Cara Membuat Pompa Sederhana untuk Sobat Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini saya akan membahas cara membuat pompa sederhana yang bisa Sobat Sederhana buat sendiri di rumah. Pompa sederhana ini sangat berguna untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya. Dengan membuat pompa sederhana ini, Sobat Sederhana bisa menghemat biaya dan merasakan kesenangan dari membuat barang sendiri.

Apa yang Dibutuhkan

Sebelum memulai membuat pompa sederhana, Sobat Sederhana harus mempersiapkan bahan dan alat yang dibutuhkan. Berikut adalah beberapa bahan dan alat yang diperlukan:

Bahan
Alat
Botol plastik bekas
Gunting
Tabung karet
Isolasi listrik
Pipa PVC
Plat datar kecil
Karet silikon
Pisau
Termosikan
Lem PVC
Obeng
Kain lap

Pastikan Sobat Sederhana telah menyiapkan semua bahan dan alat yang diperlukan sebelum memulai membuat pompa sederhana.

Langkah-langkah Membuat Pompa Sederhana

1. Persiapkan Botol Plastik

Langkah pertama dalam membuat pompa sederhana adalah mempersiapkan botol plastik bekas. Perhatikan bagian bawah botol, Sobat Sederhana akan membutuhkannya untuk membuat bagian inlet pompa.

2. Potong Tabung Karet

Selanjutnya, potong tabung karet menjadi dua bagian yang sama panjang. Letakkan potongan tabung karet di atas botol plastik yang telah disiapkan tadi, dan gambar lingkaran dengan diameter sama pada masing-masing potongan tabung karet. Potong lingkaran tersebut menggunakan gunting.

3. Pasang Isolasi Listrik

Pasang isolasi listrik pada satu sisi masing-masing potongan tabung karet. Ini akan membantu tabung karet melekat pada botol plastik.

4. Lubangi Botol Plastik

Lubangi botol plastik pada sisi tengah dengan pisau. Ukuran lubang harus sama dengan lingkaran yang telah Sobat Sederhana gambar pada potongan tabung karet.

5. Pasang Potongan Tabung Karet

Pasang potongan tabung karet pada kedua lubang yang telah dibuat pada botol plastik. Pastikan bagian isolasi listrik menghadap ke dalam botol plastik.

TRENDING 🔥  Cara Menggambar Sederhana untuk Anak

6. Pasang Pipa PVC

Potong pipa PVC menjadi dua bagian yang sama panjang. Letakkan lubang pada kedua potongan pipa PVC yang telah Sobat Sederhana potong tadi dengan jarak yang sama. Pasang dua potongan pipa PVC ke masing-masing lubang pada potongan tabung karet.

7. Pasang Plat Datar

Potong plat datar kecil menjadi bentuk setengah lingkaran. Letakkan plat datar yang telah Sobat Sederhana potong pada ujung pipa PVC yang lain.

8. Pasang Karet Silikon

Pasang karet silikon di sekitar ujung pipa PVC dan plat datar kecil yang telah dipasang tadi. Ini akan membantu menahan aliran air dari pompa.

9. Pasang Termosikan

Potong termosikan menjadi dua bagian yang sama panjang. Letakkan termosikan pada kedua potongan pipa PVC. Ini akan membantu mencegah kebocoran air dari pompa.

10. Rapatkan Pompa

Setelah Semua komponen terpasang, rapatkan pompa dengan memasang lem PVC pada setiap persambungan.

Cara Menggunakan Pompa Sederhana

Setelah pompa sederhana selesai dibuat, Sobat Sederhana bisa langsung menggunakannya. Berikut adalah langkah-langkah penggunaan pompa sederhana:

1. Siapkan Wadah

Siapkan wadah yang akan diambil airnya. Wadah harus berada di bawah pompa sederhana agar air yang keluar bisa tertangkap.

2. Isi Pompa

Isi pompa dengan air hingga penuh melalui bagian inlet. Pastikan air tidak melebihi batas kapasitas pompa.

3. Pompa Air

Pompa air dengan memutar bagian yang terdapat plat datar kecil. Ini akan menghasilkan tekanan udara di dalam pompa dan mendorong air keluar melalui bagian outlet pada pipa PVC.

4. Gunakan Air

Gunakan air yang telah Sobat Sederhana pompa untuk keperluan yang diinginkan.

FAQ

1. Berapa biaya yang diperlukan untuk membuat pompa sederhana?

Bahan dan alat yang dibutuhkan untuk membuat pompa sederhana ini sangat murah dan mudah ditemukan. Biaya yang diperlukan kurang dari Rp50.000.

TRENDING 🔥  Cara Bikin Kado Sederhana dan Unik untuk Pacar

2. Apakah pompa sederhana ini efektif untuk mengalirkan air dalam jumlah besar?

Pompa sederhana ini dirancang untuk mengalirkan air dalam jumlah kecil hingga sedang. Tidak disarankan untuk menggunakannya untuk mengalirkan air dalam jumlah besar.

3. Apakah pompa sederhana ini cocok untuk digunakan di luar ruangan?

Pompa sederhana ini lebih cocok digunakan di dalam ruangan. Namun, apabila diletakkan di tempat yang terlindung dari sinar matahari dan hujan, pompa sederhana ini juga bisa digunakan di luar ruangan.

4. Apakah pompa sederhana ini sulit untuk dibuat?

Pompa sederhana ini sangat mudah untuk dibuat. Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Sobat Sederhana bisa membuat pompa sederhana ini dengan mudah.

Kesimpulan

Dengan mengikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan di atas, Sobat Sederhana bisa membuat pompa sederhana dengan mudah dan murah. Pompa sederhana ini sangat berguna untuk mengalirkan air dari satu tempat ke tempat lainnya. Selain itu, membuat pompa sederhana juga bisa menjadi hobi yang menyenangkan. Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pompa Sederhana untuk Sobat Sederhana