Cara Membuat Pompa Air Angin Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan membahas tentang cara membuat pompa air angin sederhana. Pompa air angin sederhana ini dapat sangat membantu dalam mengatasi masalah air di daerah yang sulit untuk diberi akses air bersih. Selain itu, pompa air angin sederhana juga sangat mudah dibuat dengan bahan-bahan yang murah dan mudah didapatkan. Yuk, simak cara membuat pompa air angin sederhana berikut ini.

1. Persiapan Alat dan Bahan

Sebelum memulai membuat pompa air angin sederhana, kita perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat
Bahan
1. Pipa PVC diameter 1/2 inch sepanjang 2 meter
1. Botol plastik bekas dengan kapasitas minimal 5 liter
2. Pompa angin
2. Selang air
3. Penggaris
3. Peniti
4. Gunting
4. Lem PVC

Pastikan semua bahan dan alat yang dibutuhkan sudah siap sebelum memulai membuat pompa air angin sederhana.

2. Membuat Tangki Air

Langkah pertama dalam membuat pompa air angin sederhana adalah membuat tangki air sebagai tempat air yang akan dipompa. Berikut adalah cara membuat tangki air:

2.1. Memotong Botol Plastik

Potong bagian bawah botol plastik bekas menggunakan gunting. Potong sesuai dengan ukuran yang diinginkan untuk tangki air.

2.2. Membuat Lubang

Buat lubang pada bagian atas botol plastik bekas menggunakan peniti. Lubang ini nantinya akan digunakan sebagai penghubung antara selang air dan tangki air. Pastikan lubang memiliki ukuran yang sama dengan diameter selang air.

2.3. Memasang Selang Air

Masukkan selang air ke dalam lubang yang sudah dibuat pada bagian atas tangki air. Pastikan selang air masuk dengan rapat dan tidak mudah lepas.

TRENDING 🔥  Cara Nge Gym Sederhana

3. Membuat Sistem Pompa

Setelah membuat tangki air, selanjutnya kita perlu membuat sistem pompa untuk mengalirkan air dari tangki ke tempat yang diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah membuat sistem pompa:

3.1. Memasang Pipa PVC

Masukkan pipa PVC ke dalam lubang yang sudah dibuat pada bagian atas tangki air. Pastikan pipa PVC masuk dengan rapat dan tidak mudah lepas.

3.2. Memotong Pipa PVC

Potong pipa PVC menjadi dua bagian yang sama panjang. Gunakan penggaris untuk memastikan potongan pipa PVC memiliki ukuran yang sama.

3.3. Memasang Pompa Angin

Masukkan pompa angin ke dalam salah satu bagian pipa PVC yang sudah dipotong. Pastikan pompa angin masuk dengan rapat dan tidak mudah lepas.

3.4. Menghubungkan Bagian Pipa PVC

Sambungkan kedua bagian pipa PVC yang sudah dipotong menggunakan lem PVC. Pastikan sambungan kedua pipa PVC rapat dan tidak mudah lepas.

3.5. Memasang Selang Air

Masukkan selang air pada bagian pipa PVC yang lain. Selang air ini nantinya akan mengalirkan air dari tangki ke tempat yang diinginkan.

4. Memompa Angin

Setelah sistem pompa sudah terpasang dengan baik, saatnya kita memompa angin ke dalam pompa angin untuk mengalirkan air dari tangki ke tempat yang diinginkan. Berikut adalah langkah-langkah memompa angin:

4.1. Menutup Selang Air

Sebelum memompa angin, pastikan selang air ditutup terlebih dahulu untuk menghindari air mengalir saat pompa angin ditiupkan.

4.2. Memompa Angin

Tutup lubang pada pompa angin dengan jari dan mulai memompa angin ke dalam pompa angin. Pastikan memompa angin dengan cepat dan terus-menerus.

4.3. Membuka Selang Air

Buka selang air setelah terdengar suara pukulan pada pompa angin. Air akan mengalir ke dalam selang air dan bisa diarahkan ke tempat yang diinginkan.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Bel Listrik Sederhana Prakarya

5. Tips dan Trik dalam Membuat Pompa Air Angin Sederhana

Berikut adalah beberapa tips dan trik dalam membuat pompa air angin sederhana:

5.1. Pilih Botol Plastik dengan Kapasitas yang Sesuai

Pilih botol plastik bekas dengan kapasitas minimal 5 liter untuk membuat tangki air. Jangan memilih botol plastik yang terlalu kecil karena tidak dapat menampung banyak air.

5.2. Potong Pipa PVC dengan Ukuran yang Sama

Gunakan penggaris untuk memastikan potongan pipa PVC memiliki ukuran yang sama. Hal ini akan membuat sambungan kedua pipa PVC lebih rapat dan tidak mudah lepas.

5.3. Pompa Angin Harus Dapat Ditiupkan dengan Mudah

Pilih pompa angin yang dapat ditiupkan dengan mudah. Jangan memilih pompa angin yang terlalu besar atau terlalu kecil sehingga sulit untuk ditiupkan.

5.4. Lem PVC Harus Kuat

Pilih lem PVC yang kuat untuk mengelem kedua bagian pipa PVC. Hal ini akan membuat sambungan kedua pipa PVC lebih rapat dan tidak mudah lepas.

FAQ

1. Berapa kapasitas pompa air angin sederhana?

Kapasitas pompa air angin sederhana tergantung pada ukuran tangki air dan tekanan angin yang dimasukkan ke dalam pompa angin.

2. Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pompa air angin sederhana apa saja?

Bahan-bahan yang dibutuhkan untuk membuat pompa air angin sederhana antara lain pipa PVC diameter 1/2 inch, botol plastik bekas dengan kapasitas minimal 5 liter, pompa angin, selang air, penggaris, peniti, gunting, dan lem PVC.

3. Apakah pompa air angin sederhana dapat digunakan untuk mengalirkan air ke tanaman di kebun?

Ya, pompa air angin sederhana dapat digunakan untuk mengalirkan air ke tanaman di kebun. Namun, perlu diperhatikan kapasitas pompa air angin sederhana tergantung pada ukuran tangki air dan tekanan angin yang dimasukkan ke dalam pompa angin.

TRENDING 🔥  Bagaimana Cara Membuat Alat Penjernih Air Sederhana dari Bahan Alam

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pompa Air Angin Sederhana