Cara Membuat Pompa Hidram Sederhana

Hello Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pompa hidram sederhana. Pompa hidram adalah alat yang berfungsi untuk mengalirkan air tanpa memerlukan sumber energi listrik ataupun bahan bakar. Alat ini sangat cocok digunakan di daerah pedalaman atau lingkungan yang minim sumber daya energi. Dalam artikel ini, kita akan membahas langkah-langkah membuat pompa hidram sederhana agar Sobat Sederhana dapat memperoleh manfaat dari alat ini tanpa harus mengeluarkan biaya yang besar.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat pompa hidram sederhana, kita perlu menyiapkan alat dan bahan yang diperlukan. Berikut alat dan bahan yang harus disediakan:

Alat
Bahan
Palu
Pipa PVC Ø 50mm (panjang 1 meter)
Pisau
Pipa PVC Ø 25mm (panjang 2 meter)
Bor
Selang karet Ø 25mm (panjang 1 meter)
Gergaji besi
Selang karet Ø 50mm (panjang 1 meter)
Kikir besi
Valve bola 1 inch
Obeng
Klem selang
Paku
Plat besi (ukuran 30×30 cm)

Setelah alat dan bahan disiapkan, langkah selanjutnya adalah membuat pompa hidram sederhana.

2. Membuat Reservoir

Reservoir adalah bagian pompa hidram yang berfungsi untuk menampung air dari sumber air. Berikut langkah-langkah membuat reservoir:

A. Memotong Pipa PVC Ø 50mm

Pertama-tama, potong pipa PVC Ø 50mm sepanjang 1 meter menggunakan gergaji besi. Setelah dipotong, beri tanda di tengah-tengah pipa dengan menggunakan pen. Ini akan digunakan sebagai tempat memasang valve bola.

B. Memasang Valve Bola

Setelah tanda diberikan, bor lubang di tengah pipa dengan menggunakan bor. Lubang yang dibor harus selaras dengan valve bola 1 inch yang akan dipasang. Setelah selesai, pasang valve bola ke lubang yang sudah dibuat.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Virus Notepad Sederhana

C. Memasang Selang Karet

Tahap selanjutnya adalah memasang selang karet di kedua ujung pipa PVC Ø 50mm. Pasang klem selang pada ujung-ujung selang karet agar selang tidak terlepas saat digunakan.

3. Membuat Pipa Penurun

Pipa penurun adalah bagian pompa hidram yang berfungsi untuk menyalurkan air dari reservoir menuju ke pompa hidram. Berikut langkah-langkah membuat pipa penurun:

A. Memotong Pipa PVC Ø 25mm

Pertama-tama, potong pipa PVC Ø 25mm sepanjang 2 meter menggunakan gergaji besi.

B. Menyeimbangkan Pipa Penurun

Setelah dipotong, pastikan pipa penurun seimbang saat diletakkan di atas permukaan datar. Ini akan memastikan kelancaran air yang masuk ke pompa hidram. Jika perlu, tambahkan berat pada salah satu ujung pipa agar seimbang.

C. Memasang Pipa Penurun ke Reservoir

Setelah pipa penurun seimbang, pasang salah satu ujung pipa ke selang karet yang terhubung dengan reservoir. Pastikan selang karet terpasang dengan kuat agar tidak ada kebocoran pada pipa penurun.

4. Membuat Pompa Hidram

Setelah pipa penurun terpasang, langkah selanjutnya adalah membuat pompa hidram. Berikut langkah-langkah membuat pompa hidram:

A. Memotong Pipa PVC Ø 25mm

Pertama-tama, potong pipa PVC Ø 25mm sepanjang 1 meter menggunakan gergaji besi.

B. Memotong Plat Besi

Setelah pipa dipotong, potong plat besi dengan ukuran 30×30 cm menggunakan gergaji besi.

C. Menyusun Pipa dan Plat Besi

Susun pipa PVC dan plat besi secara vertikal, dengan pipa PVC berada di tengah dan plat besi berada di bagian bawah. Pastikan pipa PVC tidak bergerak dan plat besi berada di bawah pipa PVC.

D. Memasang Selang Karet

Pasang selang karet ke ujung pipa PVC yang tidak terpasang ke plat besi. Kemudian pasang klem selang agar selang tidak terlepas saat digunakan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Slime dari Bahan Sederhana

5. Uji Coba Pompa Hidram

Setelah semua bagian terpasang, uji coba pompa hidram dengan cara mengalirkan air dari reservoir ke pompa hidram melalui pipa penurun. Pastikan air mengalir lancar dan tidak ada kebocoran pada sistem pompa hidram. Jika ada masalah, periksa kembali setiap bagian dan pastikan sudah terpasang dengan kuat.

FAQ

1. Berapa biaya yang dibutuhkan untuk membuat pompa hidram sederhana?

Biaya untuk membuat pompa hidram sederhana relatif murah. Biaya yang dibutuhkan sekitar Rp 200.000,-

2. Apa keuntungan menggunakan pompa hidram sederhana?

Keuntungan menggunakan pompa hidram sederhana adalah tidak memerlukan listrik atau bahan bakar untuk mengalirkan air. Ini sangat cocok digunakan di daerah pedalaman atau lingkungan yang minim sumber daya energi.

3. Berapa besar debit air yang dapat dihasilkan oleh pompa hidram sederhana?

Besar debit air yang dihasilkan oleh pompa hidram sederhana tergantung pada ketinggian jarak antara reservoir dan titik air yang ingin dicapai. Namun, biasanya pompa hidram sederhana dapat menghasilkan debit air sekitar 1-2 liter per detik.

4. Apakah perawatan pompa hidram sederhana perlu dilakukan secara berkala?

Ya, perawatan pompa hidram sederhana perlu dilakukan secara berkala untuk menjaga kinerja alat. Beberapa hal yang perlu diperiksa secara berkala antara lain: memeriksa valve bola, membersihkan pipa penurun dari kotoran, dan melakukan penggantian benda yang rusak.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya

Cara Membuat Pompa Hidram Sederhana