Cara Membuat Power Point Pembelajaran Sederhana tapi Menarik

Hello Sobat Sederhana! Apa kabar kalian? Kali ini, kami akan membahas tentang cara membuat power point pembelajaran sederhana tapi menarik. Tentu saja, dengan menggunakan power point, pembelajaran akan lebih interaktif dan mudah dicerna oleh siswa. Namun, tidak semua guru atau pengajar memiliki kemampuan untuk membuat power point yang menarik. Oleh karena itu, simaklah artikel ini hingga selesai untuk mendapatkan tips dan trik dalam membuat power point pembelajaran yang sederhana namun tetap menarik.

Pengenalan

Sebelum memulai pembuatan power point, tentu saja kita harus mengetahui terlebih dahulu apa yang ingin kita sampaikan. Setelah itu, barulah kita bisa memilih tema atau template yang sesuai. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat memilih tema atau template:

  1. Pilihlah tema atau template yang sesuai dengan materi yang akan disampaikan.
  2. Jangan terlalu banyak menggunakan warna atau gambar yang berlebihan.
  3. Pilihlah font yang mudah dibaca dan ukuran yang cukup besar.
  4. Perhatikan konsistensi antara slide satu dengan slide lainnya.

Setelah memilih tema atau template yang sesuai, kita bisa memulai pembuatan slide.

Pembuatan Slide

Pada bagian ini, kita akan membahas cara membuat slide yang sederhana namun tetap menarik. Ada beberapa hal yang harus diperhatikan saat membuat slide:

1. Penggunaan Gambar

Untuk membuat slide yang menarik, kita bisa menggunakan gambar sebagai ilustrasi. Namun, perlu diingat bahwa penggunaan gambar harus relevan dengan materi yang akan disampaikan. Selain itu, gambar juga harus memiliki kualitas yang baik dan tidak pecah saat diproyeksikan di layar besar.

Contoh penggunaan gambar yang baik:

Contoh penggunaan gambar yang buruk:

2. Penggunaan Animasi

Penggunaan animasi pada slide dapat membuat presentasi menjadi lebih menarik dan interaktif. Namun, penggunaan animasi yang berlebihan dapat membuat presentasi menjadi terlalu ramai dan mengalihkan perhatian siswa dari materi yang disampaikan. Oleh karena itu, penggunaan animasi harus dilakukan dengan bijak.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Permen Asem Sederhana Tanpa Tepung Roti

Contoh penggunaan animasi yang baik:

Contoh penggunaan animasi yang buruk:

3. Penggunaan Video

Penggunaan video pada slide dapat membuat presentasi lebih interaktif dan menarik. Namun, perlu diingat bahwa video yang digunakan harus relevan dengan materi yang akan disampaikan. Selain itu, pastikan bahwa kualitas video yang digunakan sudah cukup baik dan tidak pecah saat diproyeksikan di layar besar.

Contoh penggunaan video yang baik:

Contoh penggunaan video yang buruk:

4. Penggunaan Grafik dan Tabel

Penggunaan grafik dan tabel pada slide dapat memudahkan siswa dalam memahami materi yang disampaikan. Namun, perlu diingat bahwa grafik dan tabel yang digunakan harus relevan dengan materi yang akan disampaikan. Selain itu, pastikan bahwa grafik dan tabel yang digunakan sudah cukup jelas dan tidak terlalu rumit.

Contoh penggunaan grafik dan tabel yang baik:

Contoh penggunaan grafik dan tabel yang buruk:

Penutup

Demikian tips dan trik dalam membuat power point pembelajaran sederhana tapi menarik. Dengan menggunakan power point yang menarik, pembelajaran akan lebih interaktif dan mudah dicerna oleh siswa. Jangan lupa untuk selalu memperhatikan konsistensi antara slide satu dengan slide lainnya, serta tidak terlalu banyak menggunakan warna atau gambar yang berlebihan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Power Point Pembelajaran Sederhana tapi Menarik