Cara Membuat Pop Up Frame Sederhana

Halo Sobat Sederhana! Kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pop up frame sederhana. Pop up frame menjadi salah satu cara yang efektif untuk menampilkan informasi atau pesan pada pengunjung website. Dengan menggunakan pop up frame, kita dapat menarik perhatian pengunjung dan memberikan informasi yang lebih detail.

Apa itu Pop Up Frame?

Sebelum kita memulai tutorial ini, mari kita bahas terlebih dahulu apa itu pop up frame. Pop up frame adalah sebuah jendela muncul yang tampil di depan halaman website. Biasanya, pop up frame digunakan untuk menampilkan promo atau informasi penting yang ingin disampaikan kepada pengunjung.

Pop up frame dapat muncul saat pengunjung mengunjungi website, saat pengunjung meninggalkan website, atau saat pengunjung melakukan beberapa tindakan tertentu seperti mengklik tombol atau memasukkan data.

Bahan yang Diperlukan

Sebelum memulai tutorial ini, Sobat Sederhana perlu menyiapkan beberapa bahan berikut:

Nama Bahan
Keterangan
HTML
Bahasa markup untuk membuat website
CSS
Bahasa stylesheet untuk mengatur tampilan website
JavaScript
Bahasa pemrograman untuk membuat interaksi di website

Sobat Sederhana juga perlu memiliki pengetahuan dasar tentang HTML, CSS, dan JavaScript untuk dapat mengikuti tutorial ini dengan mudah.

Langkah-langkah Membuat Pop Up Frame Sederhana

1. Buat File HTML Baru

Langkah pertama yang perlu Sobat Sederhana lakukan adalah membuat file HTML baru. Buka aplikasi text editor seperti Notepad atau Sublime Text, lalu buat file baru dengan ekstensi .html. Beri nama file tersebut sesuai dengan keinginan Sobat Sederhana, misalnya popup.html.

Setelah itu, buat struktur dasar HTML dengan menambahkan tag <!DOCTYPE html> dan <html>. Selanjutnya, tambahkan tag <head> dan <body>. Struktur dasar HTML bisa Sobat Sederhana lihat di bawah ini:

<!DOCTYPE html><html><head><title>Judul Halaman</title></head><body><h1>Header Halaman</h1><p>Isi Konten Halaman</p></body></html>

2. Buat CSS untuk Pop Up Frame

Selanjutnya, Sobat Sederhana perlu membuat CSS untuk pop up frame. CSS akan mengatur tampilan dari pop up frame, seperti ukuran, warna, dan posisi.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Penangkap Nyamuk Secara Sederhana

Buatlah file CSS baru dengan ekstensi .css dan beri nama sesuai dengan keinginan Sobat Sederhana, misalnya style.css. Lalu, tambahkan kode CSS berikut:

/* Kode CSS untuk Pop Up Frame *//* Menyembunyikan Pop Up Frame Secara Default */.popup {display: none;position: fixed;top: 0;left: 0;width: 100%;height: 100%;background-color: rgba(255, 255, 255, 0.7);z-index: 9999;}/* Menampilkan Pop Up Frame Jika Diberikan Class "active" */.popup.active {display: block;}/* Style untuk Kotak Pop Up Frame */.popup-box {position: relative;max-width: 500px;margin: 50px auto;padding: 20px;background-color: #fff;border-radius: 5px;}/* Tombol Close */.popup-close {position: absolute;top: 10px;right: 10px;cursor: pointer;font-size: 24px;}

Kode CSS di atas akan menyembunyikan pop up frame secara default dan menampilkan pop up frame jika diberikan class “active”. Selain itu, kode CSS juga akan mengatur tampilan dari kotak pop up frame dan tombol close.

3. Tambahkan HTML untuk Pop Up Frame

Selanjutnya, Sobat Sederhana perlu menambahkan HTML untuk pop up frame di dalam file HTML. Tambahkan kode HTML berikut setelah tag <body>:

<div class="popup"><div class="popup-box"><span class="popup-close">&times;</span><h2>Judul Pop Up</h2><p>Isi Konten Pop Up</p></div></div>

Kode HTML di atas akan membuat sebuah div dengan class “popup” yang berisi div dengan class “popup-box”. Di dalam popup-box, terdapat span dengan class “popup-close” untuk tombol close, serta judul dan konten pop up.

4. Tambahkan JavaScript untuk Pop Up Frame

Langkah terakhir adalah menambahkan JavaScript untuk pop up frame. JavaScript akan membuat pop up frame muncul saat pengunjung mengklik tombol atau melakukan tindakan tertentu.

Tambahkan kode JavaScript berikut di dalam tag <head>:

<script>/* Kode JavaScript untuk Pop Up Frame */// Ambil Element Pop Upvar popup = document.querySelector('.popup');// Ambil Element Tombol Closevar closeBtn = document.querySelector('.popup-close');// Jika Tombol Close Diklik, Tutup Pop UpcloseBtn.addEventListener('click', function() {popup.classList.remove('active');});// Tampilkan Pop Up Setelah 5 DetiksetTimeout(function() {popup.classList.add('active');}, 5000);</script>

Kode JavaScript di atas akan mengambil element pop up dan tombol close, serta menambahkan event listener agar pop up dapat ditutup jika tombol close diklik. Selain itu, kode JavaScript juga akan menampilkan pop up setelah 5 detik.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Animasi Sederhana Kapal

FAQ

Apa itu Pop Up Frame?

Pop up frame adalah sebuah jendela muncul yang tampil di depan halaman website. Biasanya, pop up frame digunakan untuk menampilkan promo atau informasi penting yang ingin disampaikan kepada pengunjung.

Bagaimana Cara Membuat Pop Up Frame Sederhana?

Cara membuat pop up frame sederhana adalah sebagai berikut:

  1. Buat file HTML baru
  2. Buat CSS untuk pop up frame
  3. Tambahkan HTML untuk pop up frame
  4. Tambahkan JavaScript untuk pop up frame

Bagaimana Cara Menampilkan Pop Up Frame?

Untuk menampilkan pop up frame, Sobat Sederhana dapat menambahkan class “active” pada div dengan class “popup”. Misalnya:

var popup = document.querySelector('.popup');popup.classList.add('active');

Penutup

Demikian tutorial tentang cara membuat pop up frame sederhana. Pop up frame bisa menjadi salah satu cara yang efektif untuk menampilkan informasi atau pesan pada pengunjung website. Dengan mengikuti tutorial ini, Sobat Sederhana telah belajar tentang bagaimana cara membuat pop up frame dan mengatur tampilannya menggunakan CSS dan JavaScript.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pop Up Frame Sederhana