Cara Membuat Pola Baju Gamis Anak Sederhana

Cara Membuat Pola Baju Gamis Anak Sederhana – Journal Article

Halo Sobat Sederhana, pada artikel kali ini kami akan membahas tentang cara membuat pola baju gamis anak sederhana. Bagi para ibu yang ingin membuat pakaian sendiri untuk buah hati tercinta, membuat pola baju gamis anak bisa menjadi pilihan yang tepat. Selain dapat menghemat biaya, membuat sendiri pola baju gamis anak juga dapat menyalurkan kreativitas Anda.

1. Memilih Bahan yang Tepat

Langkah pertama yang harus dilakukan sebelum membuat pola baju gamis anak adalah memilih bahan yang tepat. Pilihlah bahan yang nyaman dan tidak membuat anak menjadi mudah gerah seperti katun atau rayon. Pastikan juga bahan yang dipilih mudah dikreasikan dan tidak sulit untuk digambar.

Jangan lupa untuk mencuci bahan terlebih dahulu sebelum digunakan. Ini bertujuan agar bahan tidak menyusut atau berubah ketika dicuci setelah jadi gamis.

Setelah itu, siapkan juga perlengkapan seperti gunting kain, jarum dan benang, meteran kain, dan pensil atau spidol kain.

2. Mengambil Ukuran Anak

Langkah selanjutnya adalah mengambil ukuran anak. Ukur lingkar badan, pinggang, pinggul, panjang baju, dan panjang lengan anak. Pastikan pengukuran dilakukan secara akurat dengan menggunakan meteran kain.

Setelah itu, buatlah sketsa gamis dengan menggunakan pensil atau spidol kain. Gambarlah pola dasar dengan lebar bahu, lebar dada, lingkar pinggang, lingkar pinggul, dan panjang baju sesuai dengan ukuran anak.

3. Membuat Pola Gamis

Setelah sketsa gamis selesai, langkah selanjutnya adalah membuat pola gamis. Gunakan kertas pola atau manila untuk membuat pola gamis. Letakkan sketsa gamis di atas kertas pola dan gambarlah pola gamis dengan menggunakan pensil.

TRENDING 🔥  Cara Buat Booster TV Sederhana

Untuk membuat pola gamis, gunakan ukuran lingkar badan dan panjang baju anak sebagai acuan. Sesuaikan ukuran dengan sketsa gamis yang sudah dibuat sebelumnya. Pastikan juga pola gamis tidak terlalu ketat atau terlalu longgar saat dikenakan.

4. Membuat Pola Lengan

Setelah membuat pola gamis, langkah selanjutnya adalah membuat pola lengan. Gunakan kertas pola atau manila untuk membuat pola lengan. Letakkan tangan anak di atas kertas pola dan gambar pola lengan dengan menggunakan pensil.

Pastikan ukuran panjang lengan sesuai dengan ukuran lengan anak. Sesuaikan juga bentuk pola lengan dengan model gamis yang ingin dibuat.

5. Merakit Pola dan Bahan

Setelah membuat pola gamis dan lengan, langkah selanjutnya adalah merakit pola dan bahan. Letakkan kertas pola gamis dan lengan di atas kain dan guntinglah sesuai dengan pola yang sudah dibuat.

Setelah itu, jahitlah bahan sesuai dengan pola yang sudah dibuat. Pastikan juga jahitan rapi dan kuat agar gamis dapat bertahan lama.

6. Menambahkan Hiasan pada Gamis

Untuk membuat gamis menjadi lebih menarik, Anda dapat menambahkan hiasan pada gamis. Misalnya, tambahkan renda, manik-manik, atau pita sebagai hiasan pada gamis. Sesuaikan hiasan dengan warna dan model gamis yang sudah dibuat.

7. Menjawab Pertanyaan yang Sering Diajukan

1. Apakah pola baju gamis anak sulit dibuat?

Tidak, pola baju gamis anak tidak sulit dibuat jika sudah mengerti langkah-langkahnya. Selain itu, dapat mencari referensi dari buku atau internet untuk memperoleh inspirasi dan ide.

2. Bahan apa yang sebaiknya digunakan untuk membuat pola baju gamis anak?

Bahan yang digunakan untuk membuat pola baju gamis anak sebaiknya dipilih yang nyaman saat dikenakan dan mudah dikreasikan. Beberapa contoh bahan yang sering digunakan seperti katun dan rayon.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Oreo Sederhana

3. Bagaimana cara membuat pola lengan gamis?

Untuk membuat pola lengan gamis, letakkan tangan anak di atas kertas pola dan gambar pola lengan dengan menggunakan pensil. Pastikan ukuran panjang lengan sesuai dengan ukuran lengan anak dan bentuk pola lengan sesuai dengan model gamis yang ingin dibuat.

4. Apakah harus menggunakan mesin jahit untuk membuat gamis?

Tidak harus menggunakan mesin jahit, Anda dapat menjahit gamis dengan tangan. Namun, jika ingin lebih praktis dan cepat, Anda dapat menggunakan mesin jahit.

5. Bagaimana cara menambahkan hiasan pada gamis?

Anda dapat menambahkan hiasan pada gamis seperti renda, manik-manik, atau pita. Pastikan hiasan yang ditambahkan sesuai dengan model dan warna gamis yang sudah dibuat.

8. Kesimpulan

Dari pembahasan di atas, dapat disimpulkan bahwa membuat pola baju gamis anak sederhana tidaklah sulit. Dengan mengikuti langkah-langkah yang sudah dijelaskan di atas, Anda dapat membuat pola baju gamis anak sendiri dengan mudah dan nyaman untuk dikenakan.

Semoga Bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya.

Cara Membuat Pola Baju Gamis Anak Sederhana