Cara Membuat Pompa Filter Air Tanpa Listrik Sederhana

Halo Sobat Sederhana, pada kesempatan kali ini, kita akan membahas cara membuat pompa filter air tanpa listrik yang sederhana. Pompa filter air merupakan alat yang sangat penting untuk memenuhi kebutuhan air bersih sehari-hari. Namun, tidak selamanya pompa filter air harus menggunakan listrik. Dalam artikel ini, kita akan belajar cara membuat pompa filter air tanpa listrik dengan mudah dan sederhana.

Apa itu Pompa Filter Air?

Pompa filter air adalah alat yang digunakan untuk memompa air dari sumber air ke dalam sistem filtrasi untuk diproses menjadi air bersih. Pompa filter air dapat dioperasikan dengan listrik atau tanpa listrik. Dalam artikel ini, kita akan menggunakan cara membuat pompa filter air tanpa listrik yang sederhana dan mudah dipraktikkan.

Bagaimana Cara Membuat Pompa Filter Air Tanpa Listrik?

Sebelum memulai membuat pompa filter air tanpa listrik, Sobat Sederhana harus menyiapkan bahan-bahan dan alat-alat berikut:

Bahan-bahan
Alat-alat
1 botol plastik bekas
1 gunting
1 selang fleksibel
1 penggaris
1 kain saring
1 marker
1 tutup botol plastik bekas
1 pisau
1 pipa PVC
1 lem PVC

Setelah bahan-bahan dan alat-alat sudah disiapkan, Sobat Sederhana dapat mengikuti langkah-langkah pembuatan pompa filter air tanpa listrik sebagai berikut:

1. Potong Botol Plastik Bekas

Pertama-tama, Sobat Sederhana dapat memotong bagian atas dan bawah botol plastik bekas dengan gunting dan pisau. Bagian atas botol digunakan sebagai tempat masuknya air kotor, sedangkan bagian bawah botol digunakan sebagai tempat keluarnya air bersih. Pastikan potongan botol sudah rata dan tidak bergerigi.

2. Buat Lubang pada Tutup Botol

Selanjutnya, Sobat Sederhana dapat membuat lubang pada tutup botol dengan marker dan pisau. Lubang ini nantinya digunakan untuk memasukkan selang fleksibel dan pipa PVC. Pastikan ukuran lubang sesuai dengan diameter selang fleksibel dan pipa PVC.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Antena Luar Dual Band Sederhana

3. Pasang Selang Fleksibel

Setelah lubang pada tutup botol dibuat, Sobat Sederhana dapat memasukkan selang fleksibel ke dalam lubang tersebut. Pastikan selang fleksibel sudah tertancap dengan kuat dan tidak mudah lepas.

4. Sambungkan Pipa PVC

Langkah selanjutnya adalah menyambungkan pipa PVC dengan selang fleksibel menggunakan lem PVC. Pastikan sambungan pipa PVC dan selang fleksibel rapat dan kuat.

5. Pasang Kain Saring pada Ujung Pipa PVC

Ujung pipa PVC yang tidak terhubung dengan selang fleksibel dapat dihubungkan dengan kain saring. Kain saring ini berfungsi untuk menyaring air dari kotoran dan debris yang ada di dalam air sebelum masuk ke dalam pompa filter air. Pastikan kain saring sudah tertutup rapat dan tidak mudah lepas.

6. Pasang Pompa Filter Air

Setelah semua bagian sudah dirakit, Sobat Sederhana dapat memasang pompa filter air di tempat yang diinginkan. Pastikan pompa filter air diletakkan di tempat yang aman dan tidak mudah rusak.

7. Masukkan Air Kotor

Setelah pompa filter air dipasang, Sobat Sederhana dapat memasukkan air kotor ke dalam tempat masukkan air kotor (bagian atas botol plastik bekas).

8. Pompa Air Kotor

Selanjutnya, Sobat Sederhana dapat memompa air kotor dengan menggunakan pompa filter air yang sudah dibuat. Pompa air kotor sebanyak beberapa kali hingga menghasilkan air bersih di bagian bawah pompa.

9. Keluarkan Air Bersih

Terakhir, Sobat Sederhana dapat mengeluarkan air bersih dari bagian bawah pompa. Air bersih sudah melalui proses penyaringan dan siap digunakan.

FAQ

1. Apa saja bahan-bahan yang diperlukan untuk membuat pompa filter air tanpa listrik?

Beberapa bahan yang dibutuhkan untuk membuat pompa filter air tanpa listrik adalah botol plastik bekas, selang fleksibel, kain saring, pipa PVC, dan lem PVC.

TRENDING 🔥  Cara Sederhana Membuat Arang

2. Berapa harga untuk membuat pompa filter air tanpa listrik?

Harga untuk membuat pompa filter air tanpa listrik cukup murah. Bahan-bahan yang dibutuhkan relatif murah dan dapat ditemukan dengan mudah di toko-toko bangunan atau supermarket terdekat.

3. Apakah pompa filter air tanpa listrik efektif dalam menyaring air?

Ya, pompa filter air tanpa listrik cukup efektif dalam menyaring air. Dengan menggunakan kain saring dan pipa PVC, air kotor dapat disaring dengan baik sehingga menghasilkan air bersih dan sehat.

4. Bagaimana cara merawat pompa filter air tanpa listrik?

Untuk merawat pompa filter air tanpa listrik, Sobat Sederhana dapat membersihkan kain saring secara teratur dan mengganti kain saring ketika sudah terlalu kotor. Selain itu, juga perlu membersihkan pipa PVC dan selang fleksibel secara teratur untuk menjaga kebersihan dan kualitas air.

5. Berapa kapasitas pompa filter air tanpa listrik?

Kapasitas pompa filter air tanpa listrik tergantung pada ukuran botol plastik bekas yang digunakan. Semakin besar botol plastik bekas yang digunakan, semakin besar kapasitas pompa filter air tanpa listrik yang dihasilkan.

Semoga Bermanfaat dan Sampai Jumpa di Artikel Menarik Lainnya

Cara Membuat Pompa Filter Air Tanpa Listrik Sederhana