Cara Membuat Program Kasir Sederhana dengan Visual Basic

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara membuat program kasir sederhana dengan menggunakan Visual Basic. Dalam era digital seperti sekarang ini, penggunaan program aplikasi kasir sangatlah penting untuk membantu mempermudah sistem transaksi pada suatu perusahaan. Oleh karena itu, pemahaman mengenai cara membuat program kasir sederhana menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari. Simak penjelasan lengkapnya berikut ini.

Pengenalan Visual Basic

Sebelum memulai pembuatan program kasir sederhana, pertama-tama kita harus memahami terlebih dahulu mengenai Visual Basic. Visual Basic adalah salah satu bahasa pemrograman yang dibuat oleh Microsoft dan digunakan untuk membuat program-program aplikasi Windows. Dalam Visual Basic, terdapat berbagai macam tools dan widget yang sangat membantu dalam membuat program-program dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami oleh pengguna.

Dalam membuat program kasir sederhana, kita akan menggunakan Visual Basic 6.0. Visual Basic 6.0 adalah salah satu versi Visual Basic yang paling populer digunakan oleh para developer di seluruh dunia.

Langkah-langkah pembuatan program kasir sederhana

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat program kasir sederhana dengan menggunakan Visual Basic 6.0:

1. Membuat form utama

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah membuat form utama. Form ini nantinya akan menjadi tampilan utama dari program kasir yang kita buat. Untuk membuat form utama, ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Buka Visual Basic 6.0
  2. Pilih menu File -> New Project
  3. Pilih Standard EXE dan klik OK
  4. Akan muncul form kosong, tambahkan label dengan teks “Program Kasir Sederhana” dan letakkan di bagian atas form. Gunakan property Caption untuk mengganti teks label tersebut.
  5. Tambahkan beberapa label dan textbox untuk input data seperti nama barang, harga, dan jumlah. Letakkan label dan textbox tersebut di form.
TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Krim Milo Sederhana

Setelah selesai membuat form utama, selanjutnya kita akan membuat kode program untuk mengolah data yang diinputkan pada form tersebut.

2. Membuat kode program

Langkah kedua adalah membuat kode program untuk mengolah data yang diinputkan pada form utama. Berikut ini adalah contoh kode program yang dapat digunakan:

Private Sub cmdHitung_Click()Dim NamaBarang As StringDim Harga As DoubleDim Jumlah As IntegerDim Total As DoubleNamaBarang = txtNamaBarang.TextHarga = CDbl(txtHarga.Text)Jumlah = CInt(txtJumlah.Text)Total = Harga * JumlahlblTotal.Caption = Format(Total, "#,##0")End Sub

Pada kode program di atas, kita membuat sebuah sub-prosedur bernama cmdHitung_Click. Sub-prosedur ini akan dieksekusi ketika tombol Hitung di klik oleh pengguna. Di dalam sub-prosedur ini, kita mendeklarasikan beberapa variabel seperti NamaBarang, Harga, dan Jumlah. Variabel-variabel ini akan diisi dengan data yang diinputkan oleh pengguna pada form utama.

Setelah variabel-variabel tersebut diisi dengan data, kita menghitung total harga dengan cara mengalikan nilai Harga dengan nilai Jumlah. Hasil perhitungan tersebut akan ditampilkan pada label Total.

3. Menambahkan fungsi untuk reset form

Langkah ketiga adalah menambahkan fungsi untuk reset form. Fungsi ini akan membantu pengguna mereset form utama ketika ingin memulai transaksi baru. Berikut ini adalah contoh kode program untuk menambahkan fungsi reset form:

Private Sub cmdReset_Click()txtNamaBarang.Text = ""txtHarga.Text = ""txtJumlah.Text = ""lblTotal.Caption = "0"End Sub

Pada kode program di atas, kita membuat sebuah sub-prosedur bernama cmdReset_Click. Sub-prosedur ini akan dieksekusi ketika tombol Reset di klik oleh pengguna. Di dalam sub-prosedur ini, kita mengosongkan semua textbox di form utama dan menghapus semua data yang sudah diinputkan sebelumnya.

4. Menambahkan fungsi untuk menghitung total harga keseluruhan

Langkah terakhir adalah menambahkan fungsi untuk menghitung total harga keseluruhan. Fungsi ini akan menghitung total harga dari semua barang yang sudah diinputkan oleh pengguna. Berikut ini adalah contoh kode program untuk menambahkan fungsi menghitung total harga keseluruhan:

Private Sub cmdTotal_Click()Dim TotalSeluruh As DoubleTotalSeluruh = 0For i = 0 To ListBarang.ListCount - 1TotalSeluruh = TotalSeluruh + CDbl(ListBarang.List(i, 3))Next ilblTotalSeluruh.Caption = Format(TotalSeluruh, "#,##0")End Sub

Pada kode program di atas, kita membuat sebuah sub-prosedur bernama cmdTotal_Click. Sub-prosedur ini akan dieksekusi ketika tombol Total di klik oleh pengguna. Di dalam sub-prosedur ini, kita menggunakan perulangan untuk menghitung total harga keseluruhan dari semua barang yang sudah diinputkan oleh pengguna. Total harga keseluruhan tersebut akan ditampilkan pada label Total Seluruh.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Aquascape Iwagumi Sederhana

Table of Contents

No.
Heading
1
Pengenalan Visual Basic
2
Langkah-langkah pembuatan program kasir sederhana
2.1
Membuat form utama
2.2
Membuat kode program
2.3
Menambahkan fungsi untuk reset form
2.4
Menambahkan fungsi untuk menghitung total harga keseluruhan

FAQ

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan seputar pembuatan program kasir sederhana:

1. Apa itu program kasir sederhana?

Program kasir sederhana adalah program aplikasi yang digunakan untuk membantu mempermudah sistem transaksi pada suatu perusahaan.

2. Mengapa perlu mempelajari cara membuat program kasir sederhana?

Pemahaman mengenai cara membuat program kasir sederhana menjadi hal yang sangat penting untuk dipelajari karena penggunaan program aplikasi kasir sangatlah penting untuk membantu mempermudah sistem transaksi pada suatu perusahaan.

3. Apa saja tools dan widget yang dapat digunakan dalam membuat program kasir sederhana?

Dalam Visual Basic, terdapat berbagai macam tools dan widget yang sangat membantu dalam membuat program-program dengan tampilan yang menarik dan mudah dipahami oleh pengguna.

4. Apa saja langkah-langkah untuk membuat program kasir sederhana?

Langkah-langkah untuk membuat program kasir sederhana antara lain:

  • Membuat form utama
  • Membuat kode program
  • Menambahkan fungsi untuk reset form
  • Menambahkan fungsi untuk menghitung total harga keseluruhan

5. Bagaimana cara menghitung total harga pada program kasir sederhana?

Untuk menghitung total harga pada program kasir sederhana, kita dapat menggunakan kode program yang mengalikan nilai Harga dengan nilai Jumlah. Kemudian, hasil perhitungan tersebut ditampilkan pada label Total.

6. Bagaimana cara mereset form pada program kasir sederhana?

Untuk mereset form pada program kasir sederhana, kita dapat menambahkan fungsi reset form yang mengosongkan semua textbox di form utama dan menghapus semua data yang sudah diinputkan sebelumnya.

TRENDING 🔥  Cara Tumis Tempe dan Kacang Panjang Sederhana

7. Bagaimana cara menghitung total harga keseluruhan pada program kasir sederhana?

Untuk menghitung total harga keseluruhan pada program kasir sederhana, kita dapat menambahkan fungsi yang menggunakan perulangan untuk menghitung total harga dari semua barang yang sudah diinputkan oleh pengguna. Total harga keseluruhan tersebut kemudian ditampilkan pada label Total Seluruh.

Demikianlah pembahasan mengenai cara membuat program kasir sederhana dengan menggunakan Visual Basic. Semoga artikel ini bermanfaat dan dapat membantu sobat sederhana dalam memahami cara membuat program kasir sederhana. Sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Program Kasir Sederhana dengan Visual Basic