Cara Membuat Pizza Oven Sederhana

Halo Sobat Sederhana, kali ini kita akan belajar cara membuat pizza oven sederhana yang dapat dipakai di rumah. Pizza oven adalah alat yang digunakan untuk memasak pizza dengan suhu tinggi dan konstan, sehingga dapat menghasilkan pizza dengan rasa dan tekstur yang sempurna.

1. Alat dan Bahan yang Dibutuhkan

Sebelum memulai pembuatan pizza oven sederhana, Sobat Sederhana perlu menyiapkan alat dan bahan yang dibutuhkan. Berikut adalah daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan:

Alat
Bahan
1. Batu bata
1. Semen
2. Sekop
2. Pasir
3. Palu dan pahat
3. Air
4. Kain basah
4. Potongan besi kecil
5. Pemanggang pizza
5. Bahan bakar (kayu dan arang)

Setelah semua alat dan bahan sudah disiapkan, Sobat Sederhana siap memulai langkah-langkah pembuatan pizza oven sederhana.

2. Membuat Pondasi dan Batu Bata Dasar

Langkah pertama untuk membuat pizza oven sederhana adalah membuat pondasi dan batu bata dasar. Pondasi dan batu bata dasar berfungsi sebagai dasar yang kokoh untuk pizza oven yang akan dibuat.

1. Bobok tanah di area yang telah ditentukan untuk pizza oven dengan kedalaman sekitar 30 cm.

2. Buatlah campuran semen, pasir, dan air dengan perbandingan 1:2:1. Aduk hingga adonan tercampur merata.

3. Isi lubang yang telah dibuat dengan adonan semen dan benamkan potongan besi kecil ke dalam adonan. Potongan besi ini nantinya akan menjadi pegangan untuk mengangkat pizza oven.

4. Letakkan batu bata di atas adonan semen dengan pola persegi empat. Pastikan bahwa batu bata yang digunakan adalah batu bata tahan api.

5. Siram batu bata dengan adonan semen hingga semua celah terisi penuh dengan semen.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Siomay Bandung Sederhana

3. Membuat Dinding Pizza Oven

Setelah membuat pondasi dan batu bata dasar, Sobat Sederhana siap membuat dinding pizza oven. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam pembuatan dinding pizza oven:

1. Pastikan bahwa dinding pizza oven cukup tebal untuk menahan suhu yang tinggi. Biasanya dinding pizza oven memiliki ketebalan 15-20 cm.

2. Gunakan batu bata tahan api untuk membuat dinding pizza oven. Batu bata biasa tidak akan tahan terhadap suhu tinggi yang dihasilkan oleh pizza oven.

3. Buatlah campuran semen, pasir, dan air dengan perbandingan 1:2:1. Aduk hingga adonan tercampur merata.

4. Letakkan batu bata pada dinding pizza oven dengan pola yang diinginkan. Pastikan bahwa batu bata saling menopang satu sama lain agar dinding pizza oven tidak mudah roboh.

5. Siram batu bata dengan adonan semen hingga semua celah terisi penuh dengan semen.

4. Membuat Atap dan Pintu Pizza Oven

Setelah membuat dinding pizza oven, Sobat Sederhana dapat melanjutkan pembuatan atap dan pintu pizza oven. Berikut adalah langkah-langkah pembuatan atap dan pintu pizza oven:

1. Buatlah rangka atap pizza oven dari kayu atau besi. Rangka atap ini nantinya akan menjadi tempat untuk menaruh batu bata yang digunakan sebagai penutup pizza oven.

2. Buatlah pintu pizza oven dari kayu atau besi dengan ukuran sedikit lebih besar dari ukuran lubang di dinding pizza oven.

3. Pasang batu bata pada rangka atap pizza oven. Batu bata harus menutupi seluruh bagian atas pizza oven dan harus dipasang dengan rapat sehingga tidak ada celah yang dapat mengeluarkan panas.

4. Pasang pintu pizza oven pada lubang di dinding pizza oven. Pastikan pintu dapat menutup rapat dan tidak ada celah yang dapat mengeluarkan panas.

TRENDING 🔥  Cara Membuat Kue Leker Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Membuat Api dalam Pizza Oven

Setelah pizza oven selesai dibuat, Sobat Sederhana dapat memulai membuat api dalam pizza oven. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat api dalam pizza oven:

1. Letakkan kayu dan arang di dalam pizza oven. Pastikan kayu dan arang tersusun rapi dan cukup banyak untuk membuat api yang besar.

2. Bakar kayu dan arang dengan korek api atau alat lain yang dapat menghasilkan api.

3. Biarkan api terus menyala dan memanaskan pizza oven selama 1-2 jam.

6. Membuat Pizza dalam Pizza Oven

Setelah pizza oven sudah cukup panas, Sobat Sederhana dapat memulai membuat pizza dalam pizza oven. Berikut adalah langkah-langkah untuk membuat pizza dalam pizza oven:

1. Letakkan bola adonan pizza pada alat pemanggang pizza.

2. Tambahkan saus tomat, daging, sayuran, dan keju sesuai dengan selera.

3. Masukkan alat pemanggang pizza ke dalam pizza oven dan biarkan memanggang selama 5-7 menit atau hingga pizza matang dan keju meleleh.

FAQ

1. Apakah batu bata biasa dapat digunakan untuk membuat pizza oven?

Tidak, batu bata biasa tidak akan tahan terhadap suhu tinggi yang dihasilkan oleh pizza oven. Gunakan batu bata tahan api untuk membuat pizza oven.

2. Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk membangun pizza oven sederhana?

Waktu yang dibutuhkan bervariasi tergantung pada kemampuan dan pengalaman Sobat Sederhana dalam membangun. Secara umum, membangun pizza oven sederhana membutuhkan waktu sekitar 2-3 hari.

3. Bisakah pizza oven sederhana digunakan untuk memanggang makanan selain pizza?

Ya, pizza oven sederhana dapat digunakan untuk memanggang makanan selain pizza seperti roti, ayam, atau daging.

4. Bisakah pizza oven sederhana dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain?

Tidak, pizza oven sederhana dibangun secara permanen dan sulit dipindahkan dari satu tempat ke tempat lain.

TRENDING 🔥  Cara Buat Tron Sederhana untuk Sobat Sederhana

5. Apakah pizza oven sederhana aman digunakan di rumah?

Pizza oven sederhana aman digunakan di rumah jika dibangun dengan benar dan digunakan sesuai dengan instruksi. Pastikan untuk tidak meninggalkan pizza oven tanpa pengawasan dan menggunakan alat pelindung yang sesuai saat memasak.

Conclusion

Demikianlah cara membuat pizza oven sederhana di rumah. Dengan mengikuti langkah-langkah di atas, Sobat Sederhana dapat memasak pizza dengan rasa dan tekstur yang sempurna tanpa harus membeli pizza oven yang mahal. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa di artikel menarik lainnya!

Cara Membuat Pizza Oven Sederhana