Cara Membuat Produk Kipas Angin Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apa kabar? Kali ini, kita akan membahas tentang cara membuat produk kipas angin sederhana. Produk ini cocok untuk sobat yang ingin memiliki kipas angin murah dan mudah dibuat sendiri. Mari kita mulai!

Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat produk kipas angin sederhana, sobat harus menyiapkan alat dan bahan terlebih dahulu. Berikut adalah beberapa yang dibutuhkan:

Alat
Bahan
Gunting
Kardus bekas
Gunting
Baterai 9 Volt
Isolasi tape
Motor DC kecil
Peniti
Kertas HVS

Dengan alat dan bahan yang sudah disiapkan, kita bisa mulai membuat produk kipas angin sederhana.

Langkah-Langkah Membuat Produk Kipas Angin Sederhana

1. Potong Kardus Bekas

Pertama-tama, sobat harus memotong kardus bekas menjadi beberapa bagian dengan ukuran 10 cm x 10 cm. Gunakan gunting untuk memotongnya.

2. Buat Baling-Baling Kipas

Setelah itu, sobat bisa membuat baling-baling kipas dengan menggunakan kertas HVS. Buatlah baling-baling dengan ukuran 8 cm x 8 cm dan bentuknya segitiga. Gunakan peniti untuk mengunci bagian ujung baling-baling.

3. Pasang Motor DC Kecil

Selanjutnya, sobat harus memasang motor DC kecil pada kardus bekas yang sudah dipotong. Letakkan motor di tengah kardus dan gunakan isolasi tape untuk mengunci motor pada kardus. Pastikan motor sudah terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas.

4. Pasang Baling-Baling Kipas

Setelah motor terpasang dengan kuat, sobat bisa memasang baling-baling kipas pada motor. Letakkan baling-baling pada ujung motor dan gunakan peniti untuk mengunci baling-baling pada motor.

5. Pasang Baterai 9 Volt

Langkah terakhir, pasang baterai 9 Volt pada motor untuk menggerakkan kipas angin. Letakkan baterai pada salah satu sisi kardus dan gunakan isolasi tape untuk mengunci baterai pada kardus. Pastikan baterai sudah terpasang dengan kuat agar tidak mudah lepas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Brownies Oven Sederhana

FAQ

1. Berapa lama kipas angin bisa digunakan?

Kipas angin sederhana ini bisa digunakan selama baterai masih memiliki daya. Sebaiknya, sobat mengganti baterai baru secara berkala untuk mengoptimalkan kipas angin.

2. Apakah kipas angin sederhana ini bisa digunakan dalam waktu yang lama?

Kipas angin sederhana ini cocok untuk digunakan dalam waktu yang singkat saja. Karena motor dan baterai yang digunakan hanya bersifat sementara.

3. Bisakah bahan yang digunakan diubah sesuai selera?

Tentu saja, sobat bisa mengganti bahan dengan bahan yang lain sesuai dengan selera. Namun, pastikan bahwa bahan yang digunakan memiliki kekuatan yang cukup untuk menopang motor dan baling-baling kipas.

Penutup

Itulah cara membuat produk kipas angin sederhana. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, sobat bisa memiliki kipas angin murah dan mudah dibuat sendiri. Jangan lupa untuk selalu berhati-hati saat membuatnya ya, Sobat Sederhana!

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Produk Kipas Angin Sederhana