Cara Membuat Power Bank Sederhana dan Mudah untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Apakah kamu sering kesulitan mencari tempat untuk mengecas HP saat sedang bepergian? Atau mungkin baterai HP kamu sering habis saat kamu sedang penting-pentingnya menggunakan HP? Jangan khawatir, kali ini saya akan memberikan tips tentang cara membuat power bank sederhana dan mudah. Dengan power bank yang kamu buat sendiri, kamu tidak perlu khawatir lagi kehabisan baterai HP saat sedang berpergian. Yuk simak artikel ini sampai selesai!

Apa itu Power Bank?

Power bank adalah baterai eksternal yang dapat digunakan untuk mengecas baterai perangkat elektronik seperti HP, tablet, dan lain sebagainya. Power bank biasanya memiliki kapasitas yang berbeda-beda, mulai dari 2000 mAh hingga 30000 mAh.

Keuntungan Menggunakan Power Bank

Power bank memiliki beberapa keuntungan, diantaranya:

  • Bisa digunakan untuk mengecas baterai perangkat elektronik dimana saja dan kapan saja.
  • Mudah dibawa saat bepergian.
  • Mengurangi penggunaan listrik dari stop kontak.

Table: Perbandingan Kapasitas Power Bank dengan Jumlah Mengecas Baterai HP

Kapasitas Power Bank
Jumlah Mengecas Baterai HP
2000 mAh
1 kali
5000 mAh
2-3 kali
10000 mAh
4-5 kali
20000 mAh
8-10 kali

Cara Membuat Power Bank Sederhana dan Mudah

Kamu bisa membuat power bank sederhana dan mudah dengan beberapa langkah berikut:

1. Siapkan Bahan-bahan

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menyiapkan bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat power bank, diantaranya adalah:

  • Aki bekas
  • PCB power bank
  • USB port
  • Wires
  • Tape isolasi

2. Siapkan Alat-alat

Selain bahan-bahan, kamu juga harus menyiapkan beberapa alat yang dibutuhkan untuk membuat power bank, diantaranya adalah:

  • Solder beserta timah solder
  • Pisau cutter
  • Alat ukur multimeter
TRENDING 🔥  Cara Membuat Es Kolang Kaling Sederhana untuk Sobat Sederhana

3. Potong Aki Bekas

Potong aki bekas menjadi beberapa bagian dengan ukuran yang sama. Ukuran yang direkomendasikan adalah sekitar 10 x 5 x 1 cm. Jangan lupa untuk memakai sarung tangan saat memotong aki bekas ini.

4. Lakukan Isolasi

Lakukan isolasi pada setiap bagian aki bekas yang telah dipotong tadi menggunakan tape isolasi. Hal ini dilakukan untuk mencegah terjadinya konsleting saat kita memasangkan kabel.

5. Solder Kabel

Solder kabel pada PCB power bank. Pastikan koneksi antara kabel dan PCB power bank terhubung dengan baik agar tidak terjadi masalah saat power bank digunakan.

6. Pasang USB Port

Pasang USB port pada PCB power bank. Pastikan USB port terpasang dengan baik agar tidak mudah lepas saat digunakan.

7. Hubungkan Kabel dengan Aki Bekas

Hubungkan kabel dengan aki bekas yang telah diisolasi. Pastikan kabel terhubung dengan baik agar tidak mudah lepas saat digunakan. Gunakan pisau cutter untuk membuat lubang kecil pada aki bekas dan masukkan kabel.

8. Cek Konektivitas

Cek konektivitas power bank menggunakan alat ukur multimeter. Pastikan bahwa koneksi antara aki bekas, kabel, dan PCB power bank terhubung dengan baik. Jangan lupa untuk memeriksa tegangan output power bank menggunakan alat ukur multimeter.

FAQ (Frequently Asked Questions)

1. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membuat power bank sederhana?

Waktu yang dibutuhkan untuk membuat power bank sederhana tergantung dari tingkat kesulitan dan kemampuan kita dalam membuatnya. Jika kamu sudah terbiasa membuatnya, waktu yang dibutuhkan bisa sekitar 1-2 jam saja.

2. Apakah harus menggunakan aki bekas?

Tidak harus menggunakan aki bekas, kamu juga bisa menggunakan baterai lithium dengan kapasitas yang sama atau lebih besar dari aki bekas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Drone Sederhana dari Dinamo Tamiya

3. Berapa harga PCB power bank?

Harga PCB power bank bervariasi, tergantung dari kapasitas dan merk dari PCB power bank itu sendiri. Harga PCB power bank mulai dari Rp. 10.000,- hingga Rp. 100.000,-.

4. Bisakah power bank yang kita buat sendiri digunakan untuk mengecas baterai selain HP?

Ya, power bank yang kita buat sendiri bisa digunakan untuk mengecas baterai selain HP seperti tablet, kamera, dan perangkat elektronik lainnya yang membutuhkan daya USB.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Power Bank Sederhana dan Mudah untuk Sobat Sederhana