir untuk membuat program sederhana menggunakan Visual Basic? Jika iya, maka kamu berada di artikel yang tepat. Pada artikel ini, saya akan membahas cara membuat program sederhana menggunakan Visual Basic secara detail dan mudah dipahami.

Pendahuluan

Sebelum kita membahas tentang cara membuat program sederhana dengan Visual Basic, ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu apa itu Visual Basic. Visual Basic adalah bahasa pemrograman berbasis GUI (Graphical User Interface) yang dikembangkan oleh Microsoft. Bahasa ini sangat mudah dipelajari, bahkan oleh pemula sekalipun.

Visual Basic memiliki fitur-fitur yang memudahkan dalam pembuatan program, seperti drag-and-drop controls, graphic options, standard programming language constructs, dan bahkan kemampuan untuk membuat aplikasi yang dapat berjalan pada sistem operasi Windows.

Langkah-langkah Membuat Program Sederhana dengan Visual Basic

1. Menginstal Visual Basic

Langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah menginstal Visual Basic. Kamu dapat mengunduh Visual Basic dari website resmi Microsoft secara gratis. Setelah diunduh, kamu dapat mengikuti petunjuk instalasi yang ada.

2. Membuat Project Baru

Setelah menginstal Visual Basic, langkah selanjutnya adalah membuat project baru. Pada bagian File, klik New Project. Kemudian, pilih Windows Forms Application sebagai template project yang akan dibuat.

Berikan nama project sesuai dengan keinginan kamu. Setelah itu, klik Create.

3. Memilih Controls

Selanjutnya, kamu dapat memilih controls yang akan digunakan pada project. Ada banyak jenis controls yang tersedia di Visual Basic, seperti Label, TextBox, Button, dan lain-lain.

Untuk menambahkan controls, cukup klik pada toolbox di sebelah kanan dan drag ke form yang telah dibuat. Kemudian, kamu dapat menyesuaikan properties dari controls tersebut di sebelah kanan.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Aplikasi Kalkulator Sederhana di Android

4. Menambahkan Koding

Setelah menambahkan controls, langkah selanjutnya adalah menambahkan koding pada button yang telah dibuat. Caranya adalah dengan klik 2 kali pada button tersebut.

Setelah itu, akan muncul editor koding Visual Basic. Kamu dapat menambahkan koding yang diinginkan di sana.

5. Menjalankan Program

Langkah terakhir adalah menjalankan program yang telah dibuat. Caranya cukup klik pada tombol Start Debugging di toolbar Visual Basic.

Program akan otomatis ter-compile dan dijalankan di Windows.

FAQ

Pertanyaan
Jawaban
Apakah Visual Basic sulit dipelajari?
Tidak, Visual Basic sangat mudah dipelajari, bahkan bagi pemula sekalipun.
Apakah saya harus membayar untuk mengunduh Visual Basic?
Tidak, Visual Basic dapat diunduh secara gratis dari website resmi Microsoft.
Apakah saya harus menguasai bahasa pemrograman lain sebelum mempelajari Visual Basic?
Tidak, Visual Basic dapat dipelajari tanpa harus menguasai bahasa pemrograman lain.

Kesimpulan

Sekarang kamu telah mengetahui cara membuat program sederhana dengan Visual Basic. Dalam membuat program menggunakan Visual Basic, kamu perlu menginstal software-nya terlebih dahulu, membuat project baru, memilih controls yang akan digunakan, menambahkan koding pada button, dan menjalankan program.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Program Sederhana dengan Visual Basic